Cara Pasang TWRP dan ROOT Samsung Galaxy J7 Prime

Cara Pasang TWRP dan ROOT Samsung Galaxy J7 Prime - Samsung Galaxy J7 Prime merupakan keluarga samsung galaxy J Series yang resmi dilepas kepasaran pada bulan September tahun ini. Ini adalah keluaran samsung yang memiliki fitur fingerprint atau pindai sidik jari, fitur yang mampu membuka kunci layar secara cepat hanya dengan memindai sidik jari penggunanya.

Ponsel pintar ini dibekali beberapa hardware dan software terbaru, salah satu diantaranya sudah menggunakan android marshmallow versi 6.0.1 serta dilengkapi oleh penyimpanan internal berkapasitas 16GB, desain layar lengkung 2,5D, layar berukuran 5,5 inci, kamera 13 megapiksel dan 8 megapiksel untuk kamera depan serta memiliki desain bodi berbahan metal.

Untuk performanya sendiri, ponsel ini hadir dengan menggunakan ram 3GB didukung oleh CPU Octa-core Cortex-A53 berkecepatan hingga 1.6 GHz di tiap core (inti)nya sehingga ponsel ini sangat cocok untuk digunakan untuk melakukan aktivitas berat seperti bermain game atau melakukan multi tasking.

Namun, apabila sobat ingin masih merasa kurang dengan performa yang ia miliki atau ingin mengubah beberapa tampilan interfacenya dengan cara melakukan root, berikut ini androlite sajikan penjelasan sederhana mengenai cara root samsung galaxy J7 Prime.

Untuk me-root Samsung Galaxy J7 Prime, untuk saat ini tidak bisa dilakukan hanya dengan menginstall aplikasi saja, misalnya menggunakan Aplikasi Kingroot.apk tetapi hanya bisa dilakukan melalui custom recovery bernama TWRP. TWRP memiliki fungsi untuk memasang aplikasi bernama SuperSU dengan cara flash atau install via custom recovery.

Sebenarnya cara pasang custom TWRP dan ROOT untuk ponsel ini, konsepnya sama saja seperti Cara pasang custom TWRP dan Root pada Samsung Galaxy J7 (15) dan Samsung Galaxy J5 Prime dan beberapa model samsung lainnya. Hanya saja versi TWRP dan aplikasi superSU-nya berbeda. Berikut cara Pasang Custom Recovery TWRP dan ROOT Samsung Galaxy J7 Prime.
Peringatan !!!
Perlu sobat ketahui, bahwa melakukan kostumasi terhadap ponsel atau melakukan root akan mengakibatkan hilangnya garansi dan juga bisa mengakibatkan kerusakan terhadap ponsel sobat. Maka dari itu, sebelum melakukan root atau melakukan kostumasi, lebih baik sobat memikirkan hal ini terlebih dahulu.

Panduang Mudah bagaimana Cara Pasang TWRP dan ROOT Samsung Galaxy J7 Prime

Cara Pasang Custom Recovery TWRP

Untuk pemasangan custom TWRP dan root hanya bisa dilakukan melalui bantuan komputer serta bantuan aplikasi bernama ODIN. Untuk memulainya, silahkan persiapkan bahan-bahannya berikut ini.
  1. Download ODIN. Ekstrak Aplikasi ODIN kedalam Komputer.
  2. Download Samsung USB Driver. Ekstrak & install kedalam komputer serta lakukan restart jika proses pemasangan sudah selesai.
  3. Download Custom TWRP Unofficial.
  4. Download SuperSU. Tempatkan aplikasi ini kedalam kartu memori telepon.
  5. Siapkan Kabel USB asli samsung galaxy J7 Prime.
  6. Baterai mempunyai daya 50% atau lebih.
Apabila semua bahan dan beberapa persiapan lainnya sudah siap, selanjutnya mari kita lanjutkan ke proses pemasangan custom TWRP kedalam ponsel.

1. Aktifkan mode developer option dan OEM Unlocking. Jika menu Developer Optionnya tersembunyi, silahkan sobat buka menu setting > about. Tap 'Build Number' sekitar 5 hingga 7 kali (lakukan dengan cepat) hingga muncul notifikasi bahwa Developer option telah diaktifkan. Selanjutnya kembali ke menu setting, cari dan buka menu developer option yang baru saja diaktifkan. Cari & aktifkan OEM Unlocking serta Enable pada USB Debugging.

2. Masuk ke Boot & Downloading Mode. Untuk masuk ke menu downloading mode, caranya cukup gampang. Turn Off ponsel, setalah dalam keadaan off, tekan tombol Home + Power + Volume Bawah secara bersamaan hingga ponsel menyala dan masuk ke menu downloading dengan sendirinya. Lanjutkan menekan volume bawah untuk melanjutkan.

3. Proses Pemasangan TWRP. Sambungkan Ponsel ke komputer melalui kabel USB asil, lalu jalankan aplikasi odin dengan cara "RUN ADMINISTRATOR". Perhatikan pesan yang ada dibagian sebelah kiri odin, jika terdapat tulisan 'Added!' berarti ponsel sobat sudah terbaca. Selanjutnya klik "AP" lalu cari file Custom TWRP yang sebelumnya sudah di download & diekstrak. Setelah itu klik tombol "Start" untuk memulai pemasangan TWRP. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai dan apabila berhasil, maka akan ada tulisan "PASS!".

Proses Root Samsung Galaxy J7 Prime

Ketika proses pemasangan TWRP berhasil, biasanya ponsel akan melakukan restart secara otomatis dan akan masuk ke menu TWRP dengan sendirinya. Namun apabila hal tersebut tidak terjadi, sobat bisa melakukannya secara manual. Caranya dengan cara menekan tombol VOLUME UP + HOME + POWER secara bersamaan kurang lebih sekitar 3 sampai 5 detik.

Selanjutnya, apabila sudah berada pada menu TWRP, lanjutkan tap pada menu Install kemudian cari serta pilih aplikasi SuperSU yang sebelumnya sudah didownload dan sudah sobat tempatkan di kartu memori. Berikutnya, usap ke kanan pada "Swipe Confirm to Flash". Tunggu beberapa saat sampai proses rooting selesai kemudian tekan tombol back lalu restart ponsel sobat.

Untuk mengecek apakah ponsel berhasil di root, silahkan download aplikasi root checker yang ada di google play store. Atau sobat bisa memeriksanya di dalam ponsel, jika terdapat aplikasi SuperSU maka root untuk ponsel sudah berhasil dilakukan.

Berikut video lengkapnya :

Butuh Bantuan?

Apabila sobat mengalami kendala ketika mengaplikasikan tutorial sederhana di atas, silahkan meninggalkan komentar atau menghubugi admin melalui formulir kontak.

Apabila sobat mempunyai keinginan untuk melakukan UNROOT, silahkan baca turorialnya di sini Bagaimana Cara Unroot Android untuk Semua Jenis Device.

Itulah tutorial sederhana tentang bagaimana cara melakukan root terhadap samsung galaxy j7 prime. Semoga bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan. Terima kasih dan salam!
Lihat / Tulis Komentar