TWRP + ROOT Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F

Cara Pasang TWRP dan ROOT Samsung Galaxy J7 Prime Terbaru - Samsung Galaxy J7 Prime merupakan keluarga samsung galaxy J Series yang resmi dilepas kepasaran pada bulan September tahun ini. Ini adalah keluaran samsung yang memiliki fitur fingerprint atau pindai sidik jari, fitur yang mampu membuka kunci layar secara cepat hanya dengan memindai sidik jari penggunanya.

Ponsel pintar ini dibekali beberapa hardware dan software terbaru, salah satu diantaranya sudah menggunakan android marshmallow versi 6.0.1 serta dilengkapi oleh penyimpanan internal berkapasitas 16GB, desain layar lengkung 2,5D, layar berukuran 5,5 inci, kamera 13 megapiksel dan 8 megapiksel untuk kamera depan serta memiliki desain bodi berbahan metal.

Untuk performanya sendiri, ponsel ini hadir dengan menggunakan ram 3GB didukung oleh CPU Octa-core Cortex-A53 berkecepatan hingga 1.6 GHz di tiap core (inti)nya sehingga ponsel ini sangat cocok untuk digunakan untuk melakukan aktivitas berat seperti bermain game atau melakukan multi tasking.

Namun, apabila sobat ingin masih merasa kurang dengan performa yang ia miliki atau ingin mengubah beberapa tampilan interfacenya dengan cara melakukan root, berikut ini androlite sajikan penjelasan sederhana mengenai cara root samsung galaxy J7 Prime.
Untuk me-root Samsung Galaxy J7 Prime, untuk saat ini tidak bisa dilakukan hanya dengan menginstall aplikasi saja, misalnya menggunakan Aplikasi Kingroot.apk tetapi hanya bisa dilakukan melalui custom recovery bernama TWRP. TWRP memiliki fungsi untuk memasang aplikasi bernama SuperSU dengan cara flash atau install via custom recovery.
Peringatan!
Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

Panduan Pasang TWRP dan ROOT Samsung Galaxy J7 Prime

Sebenarnya cara pasang custom TWRP dan ROOT untuk ponsel ini, konsepnya sama saja seperti Cara pasang custom TWRP dan Root pada Samsung Galaxy J7 (15) dan Samsung Galaxy J5 Prime dan beberapa model samsung lainnya. Hanya saja versi TWRP dan aplikasi superSU-nya berbeda. Berikut cara Pasang Custom Recovery TWRP dan ROOT Samsung Galaxy J7 Prime.
Penting!
Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, karena hal ini sangat diperlukan mengingat apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa melakukan restore/mengembalikan ROM dan data kekeadaan seperti semula.

Pasang Custom Recovery TWRP

Untuk pemasangan custom TWRP dan root hanya bisa dilakukan melalui bantuan komputer serta bantuan aplikasi bernama ODIN. Untuk memulainya, silahkan persiapkan bahan-bahannya berikut ini.
  1. Download ODIN3 v3. Ekstrak Aplikasi ODIN kedalam Komputer.
  2. Download Samsung USB Driver. Ekstrak lalu install kedalam komputer serta lakukan restart jika proses pemasangan sudah selesai.
  3. Download TWRP berikut. Simpan di komputer
  4. Download Aplikasi Root berikut, kemudian Salin filenya kedalam kartu memori atau telepon.
  5. Siapkan Kabel USB asli samsung galaxy J7 Prime.
  6. Baterai mempunyai daya 50% atau lebih.
Apabila semua bahan dan beberapa persiapan lainnya sudah siap, selanjutnya mari kita lanjutkan ke proses pemasangan custom TWRP kedalam ponsel.

1. Aktifkan mode developer option dan OEM Unlocking. Jika menu Developer Optionnya tersembunyi, silahkan sobat buka menu setting > about. Tap 'Build Number' sekitar 5 hingga 7 kali (lakukan dengan cepat) hingga muncul notifikasi bahwa Developer option telah diaktifkan. Selanjutnya kembali ke menu setting, cari dan buka menu developer option yang baru saja diaktifkan. Cari & aktifkan OEM Unlocking serta Enable pada USB Debugging.
[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:

2. Masuk ke Menu Downloading Mode. Untuk masuk ke menu downloading mode, caranya cukup gampang. Turn Off ponsel, setalah dalam keadaan off, tekan tombol Home + Power + Volume Bawah secara bersamaan hingga ponsel menyala dan masuk ke menu downloading dengan sendirinya. Lanjutkan menekan volume bawah untuk melanjutkan.

3. Proses Pemasangan TWRP. Sambungkan Ponsel ke komputer melalui kabel USB asil, lalu jalankan aplikasi odin dengan cara "RUN ADMINISTRATOR". Perhatikan pesan yang ada dibagian sebelah kiri odin, jika terdapat tulisan 'Added!' berarti ponsel sobat sudah terbaca. Selanjutnya klik "AP" lalu cari file Custom TWRP yang sebelumnya sudah di download & diekstrak. Setelah itu klik tombol "Start" untuk memulai pemasangan TWRP. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai dan apabila berhasil, maka akan ada tulisan "PASS!".

Root Memakai SuperSU

Ketika proses pemasangan TWRP berhasil, biasanya ponsel akan melakukan restart secara otomatis dan akan masuk ke menu TWRP dengan sendirinya. Namun apabila hal tersebut tidak terjadi, sobat bisa melakukannya secara manual. Caranya dengan cara menekan tombol VOLUME UP + HOME + POWER secara bersamaan kurang lebih sekitar 3 sampai 5 detik.

Selanjutnya, apabila sudah berada pada menu TWRP, lanjutkan tap pada menu Install kemudian cari serta pilih aplikasi SuperSU yang sebelumnya sudah didownload dan sudah sobat tempatkan di kartu memori. Berikutnya, usap ke kanan pada "Swipe Confirm to Flash". Tunggu beberapa saat sampai proses rooting selesai kemudian tekan tombol back lalu restart ponsel sobat.

Untuk mengecek apakah ponsel berhasil di root, silahkan download aplikasi root checker yang ada di google play store. Atau sobat bisa memeriksanya di dalam ponsel, jika terdapat aplikasi SuperSU maka root untuk ponsel sudah berhasil dilakukan.
[Video] Root Samsung Galaxy J7 Prime


Root Memakai MagiskRoot

Magisk merupakan sebuah aplikasi terbaru yang dikembangkan oleh salah seorang member di XDA-Developers dan aplikasi ini memilik 2 metode yang bisa digunakan untuk melakukan root, yaitu flash MagiskRoot melalui TWRP dan Install menggunakan Magisk Manager.

Penggunaannyapun hampir sama dengan SuperSU, namun magisk memiliki metode ROOT terbaik untuk saat ini. Untuk tutorial serta link downloadnya, silahkan kalian buka artikel Tentang Bagaimana Cara ROOT Menggunakan Magisk. Selain tutorial dan link downloadnya, disana juga dijelaskan beberapa kelebihan, kekurangan dan cara kerjanya.

Butuh Bantuan?

Apabila sobat mengalami kendala ketika mengaplikasikan tutorial sederhana di atas, silahkan meninggalkan komentar atau menghubugi admin melalui formulir kontak.

Apabila sobat mempunyai keinginan untuk melakukan UNROOT, silahkan baca turorialnya di sini Bagaimana Cara Unroot Android untuk Semua Jenis Device.

Itulah tutorial sederhana tentang bagaimana cara melakukan root terhadap samsung galaxy j7 prime. Semoga bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan. Terima kasih dan salam!