Download GCam 7.4 Poco X3 NFC + Cara Install Tanpa Root

AndroLite.com : Download GCam 7.4 Poco X3 NFC + Cara Install Tanpa Root Terbaru - Tidak butuh waktu lama setelah perilisannya, smartphone terbaru dari Xiaomi, yakni POCO X3 dan POCO X3 NFC, kini telah mendapatkan aplikasi yang memiliki kemampuan untuk memaksimalkan tangkapan / hasil jepretan kameranya. Aplikasi tersebut adalah Google Camera atau yang lebih sering dikenal dengan istilah GCAM.

GCam sendiri adalah sebuah aplikasi Google Pixel yang diport oleh para pengembang agar bisa digunakan di smartphone lain, termasuk Xiaomi. Aplikasi ini memiliki banyak fitur untuk memaksimalkan hasil kamera, baik foto maupun video menjadi lebih baik dibandingkan dengan aplikasi kamera bawaan. Diantaranya potrait, HDR+ Enhanced, Astrophotography mode, Night Sight, panorama, lens blur, photo sphere dan lain sebagainya.

Nah, sehubungan dengan hal tersebut di atas, pada kesempatan kali ini AndroLite.com akan berbagi kepada kalian tentang bagaimana cara memasang / install Gcam apk dan file confignya kedalam smartphone kesayangan Xiaomi Poco X3 NFC kalian beserta link downloadnya secara gratis. Bagaimana caranya? Yuk mari kita langsung saja menuju ke tutorialnya.


Baca juga: 5 Cara Screenshot POCO X3 (2 Jari, Usap Layar, Panjang)

1. Download GCAM Apk Poco X3 Gratis

Sejauh ini, ada banyak versi GCam yang bisa digunakan pada HP Poco X3 kalian, namun sayangnya hanya ada beberapa versi saja yang berfungsi dengan baik pada HP Poco X3. Nah, untuk itu berikut link download file Gcam yang sudah "Tested" di Poco X3.

GCam by NIKITA: GCam by Urnix05:
Baca juga: Cara Baru UBL Semua HP Xiaomi Tanpa Menunggu / Request

2. Cara Install Gcam Apk Poco X3 NFC

Pada dasarnya, proses penginstallan aplikasi Gcam serta file konfigurasinya, prosesnya sama saja dengan Cara Install GCam Pada Xiaomi Redmi 9 dan Redmi Note 9 Series. Namun, bila kalian masih awam soal ini, berikut kami sajikan panduan lengkap tentang bagaimana cara pasang Gcam pada Poco X3 NFC ini. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Pertama, silahkan download file gcam.apk yang telah disediakan di atas.
  2. Selanjutnya silahkan install file gcam apk sama seperti menginstall aplikasi pihak ketiga pada umumnya.
  3. Bila muncul sebuah jendela security file manager, silahkan pilih "Settings" lalu aktifkan "Allow from this source".
  4. Selanjutnya, tekan "Back / Kembali" kemudian lanjutkan dengan mentap "Install". Tunggu sampai proses pemasangannya selesai.

3. Cara Import Gcam Configs.xml Poco X3 NFC

Bila pemasangan aplikasi Gcam telah selesai, selanjutnya adalah cara import file configs Google Camera. File ini sendiri merupakan kumpulan pengaturan yang telah dimaksimalkan yang berfungsi untuk memaksimalkan hasil tangkapan kamera pada Poco X3. Untuk cara importnya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan download file gcam.xml di atas (pilih sesuai versi gcam yang digunakan).
  2. Setelah itu jalankan aplikasi Gcam, kemudian Swipe / Usap ke bawah pada layar untuk memunculkan menu pengaturan.
  3. Di dalamnya silahkan tap ikon Gerigi / Gear yang terdapat pada sudut kanan bawah aplikasi.
  4. Gulir ke bawah lalu pilih opsi "Save XML Configs".
  5. Selanjutnya tap pada bagian "Save" (Gambar Disket) kemudian masukkan / ketikkan apa saja untuk menamai pengaturan Gcam. Setelah itu tap "Ok".
  6. Bila sudah, silahkan tutup aplikasi Gcam.
  7. Langkah selanjutnya, masuk ke "File Manager > Memori Internal > Download" lalu copy file Gcam.XML yang sebelumnya sudah kalian unduh.
  8. Kemudian paste / tempel file GCam.xml tersebut di "File Manager > Memori Internal > Gcam > Configs7".
  9. Setelah itu, buka kembali aplikasi GCam lalu tap 2 pada space hitam diantara tombol rotate dan shutter hingga muncul pilhan file konfigurasi. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut ini.
  10. Bila sudah, silahkan tap "Restore" untuk menyimpan pilihan. Selesai.

Baca juga: Developer Options, USB Debugging, OEM Unlock XIAOMI (All Type)

Nah, pada tahap ini, kalian sudah bisa menggunakan aplikasi Gcam untuk mengambil foto atau video dan tidak perlu lagi melakukan pengaturan. Karena seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa di dalam file configs sudah terdapat berbagai pengaturan yang telah dimaksimalkan. Tetapi bila masih belum puas, kalian bisa dengan mudah mengaturnya sendiri di dalam menu pengaturan.

Bagaimana, mudah bukan? Nah, demikianlah panduan lengkap tentang bagaimana cara pasang Gcam.apk dan file Configs untuk HP Xiaomi Poco X3 tanpa root pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih telah berkunjung, Salam!