Cara Root dan Pasang TWRP Samsung Galaxy J5 Prime

Cara Root dan Pasang TWRP Samsung Galaxy J5 Prime Marshmallow 6.0.1 - Samsung Galaxy J5 Prime adalah smartphone mid-end yang resmi dirilis pada tahun ini. Ini adalah ponsel pintar yang dibandrol dengan harga yang murah namun memiliki kualitas mantap dan mempunyai spesifikasi hardware terbaru serta memiliki kinerja cukup mengesankan yang tidak diragukan lagi. Ia memiliki semua fitur terbaru dan karakteristik hampir sama dengan ponsel pintar lain yang memiliki bandrol harga mahal.

Lalu bagi sobat pemilik ponsel pintar Samsung Galaxy J5 Prime yang mempunyai keinginan untuk lebih meningkatkan performa dengan cara melakukan root, maka berikut ini androlite sajikan panduan sederhana bagaimana cara Root Samsung Galaxy J5 Prime. Namun, perlu diketahui bahwa untuk melakukan root, ponsel sobat harus diinstall Custom TWRP terlebih dahulu. Karena proses rooting akan dilakukan melalui menu recovery yang dalam hal ini menggunakan custom recovery TWRP.

Sebelum lanjut, bagi sobat yang masih awam dan belum tahu Apa itu Root, Kelebihan serta Kekurangan melakukan root, silahkan baca artikelnya di Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Root.

Perlu diketahui dan diingat, bahwa kostumasi dan root terhadap sistem operasi dilarang oleh OEM. Jika hal ini terjadi, maka sobat akan kehilangan Garansi atau bisa menimbulkan kerusakan terhadap ponsel sobat. Jadi, sebelum melanjutkan lebih baik dipertimbangkan terlebih dahulu.

Cara Terbaru dan Termudah Root dan Pasang TWRP Samsung Galaxy J5 Prime

Langkah Pertama : Pasang Custom TWRP

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa salah satu syarat untuk melakukan root adalah dengan mengganti Menu Recovery standar (CWM) dengan Custom Recovery TWRP. Karena proses pemasangan aplikasi root akan dilakukan melalui menu TWRP dan untuk memasangnya, berikut caranya.

Bahan-bahan dan persiapan untuk pemasangan Custom TWRP dan melakukan root.
  • Komputer pc/lapotop dan kabel asli ponsel sobat. Ingat yang asli ya!
  • Unduh aplikasi berikut ini :
    • ODIN - Link Download
    • Intall Samsung USB Driver ke komputer. Setelah selesai, restart komputer sobat - Link Download
    • Custom Recovery TWRP - Link #1 | Link #2 (Gunakan TWRP Link #2 apabila TWRP link #1 gagal dipasang)
    • Super User - Link Download (simpan aplikasi ini di kartu memori ponsel)
  • Daya Baterai 50% atau lebih.
Setelah semua bahan sudah siap, selanjutnya mari kita lanjutkan ke proses pemasangan TWRP dan rooting.

1. Aktifkan mode developer option dan OEM Unlocking. Jika menu Developer Optionnya tersembunyi, silahkan sobat buka menu setting > about. Tap 'Build Number' sekitar 5 hingga 7 kali (lakukan dengan cepat) hingga muncul notifikasi bahwa Developer option telah diaktifkan. Selanjutnya kembali ke menu setting, cari dan buka menu developer option yang baru saja diaktifkan. Cari & aktifkan OEM Unlocking serta Enable pada USB Debugging.

2. Masuk ke Boot & Downloading Mode. Untuk masuk ke menu downloading mode, caranya cukup gampang. Turn Off ponsel, setalah dalam keadaan off, tekan tombol Home + Power + Volume Bawah secara bersamaan hingga ponsel menyala dan masuk ke menu downloading dengan sendirinya. Lanjutkan menekan volume bawah untuk melanjutkan.

3. Proses Pemasangan TWRP. Sambungkan Ponsel ke komputer melalui kabel USB asil, lalu jalankan aplikasi odin dengan cara "RUN ADMINISTRATOR". Perhatikan pesan yang ada dibagian sebelah kiri odin, jika terdapat tulisan 'Added!' berarti Samung Galaxy J5 Prime sobat sudah terbaca. Selanjutnya klik "AP" lalu cari file Custom TWRP yang sebelumnya sudah di download & diekstrak sebelumnya. Setelah itu klik tombol "Start" untuk proses pemasangan TWRP.

Tunggu beberapa saat hingga selesai. Apabila proses berhasil, maka akan ada pesan "PASS!" dan "Failed" jika gagal. Apabila berhasil, tutup aplikasi odin serta cabut Kabel USB yang menghubungkan ponsel dengan komputer.

Langkah Kedua : Proses Rooting

Biasanya setelah pemasangan TWRP berhasil, ponsel dengan sendirinya akan melakukan restart dan masuk ke menu CUstom TWRP. Namun apabila hal tersebut tidak terjadi, maka sobat bisa melakukannya sendiri dengan cara menekan tombol volume atas + home + power secara bersamaan selama kurang lebih 5-7 detik.

Apabila sudah masuk kedalamnya, langkah selanjutnya adalah tap Install yang ada di dalam menu, lalu cari aplikasi SuperSU yang sebelumnya sudah sobat download dan sudah tersimpan di kartu memori ponsel. Apabila sudah ketemu, pilih aplikasinya kemudian usap ke kanan pada "Swipe to Confirm Flash". Tunggu hingga prosesnya selesai, kemudian tekan tombol back lalu restart ponsel sobat. Selesai!

Butuh Bantuan?

Apabila sobat mengalami kendala atau kurang mengerti mengenai penjelasan tentang Cara Pasang TWRP dan ROOT Samsung Galaxy J5 Prime tersebut diatas, silahkan meninggalkan komentar atau menghubungi admin melalui formulir kontak.

Dan jika tidak suka ponsel dalam kondisi ROOT, maka sobat bisa melakukan UNROOT. Silahkan baca artikel Bagaimana Cara Melakukan UNROOT untuk semua Jenis Device Android.

Itulah penjelasan singkat mengenai Cara Root dan Pasang TWRP Samsung Galaxy J5 Prime, semoga bisa bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan. Terima kasih dan salam!
Lihat / Tulis Komentar