Factory / Hard Reset Xiaomi Redmi 9, 9A dan 9C (Lupa Pola, Password)

AndroLite.com : Cara Mudah Reset Pabrik dan Hard Reset Xiaomi Redmi 9 Series - Ada banyak alasan mengapa HP Redmi 9, Redmi 9A dan Redmi 9C Series perlu direset. Diantaranya karena ingin dikembalikan ke pengaturan awal (sama seperti baru), lupa kunci pola / PIN / Password, mengatasi bootloop, hang, eror, aplikasi not responding / sayangnya aplikasi telah terhenti, lemot, performa tidak stabil dan sebagainya.

Untuk mereset HP Redmi 9 Series ini sendiri, terbagi kedalam 2 cara. Pertama factory atau reset pabrik dan kedua hard reset. Untuk Reset pabrik ini sendiri, dapat dengan mudah dilakukan menu pengaturan / settings, sedangkan hard reset hanya bisa dilakukan melalui menu recovery mode.

Meski kedua metode tersebut terpisah, tetapi memiliki fungsi yang yang hampir sama yaitu mereset secara total. Selain itu, untuk mereset Redmi 9 Series ini juga dapat dilakukan dengan mudah oleh siapa saja serta tidak memerlukan bantuan aplikasi tambahan atau aplikasi dari pihak ketiga.

Nah, sehubungan dengan hal tersebut di atas, pada kesempatan kali ini AndroLite.com akan memberikan tutorial lengkap tentang bagaimana cara mereset Xiaomi Redmi 9 Series ini yang dilengkapi dengan gambar, sehingga memudahkan kalian dalam menerapkannya.


1. Poin Penting Sebelum Reset Redmi 9, 9A, 9C

Sebelum lanjut ke inti pembahasan, sebaiknya kalian mengetahui dua poin penting ini. Pertama, setelah reset selesai dilakukan, semua data-data penting yang tersimpan di memori internal ponsel. Seperti kontak, aplikasi, foto, video dan sebagainya akan terhapus secara permanen.

Untuk itu, sebelum melakukannya, sebaiknya kalian lakukan BACKUP FULL atau silahkan pindahkan semua data-data penting yang tersimpan di dalam memori Internal ke media penyimpanan eksternal. Seperti kartu memori SDCard, komputer (PC/Laptop), Google Drive dan lain sebagainya.

Poin penting kedua sebelum melakukan reset adalah mencatat email dan sandi gmail yang terpasang / sinkron dengan HP Redmi 9 Series kalian. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena biasanya sesaat setelah ponsel selesai direset, maka ponsel akan kembali meminta untuk memasukkan ulang email dan sandi email yang sebelumnya telah sinkron dengan HP.

Bila kalian lupa mencatatnya / tidak ingat, maka dapat dipastikan ponsel tidak akan bisa masuk ke menu utama / home screen dikarenakan stuck di halaman FRP Lock. Untuk itu, pastikan email dan sandi gmail telah kalian catat sebelum melanjutkan ke proses reset.

Baca juga: Cara UBL / Unlock Bootloader Redmi 9, 9A, 9C Tanpa Request

2. Cara Reset Xiaomi Redmi 9, 9A, 9C

Tidak jauh berbeda dengan cara reset smartphone Xiaomi Redmi Note 9 Series yang sudah kami bahas beberapa waktu yang lalu, HP Redmi 9 series ini juga memiliki proses reset serupa. Hanya saja mungkin ada sedikit perbedaan pada segi tampilan ROM MIUI yang digunakan. Untuk panduan lengkap bagaimana cara factory dan hard reset Redmi 9, 9A, 9C ini, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

2.1. Factory / Reset Pabrik Xiaomi Redmi 9/9A/9C

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu "Pengaturan (Settings)" > "Setelan Tambahan (Additional Settings)".
  2. Gulir ke bawah, kemudian cari dan pilih "Cadangkan dan Setel Ulang (Backup dan Reset)".
  3. Tahap selanjutnya, pilih opsi "Kembalikan ke Setelan Pabrik (Factory Data Reset)".
  4. Pada tampilan berikutnya, silahkan pilih "Setel Ulang Telepon" seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.
  5. Pada halaman konfirmasi kata sandi / pola / pin, silahkan kalian masukkan kata sandi / pin / password (jika diminta).
  6. Setelah ponsel menampilkan Peringatan, silahkan pilih opsi "Berikutnya / Hapus" untuk memulai proses reset.
  7. Setelah itu, tunggu hingga proses reset dilakukan. Bila sudah selesai, maka ponsel akan melakukan restart otomatis.
  8. Setelah ponsel menyala sempurna, silahkan lakukan konfigurasi (termasuk memasukkan ulang email dan sandi yang telah tertaut sebelumnya dengan ponsel) sampai masuk ke tampilan Home Screen. Selesai.

Baca juga: Factory / Hard Reset Redmi Note 9 / Pro (Lupa Pola, Password)

2.2. Hard Reset Xiaomi Redmi 9/9A/9C

Dibandingkan dengan metode factory reset, hard reset sedikit memiliki keunggulan lainnya. Seperti mampu mengatasi bootloop (booting hanya stuck logo), mengatasi lupa kunci pola / password / PIN atau mereset fingerprint, membersihkan data lebih bersih dan lain sebagainya.

Tetapi sebelum melakukan hard reset ini, pastikan ponsel Redmi 9 series kalian memiliki daya baterai minimal 50%. Hal ini diperlukan agar pada saat proses reset dilakukan, ponsel tidak mati karena kehabisan daya baterai.

  1. Pertama, silahkan matikan HP Redmi 9 series kalian sampai mati total.
  2. Setelah mati total, selanjutnya masuk ke mode recovery dengan cara menekan dan menahan tombol fisik "POWER + VOLUME ATAS" secara bersamaan kurang lebih 5-7 detik.
  3. Ketika logo Redmi by Xiaomi muncul pada layar, lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Selanjutnya pada tampilan "Main Menu Recovery", silahkan pilih "Wipe Data" (gunakan tombol Volume Atas / Bawah untuk memindahkan selektor).
  5. Ketika selektor sudah berada pada menu "Wipe Data", selanjutnya silahkan tekan tombol "POWER" untuk konfirmasi pilihan.
  6. Berikutnya, pilih opsi "Wipe All Data" lalu tekan lagi tombol "POWER" untuk memilih opsi tersebut.
  7. Setelah berada pada tampilan peringatan "Confirm Wipe all Data", silahkan pindahkan selektor ke opsi "Confirm", kemudian tekan lagi tombol "POWER" untuk mengonfirmasi pilihan.
  8. Selanjutnya, silhakan tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai dilakukan. Dalam hal ini biasanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2 hingga 5 menit.
  9. Setelah reset selesai, maka akan muncul "Data wiped successfully" pada layar yang menandakan bahwa proses reset telah berhasil dilakukan.
  10. Langkah selanjutnya, tekan tombol "POWER" untuk kembali ke menu utama recovery mode, kemudian lanjutkan dengan memilih opsi "Reboot > Reboot to System".
  11. Secara otomatis ponsel akan melakukan restart dan tunggu sampai menyala sempurna. Terakhir, silahkan lakukan pengaturan sampai masuk ke menu home atau layar utama. Selesai.
Baca juga: 5 Cara Screenshot Redmi 9 / 9A / 9C (Tanpa Tombol, Panjang)

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa hard reset melalui recovery mode ini selain berguna untuk melakukan reset total seperti mengembalikan kepengaturan awal, lupa kunci pola / PIN / Password dan bootloop. Tetapi sayangnya, untuk masalah bootloop sendiri, tidak semua jenis bootloop bisa diatasi dengan hard reset.

Hal ini disebabkan karena sistem operasi Android (ROM MIUI) yang berjalan di dalamnya mungkin telah mengalami kerusakan (corrupt). Namun untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa melakukan flash ulang firmwarenya. Dan untuk tutorialnya sendiri, kalian bisa mencarinya sendiri di Google atau Youtube.

Nah itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara melakukan factory / reset pabrik dan hard reset pada HP Xiaomi Redmi 9, 9A dan 9C pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang kami sajikan pada kesempatan kali ini bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi pada ponsel Redmi 9 series milik kalian. Terima kasih telah berkunjung, Salam!