TWRP 3.3.1 + ROOT Samsung J7 SM-J700F Tanpa PC

AndroLite.com : Cara Pasang TWRP dan Root Samsung Galaxy J7 SM-J700F dengan atau Tanpa PC - Banyak pengguna ponsel pintar Samsung Galaxy J7 merasa tidak puas dan ingin memaksimalkan kinerja ponselnya. Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut yaitu dengan melakukan root. Istilah root sendiri sudah tidak asing bagi pengguna ponsel berbasis android. Lalu apa itu root? Apa kelebihan yang ditawarkan serta apa kekurangannya? Berikut penjelasan singkatnya.

#1. Pengertian Root Android - Root adalah kontrol istimewa pengguna untuk mengakses sistem operasi Android atas berbagai subsistem Android atau dengan kata lain, memberikan akses penuh untuk memasang atau menghapus aplikasi yang tidak diinginkan, melakukan modifikasi dan lain sebagainya.

#2. Manfaat Root - Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari root ini, diantaranya adalah bisa menambah/menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus melalui pencopotan pada menu settings pengelola aplikasi, mengubah tampilan, memaksimalkan performa android, serta melakukan berbagai hal tanpa batas.

#3. Kekurangan Root - Selain membuka akses penuh kepada pengguna, melakukan root juga membuka akses kepada virus untuk mengontrol/mengotak atik sistem operasi android. Kanapa hal ini bisa terjadi? Karena sistem keamanan yang terdapat pada android sudah terbuka atau rusak. Android ibaratnya seperti sebuah rumah. Jika pintu rumah tersebut sudah terbuka, maka siapapun bisa masuk kedalamnya.

Selain itu, root juga akan mengakibatkan pengguna tidak bisa lagi melakukan klaim garansi. Alasannya kenapa? Analoginya seperti ini, saat anda membeli sebuah televisi baru pasti dilengkapi dengan segel garansi. Jika segel tersebut rusak, maka pihak toko tidak akan mau memberikan garansi.

Nah sama halnya dengan root. Jika android sudah diroot maka pengklaiman garansi tidak bisa dilakukan. Namun tidak perlu khawatir, root bisa di hapus dengan cara melakukan unroot atau dengan melakukan factory reset. Setelah membaca penjelasan singkat tersebut diatas, namun anda tetap mau melakukan root, maka silahkan lanjutkan terus untuk membaca.


1. Pasang TWRP Samsung Galaxy J7 SM-J700F

Adapun tahapan yang diperlukan untuk melakukan root terhadap ponsel galaxy J7 anda, yang pertama adalah harus mengganti CWM dengan Custom TWRP kemudian baru bisa dilanjutkan ke tahapan rooting. Tetapi sebelum itu, silahkan persiapkan beberapa peralatan dan bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut daftarnya.

1.1. Persiapan Alat dan Bahan

  1. Komputer PC/Laptop dan Ponsel Galaxy J7
  2. Download Samsung USB Driver lalu install ke dalam komputer.
  3. Download Aplikasi Odin3 v3.12.3 kemudian ekstrak filenya menggunakan winrar atau 7-zip.
  4. Download salah satu file TWRP berikut kemudian simpan filenya di drive komputer.
  5. Pilih dan download salah satu file Root berikut kemudian salin ke dalam ponsel Samsung J7 Kamu.
  6. Aktifkan Mendebug USB (USB Debugging) dan OEM Buka Kunci (OEM Unlock). Tutorialnya bisa dilihat di sini.

2.1. Cara Pasang TWRP via Odin3

Peringatan!
Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.
Penting!Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa merestore / mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.

Step #1. Matikan HP sampai mati total. Selanjutnya masuk ke Downloading Mode dengan cara tekan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan. Setelah ponsel menampilkan logo booting, lepas ketiga tombol tersebut.

Setelah layar menampilkan pesan "WARNING", tekan tombol Volume Atas untuk lanjut ke menu utama Downloading Mode.

Step #2. Jalankan aplikasi ODIN Setelah itu, hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB. Perhatiakan pada bagian log ODIN, jika ada notifikasi bertuliskan "Added!!", berarti HP sudah terhubung dengan baik.

Step #3. Selanjutnya, di bagian sebelah kanan ODIN, klik tombol AP atau PDA. Cari file TWRP TWRP-3.3.1-0-j7elte.img.tar yang sebelumnya sudah kamu download.

Step #4. Klik tab Options pada ODIN kemudian centang Auto Reboot dan F. Reset Time. Setelah itu silahkan klik Start untuk memulai proses pemasangan TWRP. Tunggu hingga selesai.

Step #5. Saat proses instalasi berhasil, maka akan muncul notif PASS disebelah kiri odin dan ponsel akan melakukan restart secara otomatis.

Step #6. Setelah HP Galaxy J7 kamu telah menyala sempurna, matikan kembali sampai off total. Setelah itu, masuk ke mode TWRP dengan cara menekan tombol "Home + Volume Atas + Power" secara bersamaan.

Step #7. Saat berhasil masuk ke mode TWRP, silahkan centang pada "Never show this screen during boot again" kemudian lanjutkan dengan mengusap ke kanan pada "Swipe to allow modification". Selanjutnya, untuk memulai proses rooting, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

2. Root Samsung Galaxy J7 SM-J700F via TWRP

  1. Bila masih berada pada menu TWRP, maka skip langkah ini. Tetapi bila tidak, silahkan matikan ponsel tekan tombol "Home + Power + Volume Atas" selama 3-5 detik secara bersamaan.
  2. Di dalam menu TWRP, pilih "Install" kemudian cari file Magisk.zip atau SuperSU yang sebelumnya sudah kamu salin ke kartu memori.
  3. Selanjutnya pilih "Swipe to Confirm Flash" dan tunggu sampai selesai.
  4. Bila sudah, tekan tombol back lalu pilih Wipe Dalvik/Cache.
  5. Terakhir, pilih menu Reboot to system dan tunggu sampai ponsel menyala sempurna. Selesai.

2.1. Video Cara Pasang TWRP dan Root Samsung J7



3. ROOT Samsung J2 Prime Tanpa PC

Opsi lain yang bisa kamu lakukan untuk meroot Samsung J7, adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dalam hal ini ada Kingroot.apk dan Framaroot.apk. Untuk tutorial cara penggunaanya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

3.1. KingRoot.apk

  1. Download aplikasi KingRoot.apk kemudian ekstrak filenya.
  2. Sambungkan Smartphone ke koneksi internet (wajib).
  3. Install aplikasi kingroot.
  4. Jika ada pesan Install Blocked, silahkan tap Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  5. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat penginstalan, tap pada tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  6. Setelah proses install selesai, aplikasinya jangan dijalankan dulu, melainkan buka Pengaturan » Accessibility » Gulir Kebawah, buka KingRoot » Aktifkan / Enable » Pilih OK.
  7. Jalankan KingRoot. Secara otomatis kingroot akan melakukan cek, tunggu beberapa saat.
  8. Selanjutnya, tap Try Root.
  9. Setelah proses rooting selesai, restart smartphone kamu.
  10. Selesai.

3.2. FramaRoot.apk

  1. Download FramaRoot.apk. Ektrak filenya terlebih dahulu.
  2. Install aplikasi FramaRoot.
  3. Akan ada pesan Install Blocked. Silahkan buka Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  4. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat pemasangan, tap tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  5. Jalankan aplikasi FramaRoot.
  6. Lihat di bagian atas, pastikan yang terpilih SuperUser / SuperSU.
  7. Selanjutnya, pilih Barahir / Boramir. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Setelah selesai, restart smartphone kamu.
  9. Selesai.

4. Bantuan dan Saran

Sebelum melakukan root, sebaiknya backup terlebih dahulu Sistem operasi anda melalui menu CWM. Hal ini untuk mengantisipasi apabila terjadi kesalahan dalam melakukan proses root dan apabila ingin melakukan Unroot terhadap Android, silahkan baca "Cara UNROOT Android untuk Semua Jenis Device" Jika ada yang kurang jelas, silahkan kawan-kawan tanyakan melalui kolom komentar atau melalui formulir kontak saya. Terima kasih!