Cara Install Xposed Samsung J7 Prime dan J5 Prime

Panduan Lengkap Bagaimana Cara Pasang Xposed Installer Samsung Galaxy J7 Prime dan J5 Prime Android Marshmallow dan Nougat - Xposed Installer Framework adalah sebuah peralatan atau aplikasi sistem operasi android yang memiliki kelebihan untuk melakukan tweak, memodifikasi tampilan UI, meningkatkan performa dan mengedit aplikasi android berekstensi apk. Selain kelebihan tersebut, masih banyak lagi kelebihan lain yang ia miliki. Hanya saja kita sebagai penggunanya dituntut untuk aktif untuk mencari tahu lebih banyak lagi tentang fungsi-fungsi lainnya.

Nah bagi sobat pemilik Samsung Galaxy J7 Prime dan J5 Prime yang ingin memasang aplikasi Xposed installer Framework, berikut ini androlite sajikan tutorialnya. Namun sebelum lanjut, ponsel sobat harus sudah dalam keadaan root dan sudah terpasang custom recovery TWRP. Karena pemasangan Xposed Installer tidak akan bisa dilakukan jika kedua atau salah satunya belum dilakukan.

Dan apabila sobat belum melakukan root atau memasang custom TWRP, silahkan baca artikel Cara Pasang Custom TWRP dan Root Samsung Galaxy J7 Prime untuk ponsel Galaxy J7 Prime dan artikel Cara Root dan Pasang TWRP Galaxy J5 Prime untuk ponsel Galaxy J5 Prime.

Lalu untuk apa memasang custom TWRP? Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa sejak android merilis versi kitkat 4.4 hingga marshmallow 6.0.1, penggunanya tidak bisa memasang aplikasi xposed berekstensi file apk secara langsung kedalam android. Melainkan harus memasangnya atau flashing melalui custom TWRP.

Install Xposed Samsung J7 Prime dan J5 Prime

Untuk pemasangan Xposed kedua model ponsel ini, caranya sama saja. Versi file xposed yang diperlukan juga sama. Dan untuk proses installnya, berikut caranya.
Peringatan !!!
Sebelum melakukan penginstallan, sebaiknya lakukan BACKUP terlebih dahulu ROM ataupun file-file penting yang ada didalam ponsel. Hal ini diperlukan untuk berjaga-jaga, agar ketika terjadi kesalahan saat proses penginstallan, sobat bisa merestore kembali ke keadaan seperti semula.
Step 1. Download Xposed Installer 3.0 Alpha 4.apk untuk Android Marshmallow atau Xposed Installer_3.1.4.apk untuk Android Nougat lalu install kedalam ponsel. Cara penginstallannya sama saja dengan menginstall aplikasi lain yang memiliki ekstensi file .apk lainnya.

Step 2. Download salah satu versi Xposed berikut ini dan simpan ke kartu memori ekstenal. Tapi ingat, jangan simpan kedalam folder agar saat pencariannya nanti bisa dengan mudah ditemukan.
Android Marshmallow 6.0.1
  1. Custom Xposed v80.0 sdk23 arm
  2. Custom Xposed v86.0 sdk23 arm
  3. Custom Xposed v86.1 sdk23 arm
Android Nougat 7.0
  1. Download Xposed Installer untuk Android Nougat 7.0 (SDK24).
  2. Atau Xposed Installer untuk Android Nougat 7.1 (SDK25).
Catatan: Jika kalian bingung untuk mengetahui Karnel Arsitektur (ARM) CPU yang digunakan, silahkan download aplikasi CPU-Z, install dan jalankan. Setelah itu Buka tab "System" dan lihat pada bagian "Karnel Architecture" (ARM atau ARM64 atau x86). Selengkapnya Cara Mengetahui Jenis ARM (Kernel Architecture) Android.
Step 3. Matikan ponsel. Kemudian masuk ke menu TWRP dengan cara menekan tombol Home+Power+Volume Atas secara bersamaan. Lanjutkan dengan tap pada menu Install lalu cari dan pilih file xposed yang sebelumnya sudah disimpan di kartu memori ekstenal.

Step 4. Langkah berikutnya adalah dengan mengusap ke sebelah kanan pada perintah "Swipe to confirm flash". Tunggu beberapa saat sampai proses penginstallan xposed installer framework selesai dilakukan. Lakukan restart dengan cara menekan tombol Back > Reboot > Reboot System.

Step 5. Silahkan lakukan pengecekan untuk keberhasilan pemasangannya. Caranya buka aplikasi Xposed Installer > Framework. Didalam menu tersebut akan ada pesan bahwa framework sudah aktif atau tidak. Jika ada tulisan Active (warnanya hijau) itu berarti exposed sudah bisa digunakan. Namun jika tulisannya "Not Active" (biasanya berwarna merah) maka pemasangannya gagal.
[Video] Tutorial Cara Install Xposed Installer :

Jika Pemasangan Gagal, Ini Solusinya

Pemasangan Xposed Installer tidak selamnya berjalan dengan lancar atau dengan kata lain gagal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah tidak mengikuti langkah-langkah pemasangan dengan benar atau karena pemilihan file Xposed yang tidak tepat. Ikuti petunjuknya berikut ini.
  1. Bersihkan cahce dengan cara wipe data, cache dan dalvik melalui custom TWRP.
  2. Download ulang atau ganti versi xposed dari 3 versi yang ada diatas (lihat step 2).
  3. Ulangi langkah-langkahnya sekali lagi. Tapi ingat, lakukan dengan teliti dan jangan sampai ada yang terlewatkan

Cara Uninstall Xposed

Untuk beberapa kasus, tidak semua orang menginginkan aplikasi xposed intaller ada di dalam ponsel untuk waktu yang cukup lama. Terkadang ada yang memilih untuk menghapus atau melakukan uninstall karena beberapa hal. Nah, bagi sobat yang ingin menghapus aplikasi ini, berikut langkah-langkahnya.
  1. Download aplikasi Xposed Uninstaller dan tempatkan file ini kedalam kartu memori ekstenal.
  2. Turn off ponsel kemudian masuk ke custom recovery TWRP. Tap install lalu pilih aplikasi xposed uninstaller.
  3. Usap ke arah kanan pada Confirm to flash untuk mengkonfirmasi penghapusan. Tunggu beberapa saat sampai proses penghapusannya selesai dilakukan.
  4. Tap pada tombol back, kemudian lanjutkan ke menu WIPE. Pilih Advanced Wipe > centang pada Dalvik Cache dan Cache.
  5. Terakhir, usap pada Swipe to wipe. Setelah selesai, restart ponsel sobat.
Demikianlah Cara Pasang Xposed Installer Samsung Galaxy J7 dan J5 Prime untuk android Marshmallow. Jika ada kendala, silahkan meninggalkan komentar atau menghubungi admin melalui formulir kontak. Semoga bermanfaat dan salam.