Cara Pasang Xposed HP Samsung Android Marshmallow / Lollipop

AndroLite.com - Xposed Framework Installer Marshmallow (6.0) dan Lollipop (5.0) HP Samsung - Xposed Framework Installer adalah sebuah aplikasi tweaking yang dapat digunakan untuk mengedit file apk, mengubah tampilan (interface) android, mengunci sinyal 4G LTE, meningkatkan performa Android, tweak suara dan masih banyak lagi.

Nah, sehubungan dengan hal tersebut di atas, untuk tutorial kali ini saya akan berbagi kepada sobat tentang bagaimana cara memasang / meng-install Xposed Installer Android 6.0.1 / 5.0, 5.1 khusus HP Samsung untuk semua model dan seri.

Namun sebelum melakukannya, ponsel sobat harus sudah dalam terpasang TWRP dan telah ROOTED. Untuk melakukan root sendiri, ada dua cara yang bisa sobat gunakan, pertama menggunakan Magisk Root dan kedua dengan Aplikasi KingRoot.

Cara Pasang Xposed Samsung Semua Tipe dan Model

Sebelum memasang xposed kedalam smartphone samsung, saya sarankan lebih baik melakukan backup ROM terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat apabila terjadi kesalahan atau ponsel mengalami bootlop, maka sobat bisa melakukan restore ke keadaan seperti semula. Untuk melakukan backup rom, silahkan lakukan melalui menu recovery CWM/Custom TWRP.

Langkah #1. Download Aplikasi Xposed Installer 3.0 Alpha 4.apk. Setelah selesai, langsung install kedalam smartphone. Apabila terdapat blokir saat pemasangan, silahkan tap pada pengaturan/settings lalu centang (aktifkan) "Unknown Sources" kemudian lanjutkan proses pemasangannya hingga selesai.

Langkah #2. Download salah satu Xposed di bawah ini yang sesuai dengan kriteria smarphone yang sobat miliki. Ingat jangan sampai salah dalam memilih.
Untuk mengetahui jenis ARM (Kernel Arsitektur) yang digunakan Ponsel Samsung Android kalian, silahkan baca Tutorial Cara Melihat ARM Smartphone Android.
  1. Xposed Lollipop 5.0 (SDK21)
  2. Xposed Lollipop 5.1 (SDK22)
  3. Xposed Marshmallow 6.0.1 (SDK23)
Disclaimer!
Rovo89 (Member of XDA-Developers) adalah pengembang asli Xposed Installer. Merk dagang, properti dan semua hak cipta oleh Rovo89. Androlite.com hanya menyediakan link unduhnya saja sebagai media pembantu untuk memberikan informasi tentang Panduan Penginstallan Xposed Intaller.
  1. ARM atau ARM32: Adalah smartphone yang menjalankan sistem operasi android ARM32 (Galaxy S5, Note4, J7, J5, A7 dan seterusnya).
  2. ARM64: Adalah smartphone yang menjalankan sistem operasi android ARM64 (Galaxy S7/S6, Note5 dan sebagainya).
Langkah #3. Setelah pada langkah pertama dan kedua sudah selesai dilakukan, selanjutnya nonaktifkan (turn off) ponsel sobat. Apabila sudah dalam posisi OFF, selanjutnya masuk ke menu Recovery (CWM/Custom TWRP) dengan cara menekan tombol "Home + Power + Volume Atas" secara bersamaan, dan tahan selama kurang lebih 3 hingga 5 detik.

Langkah #4. Apabila sudah berada pada menu Recovery, selanjutnya pilih "Install". Cari dan temukan file xposed yang sudah didownload sebelumnya. Lanjutkan dengan mengusap ke arah kanan pada "Swipe to confirm flash". Tunggu beberapa saat sampai proses pemasangan selesai.

Langkah #5. Reboot atau nyalakan ulang smarphone samsung sobat. Berikutnya, buka aplikasi Xposed dan cek apakah pemasangannya sudah berhasil atau tidak

Apabila berhasil, maka akan ada pesan pada aplikasi "Xposed Framework version 87.x is Active" (tulisan berwarna hijau). Namun jika gagal maka pesannya "The Xposed framework is not installed" (tulisan berwarna merah). Selesai.
New Update :
  1. Cara Install Xposed Framework Android Nougat 7.0/7.1.
  2. Cara Install Xposed Installer Semua Versi Android Tanpa TWRP.

Video Tutorial Cara Install Xposed Installer



Solusi Gagal Install Xposed

Pemasangan xposed kedalam smartphone tidak selamanya langsung berhasil. Hal ini disebabkan beberapa faktor, salah satu diantaranya keliru dalam memilih versi xposed, file xposed tidak sempurna atau mengalami kerusakan setelah diunduh atau hal-hal lain. Nah untuk mengatasinya, silahkan coba petunjuk berikut ini :
  1. Perhatikan versi xposed yang akan digunakan. Jangan sampai keliru dalam memilih.
  2. Download ulang filenya. Karena kerusakan pada file sering terjadi setelah file tersebut sudah terdownload.
  3. Bersihkan dalvik cache melalui menu recovery.
  4. Restart ponsel.
  5. Ulangi langkah-langkah di atas. Perhatikan dengan seksama, dan jangan ada hal-hal yang ketinggalan.
Semoga tutorial diatas bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan. Apabila ada pertanyaan, silahkan menghubungi admin melalui formulir kontak atau melalui kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Terima kasih dan salam.