Cara UNROOT Android untuk Semua Jenis Device

Ada beberapa alasan mengapa orang ingin melakukan UNROOT, diantaranya adalah karena ingin mendapatkan update sistem operasi terbaru, ingin mengamankan perangkat dari gangguan virus, ingin melakukan klaim garansi dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Berbicara mengenai UNROOT, paling tidak ada 3 cara untuk melakukannya, pertama flashing ulang ROM, kedua menghapus file root secara manual & ketiga menggunakan bantuan aplikasi android. Tetapi untuk yang pertama, tidak akan kita bahas kali ini. Mungkin dilain waktu dan kesempatan.

Sebelum melakukan Unroot, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan backup terhadap semua data anda dengan cara menyalinnya ke kartu memori SD/Eksternal, komputer atau ke cluoud (penyimpanan data online), karena ketika melakukan unroot, maka kemungkinan besar semua data yang tersimpan di memori internal / telepon akan ikut terhapus.

Unroot segala merek & jenis ponsel android

Cara Unroot Android Menggunakan Super SU

Sejauh ini, aplikasi yang bagus & cepat untuk digunakan dalam melakukan Unroot adalah aplikasi Super SU. Aplikasi ini bisa anda dapatkan secara gratis di Google Play Store. Berikut cara melakukan Unroot terhadap perangkat android menggunakan super SU.
  1. Download & Install Super SU dari Google Playstore
  2. Setelah proses install selesai, buka aplikasi tersebut kemudian pergi ke tab "Setting".
  3. Scroll ke bawah hingga mendapatkan tulisan "Full Unroot"
  4. Ketika anda mengklik/mentap Full unroot, maka akan ada kotak konfirmasi persetujuan. Pilih "Continue"
  5. Setelah selesai, Super SU akan tertutup sendiri. Restart perangkat Anroid anda.
  6. Saat ponsel sudah kembali menyala, langkah selanjutnya adalah Uninstall / hapus aplikasi Super SU. Selesai, ponsel android anda sudah dalam keadaan normal atau sudah tidak root lagi.

Unroot Menggunakan Root Xplorer

Saat pertama anda melakukan root terhadap perangkat android anda, aplikasi root akan menempatkan sebuah file kedalam sistem android. Dimana semua izin diberikan melalui file ini. Jadi, apabila anda ingin melakukan Unroot, cukup menghapus file ini saja namun tingkat keberhasilannya sekitar 80% - 90% saja.
  1. Download, lalu install File Explorer. Anda bisa mendapatkannya di Google Play Store
  2. Setelah selesai, jalankan aplikasinya. Cari tab "Root" (biasanya berada disebelah kiri atas) & temukan folder "System" kemudian buka.
  3. Tap Folder "Bin" lalu scroll ke bawah & temukan file "SU". Hapus file tersebut. Untuk aplikasi root tertentu, kadang juga memasukkan file yang bernama "Busybox". Jika ada hapus juga file tersebut.
  4. Restar perangkat android anda. Selesai !!!

Unroot Menggunakan Kingo Root

Mungkin sebagian dari anda sudah tau apa itu aplikasi Kingo root PC. Iya, aplikasi ini selain bisa digunakan untuk melakukan Root terhadap device android, juga bisa dilakukan untuk melakukan Unroot. Tapi diperlukan alat tambahan lagi berupa PC/Laptop. Untuk menggunakannya, berikut langkah-langkahnya.
  1. Unduh, ekstrak & install aplikasi Kingo root kedalam komputer.
  2. Aktifkan mode Debugging USB di ponsel Anda. (Pengaturan> Developer Option> USB Debugging Mode)
  3. Sambungkan ponsel ke komputer melalu Kabel USB (disarankan kabel asli).
  4. Jalankan aplikasi Kingo Root yang ada di komputer anda & tunggu hingga Kingoroot mendeteksi device android anda.
  5. Setelah terdeteksi, akan muncul pesan bahwa perangkat anda dalam keadaan root. Di sana juga terdapat pilihan "Remove Root" lalu klik.
  6. Tunggu sekitar 2-5 menit hingga proses unroot selesai.

Rekomendasi Penggunaan

Tiga cara unroot di atas bisa digunakan untuk semua jenis ponsel/tablet & bisa digunakan untuk berbagai jenis merek perangkat seperti samsung, sony, lenovo, evercoss, xiaomi, asus, oppo & masih banyak lagi.

Butuh Bantuan?

Jika ketiga cara tersebut diatas tidak satupun yang berhasil, silahkan meninggalkan komentar atau bisa menghubungi admin melalui formulir kontak yang telah disediakan. Terima kasih & salam !!!
Lihat / Tulis Komentar