TWRP + Root Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570Y

Cara Root dan Pasang TWRP Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570 Android Marshmallow 6.0.1 - Samsung Galaxy J5 Prime adalah smartphone mid-end yang resmi dirilis pada tahun ini. Ini adalah ponsel pintar yang dibandrol dengan harga yang murah namun memiliki kualitas mantap dan mempunyai spesifikasi hardware terbaru serta memiliki kinerja cukup mengesankan yang tidak diragukan lagi. Ia memiliki semua fitur terbaru dan karakteristik hampir sama dengan ponsel pintar lain yang memiliki bandrol harga mahal.

Lalu bagi sobat pemilik ponsel pintar Samsung Galaxy J5 Prime yang mempunyai keinginan untuk lebih meningkatkan performa dengan cara melakukan root, maka berikut ini androlite sajikan panduan sederhana bagaimana cara Root Samsung Galaxy J5 Prime.

Namun, perlu diketahui bahwa untuk melakukan root, ponsel sobat harus diinstall Custom TWRP terlebih dahulu. Karena proses rooting akan dilakukan melalui menu recovery yang dalam hal ini menggunakan custom recovery TWRP.

Sebelum lanjut, bagi sobat yang masih awam dan belum tahu Apa itu Root, Kelebihan serta Kekurangan melakukan root, silahkan baca artikelnya di Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Root.

Perlu diketahui dan diingat, bahwa kostumasi dan root terhadap sistem operasi dilarang oleh OEM. Jika hal ini terjadi, maka sobat akan kehilangan Garansi atau bisa menimbulkan kerusakan terhadap ponsel sobat. Jadi, sebelum melanjutkan lebih baik dipertimbangkan terlebih dahulu.
Peringatan!
Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

Tahapan Install TWRP dan ROOT Galaxy J5 Prime

Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang harus kalian lakukan untuk melakukan pemasangan custom TWRP serta ROOT Samsung Galaxy J5 Prime kalian. Silahkan baca dengan teliti dan jangan sampai ada yang terlewatkan, karena kadang ketika kita tidak teliti, maka akan terjadi kegagalan.

1. Pasang Custom TWRP

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa salah satu syarat untuk melakukan root adalah dengan mengganti Menu Recovery standar (CWM) dengan Custom Recovery TWRP. Karena proses pemasangan aplikasi root akan dilakukan melalui menu TWRP dan untuk memasangnya, berikut caranya.
Penting!
Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa merestore / mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.
Bahan-bahan dan persiapan untuk pemasangan Custom TWRP dan melakukan root.
Setelah semua bahan sudah siap, selanjutnya mari kita lanjutkan ke proses pemasangan TWRP dan rooting.
UPDATE
Jika kalian hanya mau melakukan rooting saja tanpa mau memasang TWRP, silahakan download aplikasi CF-Auto-Root-SM-G570Y.zip dan ekstrak filenya kemudian install melalui aplikasi ODIN.

1. Aktifkan mode developer option dan OEM Unlocking. Jika menu Developer Optionnya tersembunyi, silahkan sobat buka menu setting > about. Tap 'Build Number' sekitar 5 hingga 7 kali (lakukan dengan cepat) hingga muncul notifikasi bahwa Developer option telah diaktifkan. Selanjutnya kembali ke menu setting, cari dan buka menu developer option yang baru saja diaktifkan. Cari & aktifkan OEM Unlocking serta Enable pada USB Debugging.
[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:

2. Masuk ke Boot & Downloading Mode. Untuk masuk ke menu downloading mode, caranya cukup gampang. Turn Off ponsel, setalah dalam keadaan off, tekan tombol Home + Power + Volume Bawah secara bersamaan hingga ponsel menyala dan masuk ke menu downloading dengan sendirinya. Lanjutkan menekan volume bawah untuk melanjutkan.

3. Proses Pemasangan TWRP. Sambungkan Ponsel ke komputer melalui kabel USB asil, lalu jalankan aplikasi odin dengan cara "RUN ADMINISTRATOR". Perhatikan pesan yang ada dibagian sebelah kiri odin, jika terdapat tulisan 'Added!' berarti Samung Galaxy J5 Prime sobat sudah terbaca. Selanjutnya klik "AP" lalu cari file Custom TWRP yang sebelumnya sudah di download & diekstrak sebelumnya. Setelah itu klik tombol "Start" untuk proses pemasangan TWRP.

Tunggu beberapa saat hingga selesai. Apabila proses berhasil, maka akan ada pesan "PASS!" dan "Failed" jika gagal. Apabila berhasil, tutup aplikasi odin serta cabut Kabel USB yang menghubungkan ponsel dengan komputer.

2. Proses Rooting

Biasanya setelah pemasangan TWRP berhasil, ponsel dengan sendirinya akan melakukan restart dan masuk ke menu Custom TWRP. Namun apabila hal tersebut tidak terjadi, maka sobat bisa melakukannya sendiri dengan cara menekan tombol volume atas + home + power secara bersamaan selama kurang lebih 5-7 detik.

Apabila sudah masuk kedalamnya, langkah selanjutnya adalah tap Install yang ada di dalam menu, lalu cari aplikasi SuperSU yang sebelumnya sudah sobat download dan sudah tersimpan di kartu memori ponsel. Apabila sudah ketemu, pilih aplikasinya kemudian usap ke kanan pada "Swipe to Confirm Flash". Tunggu hingga prosesnya selesai, kemudian tekan tombol back lalu restart ponsel sobat. Selesai!
[Video] Contoh Install TWRP dan Rooting


Bantuan dan Saran

Apabila sobat mengalami kendala atau kurang mengerti mengenai penjelasan tentang Cara Pasang TWRP dan ROOT Samsung Galaxy J5 Prime tersebut diatas, silahkan meninggalkan komentar atau menghubungi admin melalui formulir kontak.

Dan jika tidak suka ponsel dalam kondisi ROOT, maka sobat bisa melakukan UNROOT. Silahkan baca artikel Bagaimana Cara Melakukan UNROOT untuk semua Jenis Device Android.

Itulah penjelasan singkat mengenai Cara Root dan Pasang TWRP Samsung Galaxy J5 Prime, semoga bisa bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan. Terima kasih dan salam!