Factory / Hard Reset Xiaomi Poco X3 NFC Terbaru

AndroLite.com - Ada banyak alasan mengapa HP Xiaomi Poco X3 NFC perlu kalian reset. Salah satu diantaranya adalah karena si ponsel mengalami lupa kunci pola / PIN / Password, stuck di logo (bootloop), mati total, hang, error, sayangnya aplikasi telah terhenti (not responding), berjalan lambat (lelet), performa tidak stabil (lag), ingin dikembalikan ke pengaturan awal dan sebagainya.

Dalam hal ini, setidaknya ada 2 (dua) buah cara mudan dan paling efektif yang bisa kalian lakukan untuk melakukan reset. Yang pertama adalah metode reset pabrik / factory dan yang kedua hard reset. Untuk Factory Reset sendiri, dapat dilakukan melalui menu pengaturan / settings. Sementara hard reset hanya dapat dilakukan melalui Mi Recovery mode (CWM).

Nah, bagi kalian sebagai pemilik ponsel Poco X3 NFC yang sedang mencari tutorial tentang bagaimana cara melakukan hard / factory reset, berikut AndroLite.com sajikan panduan lengkapnya yang dilengkapi dengan gambar, sehingga memudahkan kalian dalam menerapkannya.


1. Poin Penting Sebelum Reset Poco X3 NFC

Sebelum melakukan proses reset, pastikan kalian melakukan 2 poin penting di bawah ini.
  • BACKUP FULL DATA
    Perlu kalian ketahui, bahwa melakukan reset pada Poco X3 NFC dapat menyebabkan semua data yang tersimpan di dalam memori internal ponsel akan terhapus secara permanen. Untuk itu, sebaiknya backup semua data yang ada di dalamnya ke media penyimpanan lainnya. Misalnya kartu memori SDCard, komputer, (PC/Laptop), Google Drive dan lain sebagainya.
  • CATAT EMAIL DAN SANDI GMAIL
    Pastikan kalian telah mencatat email dan sandi gmail yang telah terpasang / sinkron dengan ponsel Poco X3 NFC kalian. Karena ketika ponsel telah selesai direset, maka ponsel akan kembali meminta email yang sudah terpasang sebelumnya (tidak bisa email baru).

Baca juga: Cara Lock Layar 90Hz POCO X3 NFC Tanpa Root / UBL

2. Cara Reset HP Xiaomi Poco X3 NFC

Langkah yang paling efektif untuk melakukan reset secara total pada HP Poco X3 NFC adalah reset melalui pengaturan (factory reset) dan melalui recovery mode (hard reset). Untuk panduan lengkap kedua metode ini, bisa kalian lihat langkah-langkahnya berikut ini.

2.1. Reset Pabrik / Factory Melalui Pengaturan

  1. Pertama, buka menu "Pengaturan > Tentang Ponsel".
  2. Gulir ke bawah, kemudian pilih "Factory Reset".
  3. Pilih opsi "Erase All Data".
  4. Selanjutnya, masukkan kunci pola / PIN (jika diminta).
  5. Di tampilan "Peringatan", kalian tunggu beberapa detik, lalu klik "OK"
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses reset dilakukan dan ponsel akan melakukan restart otomatis.
  7. Setelah ponsel menyala sempurna, silahkan lakukan konfigurasi (termasuk memasukkan ulang email dan sandi yang telah tertaut sebelumnya dengan ponsel) sampai masuk ke tampilan Home Screen. Selesai.

Baca juga: 5 Cara Screenshot POCO X3 (2 Jari, Usap Layar, Panjang)

2.2. Hard Reset Melalui Recovery Mode (CWM)

  1. Pertama, silahkan matikan ponsel sampai off total.
  2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS" secara bersamaan.
  3. Ketika logo POCO telah muncul di layar, lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Di tampilan "Main Menu Recovery", silahkan arahkan pilihan pada "Wipe Data".
    Catatan:
    • Gunakan tombol "Volume Atas / Bawah" untuk navigasi ke atas / bawah
    • Gunakan tombol "POWER" untuk memilih menu
  5. Selanjutnya, pilih opsi "Wipe All Data".
  6. Setelah berada pada tampilan peringatan "Confirm Wipe all Data", silahkan pilih "Confirm".
  7. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai dilakukan yang biasanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2 hingga 5 menit.
  8. Setelah proses reset selesai, maka akan muncul tampilan "Data wiped successfully". Setelah itu, pilih "Back to Main Menu".
  9. Terakhir pilih opsi "Reboot > Reboot to System".
  10. Secara otomatis ponsel akan melakukan restart dan tunggu sampai menyala sempurna. Selesai.
Baca juga: Download + Cara Install GCam Poco X3 NFC Versi Terbaru

3. Kesimpulan dan Penutup

Factory maupun Hard Reset merupakan salah satu langkah yang paling mudah untuk mengatasi berbagai permasalahan ringan pada HP Xiaomi Poco X3 NFC. Seperti lupa kunci pola / PIN / Password, stuck di logo (bootloop), mati total dan error ringan lainnya.

Sebenarnya, selain dua cara tersebut di atas, masih ada beberapa cara lagi, yakni melakukan flashing / install ulang Stock ROM MIUI Poco X3 NFC. Tetapi untuk proses ini memerlukan peralatan tambahan seperti komputer dan harus mendownload ROM terlebih dahulu.

Nah itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara melakukan factory / reset pabrik dan hard reset pada HP Xiaomi Poco X3 NFC pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa mengatasi berbagai permasalahan yang sedang dialami oleh ponsel kalian. Terima kasih telah berkunjung, Salam!