2 Cara Root Samsung Galaxy J5 Tanpa Komputer

2 Cara Root Samsung Galaxy J5 Tanpa Komputer Terbaru - Ada 2 (dua) cara yang bisa dilakukan untuk melakukan root terhadap ponsel samsung galaxy J5. Diantaranya tanpa menggunakan dan dengan menggunakan Komputer PC/Laptop. Root tanpa komputer (hanya menggunakan ponsel saja) merupakan pilihan utama bagi para pengguna ponsel. Hal ini disebabkan penggunaannya yang lebih mudah, cepat dan praktis.

Sedangkan root menggunakan PC/Laptop merupakan proses root dengan menggunakan bantuan komputer PC/Laptop. Cara ini memang agak rumit dan panjang, ditambah lagi membutuhkan sebuah perangkat komputer untuk melakukannya.

Namun bagi kalian yang tidak memiliki komputer PC/Laptop & ingin me-root ponsel Samsung Galaxy J5 kalian , mungkin tutorial tentang "2 Cara Root Samsung Galaxy J5 Tanpa Komputer" bisa membantu kalian. Namun sebelum melakukan root, ada baiknya jika kalian mengetahui apa kelebihan dan kekurangan Root Android. Karena ada hal-hal yang perlu diketahui serta dipahami sebelum & sesudah melakukan root. Untuk penjelasan lengkapnya, silahkan baca "Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Root Android".

Aplikasi dan Tutorial Root Galaxy J5

Sebelum lanjut, perlu kalian ketahui bahwa melakukan root tanpa menggunakan komputer, tingkat keberhasilannya sangat kecil. Hal ini karena beberapa aplikasi masih belum mendukung perangkat J5 yang kalian gunakan. Namun, jika kalian ingin mencoba cara ini, berikut ini saya sajikan beberapa aplikasi root yang mungkin berhasil.

1. Root dengan KingRoot

Kingroot merupakan aplikasi yang mampu melakukan rooting terhadap banyak jenis ponsel hanya dengan sekali tap, salah satu diantaranya Samsung Galaxy J5. Aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store, namun bisa didapatkan melalui situs resmi mereka atau bisa juga didapatkan atau melalui sumber lain. Berikut cara penggunaan kingroot.

Langkah #1. Unduh KingRoot.apk, lalu ekstrak filenya kedalam kartu memori kemudian pasang (install). Apabila terdapa pesan "Install Blocked" silahkan buka menu Pengaturan > Keamanan > & aktifkan Sumber Tidak Diketahui/Unknow Source. Mengapa pemasanganan kingroot diblokir? Karena KingRoot merupakan aplikasi pihak ketiga (bukan dari Google Play Store) yang membutuhkan izin untuk pemasangannya.

Langkah #2. Sebelum menjalankan aplikasi Kingroot, terlebih dahulu ponsel harus disambungkan ke internet baik melalui koneksi Wi-Fi, hotspot ataupun sambungan data seluler. Sambungan ini dibutuhkan karena ada beberapa data base tertentu yang diunduh langsung dari server melalui aplikasi kingroot. Jika tidak ada sambungan data ke internet, maka proses rooting tidak akan berhasil.

Langkah #3. Jalankan aplikasi, kemudian tap "Root" yang berada di lingkaran berwarna biru. Tunggu hingga proses selesai sampai ada tulisan "Successed". Jika terdapat pesan saat proses rooting, pilih "Install anyway (Unsave)".



Langkah #4. Saat root selesai, ponsel akan melakukan restart secara otomatis. Tunggu beberapa saat sampai ponsel menyala kembali.

Langkah #5. Periksa ponsel Samsung Galaxy J5 kalian apakah sudah berhasil root atau belum. Untuk mengeceknya, silahkan gunakan aplikasi "Root Checker". Kalian bisa menemukan aplikasi tersebut di google play store.

2. Root dengan Menggunakan Kingo Root

KingoRoot adalah utilitas Android bertujuan untuk membantu pengguna Android untuk melakukan root ponsel/tablet tanpa perlu terhubung ke PC. Kingoroot merupakan tool apk untuk termudah dan tercepat hanya dengan sekali klik. Sama seperti kingroot, aplikasi ini juga tidak tersedia di play store, tetapi bisa di unduk melalui open source / melalui situs resmi kingroot. Berikut cara root menggunakan Kingoroot

Langkah #1. Download aplikasi KingoRoot.APK lalu pasang kedalam ponsel. Jika terdapat pesan "Install Blocked", cukup tap Settings/Pengaturan > Security/Keamanan > lalu aktifkan "Unknown Source". Ingat setiap pemasangan aplikasi dari pihak ketiga, pasti akan ada permintaan izin agar aplikasi tersebut bisa dipasang.

Langkah #2. Sambungkan ponsel ke koneksi internet, lalu jalankan kingoroot & tap/klik "One Click Root" pada layar ponsel. Tunggu beberapa saat sampai proses rooting selesai dilakukan. Apabila terdapat pesan saat proses root ini terjadi, pilih "Install anyway (Unsave)".

Langkah #3. Setelah proses root selesai, ponsel akan melakukan restart. Tunggu sampai ponsel menyala kembali.

Untuk mengecek apakah proses root berhasil, silahkan mengeceknya melalui aplikasi Root Checker yang bisa kalian dapatkan di playstore.

Kesimpulan dan Saran

Melakukan root terhadap Samsung Galaxy J5 bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun sebelum melakukan root, lebih baik kalian melakukan full backup ROM karena kesalahan sedikitpun, akan mengakibatkan ponsel kalian akan mengalami bootlop. Jadi saat hal tersebut terjadi, maka kalian bisa merestore atau mengembalikan ROM android kalian kembali seperti semula.

Untuk melakukan Backup & Restore ROM, kalian bisa melakukannya melalui menu Recover seperti CWM atau custom TWRP. Untuk Unroot Android, silahkan baca "Cara UNROOT Android untuk Semua Jenis Device".

Satu hal lagi, jika kalian tidak berhasil dengan menggunakan dua cara di atas, saya sarankan agar kalian melakukan root dengan bantuan komputer saja. Untuk cara ini, silahkan kalian baca di Cara Root Semua Jenis Samsung Dengan CF Auto ROOT.

Demikian "2 Cara Root Samsung Galaxy J5 Tanpa Komputer Terbaru" di atas, semoga ada manfaatnya bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih dan Salam.