Install TWRP + Cara Root Samsung J1 SM-J120G

Cara Install TWRP + Root Samsung J1 2016 (SM-J120G/DS) Dengan atau Tanpa Komputer (Laptop/PC) - Pemasangan TWRP adalah proses mengganti recovery standar (bawaan), atau yang lebih dikenal dengan istilah CWM (ClockWorkMod) dengan custom recovery TWRP (Team Win Recovery Project). TWRP memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah pengoperasiannya sudah layar sentuh, memiliki banyak menu pilihan yang tidak dijumpai pada CWM, misalnya menu backup, restore dan lain sebagainya.

Sedangkan Rooting Android adalah proses untuk membuka akses secara penuh atau memberikan akses tanpa batas hingga ke bagian paling dasar terhadap sistem operasi android kepada penggunanya. Root android mempunyai keunggulan, yaitu pengguna bisa melakukan kostumasi android, meningkatkan kecepatan, menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus, memasang Xposed Installer Framework dan masih banyak lagi.

Walaupun memiliki banyak keuntungan, root juga mempunyai resiko yang tergolong berat. Sebelum melakukan hal tersebut, lebih baik dipertimbangkan terlebih dahulu. Karena ketika anda melakukannya, resiko yang terjadi ialah hilangnya garansi, ponsel rentan terserang virus, menyebabkan bootlop, menyebabkan kerusakan dan merusak sistem keamanan Knox.

Perlu anda ketahui bahwa sistem pertahanan yang ada di dalam ponsel Samsung atau yang lebih dikenal dengan nama Knox, sekali dijebol maka ia tidak akan pernah bisa kembali seperti semula lagi.

Untuk pembahasan mengenai pengertian, kelebihan dan kekurangan melakukan root, sudah admin bahas pada artikel Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Root Android. Pengetahuan tentang root sangatlah perlu, terlebih jika anda masih awah soal ini. Untuk itu, sebelum membuat keputusan apakah akan melakukan root terhadap Samsung J1 (2016) atau tidak, silahkan anda pahami terlebih dahulu.
Peringatan!
Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya Garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. Pelajari selengkapnya »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

1. Install TWRP Samsung J1 SM-J120G

Sebelum memulai proses instalasi TWRP kedalam perangkat anda, silahkan lakukan persiapan dan unduh beberapa file berikut ini.
  1. Siapkan Komputer, baik itu berupa PC/laptop.
  2. Siapkan Kabel USB.
  3. Download Samsung USB Driver (Install ke dalam komputer).
  4. Unduh ODIN3_v3.12.3 (Ekstrak filenya).
  5. Download file TWRP-Recovery-SMJ120G.tar (Simpan filenya di dalam komputer).
Penting!
Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.

Step#1. Wajib Aktifkan OEM Lock dan USB Debugging. Untuk mengaktifkan kedua mode ini, silahkan baca Tutorial Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Lock Samsung atau bisa juga tonton video berikut ini.

Step#2. Nonaktifkan ponsel hingga mati total. Masuk ke Downloading Mode dengan cara menekan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan sampai smartphone anda bergetar. Tekan lagi tombol Volume Atas untuk melanjutkan.

Step#3. Jalankan aplikasi ODIN dengan cara klik kanan kemudian pilih Run as Administrator.

Step#4. Hubungkan perangkat J1 (2016) ke komputer menggunakan kabel USB. Jika Odin membaca Smartphone kalian, maka akan ada pesan <ID:0/003> Added!! pada bagian Log Odin.

Step#5. Klik tombol AP atau PDA jika anda mamakai aplikasi ODIN versi lama dan cari file TWRP-Recovery-SMJ120G.tar yang sudah anda download sebelumnya.

Step#6. Masih pada aplikasi odin, klik tab Options, centang Auto Reboot dan F. Reset Time. Setelah itu silahkan klik tombol Start. Tunggu hingga proses instalasinya selesai.

Step#7. Jika proses instalasi berhasil, maka akan ada tulisan PASS (latar dengan warna hijau). Pada tahap ini, silahkan tutup aplikasi odin dan cabut kabel USB.

Step#8. Biasanya, sesaat setelah proses instalasi selesai, secara otomatis ponsel akan melakukan reboot / restart sendiri dan masuk kedalam custom recovery TWRP. Tapi jika hal ini tidak terjadi, silahkan tekan tombol Power + Home + Volume Atas secara bersamaan hingga perangkat bergetar. Selamat pemasangan TWRP sudah berhasil.

2. Proses Rooting Samsung J1 SM-J120G via TWRP

Terdapat dua aplikasi yang bisa anda gunakan untuk melakukan rooting via TWRP, yaitu SuperSU dan Magisk Root. Silahkan anda pilih salah satunya dan pastikan bahwa Samsung J1 (2016) anda sudah terpasang custom TWRP.

2.1. Root dengan SuperSU

  1. Download Flashable-SuperSU-v2.82.zip kemudian simpan filenya di dalam memori internal atau kartu memori ponsel.
  2. Matikan ponsel dan masuk ke menu TWRP (tekan tombol Home + Power + Vol Atas hingga terasa ada getaran).
  3. Pilih menu Install, cari serta pilih file Flashable-SuperSU-v2.82.zip.
  4. Usap ke kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Setelah selesai, pilih Wipe Dalvik/Cache.
  6. Selanjutnya tap menu Reboot to system dan sekali lagi silahkan tunggu hingga Smartphone menyala dengan sempurna.
  7. Selesai.

2.2. Root dengan MagiskRoot

Penggunaan Magisk dengan SuperSU caranya sama saja, hanya saja yang membedakan adalah pada saat memilih filenya. Namun jika masih kurang paham, berikut panduannya.
  1. Download Flashable-MagiskRoot kemudian simpan filenya di dalam memori internal atau sd card ponsel.
  2. Masuk ke menu TWRP dengan cara nonaktikan ponsel, kemudian tekan tombol Home + Power + Volume Atas.
  3. Tap menu Install, lalu cari serta pilih file Flashable-SuperSU-v2.82.zip.
  4. Usap ke arah kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Setelah selesai, pilih Wipe Dalvik/Cache.
  6. Selanjutnya tap menu Reboot to system dan sekali lagi silahkan tunggu hingga Smartphone menyala dengan sempurna.
  7. Selesai.

3. ROOT Samsung J1 2016 (SM-J120G) Tanpa Komputer

Bagi kalian yang tidak memiliki komputer, dibawah ini ada dua cara yang bisa dicoba. Tetapi sekali lagi saya ingatkan bahwa rooting memakai aplikasi pihak ketiga apapun, cenderung memiliki persentase keberhasilan yang sangat kecil bahkan gagal. Namun apabila tetap ingin mencobanya, berikut ini 2 rekomendasi apk yang paling sering berhasil meroot smartphone.

3.1. KingRoot.apk

  1. Download aplikasi KingRoot.zip kemudian ekstrak filenya.
  2. Sambungkan Smartphone ke koneksi internet (wajib).
  3. Install aplikasi kingroot.
  4. Jika ada pesan Install Blocked, silahkan tap Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  5. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat penginstalan, tap pada tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  6. Setelah proses install selesai, aplikasinya jangan dijalankan dulu, melainkan buka Pengaturan » Accessibility » Gulir Kebawah, buka KingRoot » Aktifkan / Enable » Pilih OK.
  7. Jalankan KingRoot. Secara otomatis kingroot akan melakukan cek, tunggu beberapa saat.
  8. Selanjutnya, tap Try Root.
  9. Setelah proses rooting selesai, restart Smartphone kalian.
  10. Selesai.

3.2. FramaRoot.apk

  1. Download FramaRoot.rar. Ektrak filenya terlebih dahulu.
  2. Install aplikasi FramaRoot.
  3. Akan ada pesan Install Blocked. Silahkan buka Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  4. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat pemasangan, tap tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  5. Jalankan aplikasi FramaRoot.
  6. Lihat di bagian atas, pastikan yang terpilih SuperUser / SuperSU.
  7. Selanjutnya, pilih Barahir / Boramir. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Setelah selesai, restart smartphone kalian.
  9. Selesai.

Cara mengetahui apakah Samsung J1 2016 anda sudah root, silahkan cari aplikasi SuperSU di dalam menu android. Jika ada berarti rootnya berhasil, jika tidak ada berarti gagal. Untuk lebih memastikannya lagi, download aplikasi Root Checker yang ada di play store.

4. Cara UNROOT Samsung J1 2016 (SM-J120G)

Unroot atau yang lebih dikenal menghapus Root bisa dilakukan dengan menggunakan / tanpa komputer. Biasanya hal ini juga diperlukan saat ingin mengklaim garansi, mengamankan perangkat dari serangan virus dan masih banyak alasan lainnya.

Jadi, bagi anda yang ingin menghapus root Android, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan. Yaitu:
  1. UNROOT Semua Jenis HP Android.
  2. Install / Flashing Ulang ROM Android Samsung via ODIN.

Itulah Panduan Tentang Bagaimana Cara Root dan Install TWRP Samsung Galaxy J1 2016 (SM-J120G). Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Terima kasih dan salam.