Cara Munculkan File Tersembunyi di Flashdisk Karena Virus

AndroLite.com : Cara Memunculkan File / Folder Yang Tersembunyi atau Disembunyikan Virus di Flashdisk / Kartu Memori - Beberapa waktu lalu, seorang teman datang kepada saya dengan wajah sedikit panik dan menjelaskan bahwa file-file penting yang ada di dalam flashdisk miliknya hilang setelah ia sambungkan ke komputer milik adiknya.

Setelah saya cek, ternyata file-file tersebut tidaklah hilang, melainkan disembunyikan (super hidden) oleh virus. Jenis virus ini memang memiliki kemampuan menyembunyikan semua file-file yang tersimpan pada USB device seperti flashdisk, hardisk eksternal, kartu memori atau device lainnya.

Keberadaan virus di komputer memang sangat sulit dideteksi / diketahui, karena virus mempunyai kemampuan untuk bersembunyi, menggandakan diri & menyebar ke dalam komputer tanpa diketaui oleh pengguna komputer tersebut.

Jenis dan kemampuannya sendiri bermacam-macam, ada yang bisa memindahkan file/folder ke dalam direktori lain, menyembunyikan atau menghapus file, mengambil data kemudian dikirim ke internet, merusak aplikasi komputer dan masih banyak lagi.

Nah ketika anda memiliki masalah seperti teman saya, jangan panik dulu karena bisa saja file tersebut masih ada di dalam flashdisk, namun tidak kita lihat. Tetapi untuk memastikan apakah file tersebut masih ada atau tidak silahkan lakukan langkah berikut:

1. Melihat File/Folder Yang Tersembunyi

Sebelum memunculkan file-file yang disembunyikan oleh virus, ada baiknya bila kalian periksa terlebih dahulu apakah file-file yang terdapat di dalam flashdisk masih ada ataukah tidak. Nah untuk memeriksanya, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
  1. Langkah #1. Buka menu "Windows Explorer" atau buka "My Computer" yang ada di desktop. Cara pintasnya, bisa menekan tombol "Windows + E" pada keyboard.
  2. Langkah #2. Di sudut kiri atas windows explorer, klik menu "Organize" kemudian pilih "Folder and search options"
  3. Langkah #3. Setelah menu Folder Option terbuka, selanjutnya klik tab "View". Gulir ke bawah lalu pilih "Show hidden folders, files or, drives" serta hilangkan ceklis pada "Hide protected operating system files (Recomended)". Saat menghilangkan ceklis pada opsi ini, akan ada sebuah dialog pesan konfirmasi. Pilih "OK".
  4. Langkah #4. Selanjutnya buka flashdisk. Biasanya file/folder yang disembunyikan oleh virus berwarna sedikit memudar.
Setelah kalian memastikan file-file masih tersimpan di dalam Flashdisk, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengembalikan/memunculkannya kembali seperti sediakala.

2. Mengembalikan File/Folder Tersembunyi dengan CMD

Langkah #1. Buka menu "Run". ini bisa dilakukan dengan menekan tombol "Windows + R" pada keyboard. Setelah itu ketik "CMD" lalu tekan enter. Akan muncul sebuah jendela cmd berwarna hitam.

Langkah #2. Pada jendela cmd tersebut Ketik drive letter partision flash disk. Misalnya "G:" (tanpa tanda kutip)lalu tekan enter.

Langkah #3. Ketik perintah "attrib -s -h -r *.* /s /d" (tanpa tanda kutip) & enter. Tunggu beberapa saat hingga drive letter partition yang anda ketik sebelumnya muncul kembali pada baris paling bawah. Lihat gambar di bawah ini.


Command
Penjelasan
attrib
Perintah untuk memberikan attribut pada suatu file atau folder
-s
Perintah untuk menghapus attribut protected operating system
-h
Perintah untuk menghapus attribut hidden file (file tersembunyi)
-r
Perintah untuk menghilangkan attribut pada Read Only File
*.*
Ekstensi file (.mp3, .png, .jpg, .docx, .xls dan sebagainya)
/s
Perintah untuk memproses sub directory. Misalnya file/folder di dalam folder
/d
Perintah untuk memproses directory saja.
Langkah #4. Buka flashdisk kemudian periksa file-folder yang ada di dalam flashdisk anda.

3. Memunculkan File/Folder Tersembunyi dengan Notepad

Memunculkan file yang tersembunyi atau disembunyikan oleh virus menggunakan notepad adalah cara yang paling mudah untuk digunakan. Kenapa? karena pengoperasiannya hanya dengan sekali klik saja & tidak perlu mengetik perintah lagi, cukup di awal saja. Berikut caranya.

Langkah #1. Buka aplikasi Notepad kemudian salin (copy) lalu tempel (paste) kode di bawah ini.
echo off
echo "Anti Super Hidden"
echo "Running Program"
echo "Please wait... and visit androlite.com for more info"
attrib -s -h *.* /s /d
echo "Complated"
exit P/ A/ Q
Langkah #2. Simpan (Save as) file notepad dengan file ekstensi .bat, contoh : "Show Hidden File.bat" (tanpa tanda kutip) kemudian pilih "All tipe" pada save as type. Setelah itu, klik "Save".

Langkah #3. Untuk menggunakannya, copy file tadi ke tempat dimana file/folder akan dimunculkan kembali. Lalu klik 2 kali file tersebut, tunggu dan lihat hasilnya. 2 Cara tersebut diatas bisa diterapkan pada Sistem Operasi Windows 7, 8 hingga 10.

4. Frequently Asked Questions (FAQ)

#Question : Apa yang bisa kita lakukan agar virus-virus tersebut tidak masuk ke dalam komputer/laptop?
#Answer : Caranya sangatlah mudah, cukup cari aplikasi antivirus gratis atau berbayar untuk dipasang kedalam komputer. Namun, setelah terpasang, jangan lupa sering-sering melakukan update/pembaruan terhadap antivirus tersebut, karena tanpa update antivirus tidak akan bekerja secara maksimal.

#Question : Lalu untuk apa sering melakukan pembaruan?
#Answer : Begini, hampir setiap hari orang-orang yang ahli dalam dunia pemprograman membuat virus baru yang kemudian dia sebar. Seketika virus tersebut sudah sampai kepada komputer anda, otomatis virus tersebut akan dengan mudahnya masuk kedalam komputer tanpa bisa dideteksi oleh antivirus.

Alasannya sangat sederhana, bahwa database untuk menangkal virus terbaru belum ada / belum tersedia pada antivirus tersebut.

#Question : Menurut admin, antivirus apa yang bagus?
#Answer : Menurut saya pribadi, semua antivirus sama bagusnya, tergantung dari kita sendiri mau menggunakan yang mana. Namun saya sarankan untuk menggunakan antivirus yang tidak terlalu membebani performa komputer. Misalnya Eset Nod32 Antivirus.

5. Saran dan Penutup

Usahakan jangan terlalu sering menyambungkan flashdisk / usb device lainnya ke komputer yang tidak anda yakini bahwa komputer tersebut bebas dari infeksi virus.

Demikian tutorial singkat mengenai "Bagaimana Cara Mengembalikan File / Folder Flashdisk Yang Disembunyikan oleh Virus". Semoga tutorial tersebut di atas, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Terima kasih, salam...!!!