Factory / Hard Reset Redmi Note 9 / Pro (Lupa Pola, Password)

AndroLite.com : Cara Mudah Factory / Reset Pabrik dan Hard Reset Xiaomi Redmi Note 9 / Pro (Lupa Password / PIN / Pola) - Sudah bukan rahasia lagi, smartphone besutan teranyar milik Xiaomi, yakni Redmi Note 9 dan Note 9 Pro saat ini telah banyak menyita perhatian masyarakat luas dan juga sukses meraih penjualan laris manis dipasaran.

Betapa tidak, ponsel yang resmi dirilis pada kuartal kedua tahun 2020 ini selain dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dan terjangkau, juga dibekali berbagai fitur-fitur canggih, modern dan mengemas spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan smartphone kompetitor lainnya.

Meskipun HP Redmi Note 9 / Pro ini dibekali berbagai fitur unggulan dan spesifikasi yang lebih mempuni, tetapi terkadang juga dilanda berbagai persamalahan, mulai dari hang, eror, aplikasi not responding / sayangnya aplikasi telah terhenti, lemot, performa tidak stabil, hingga masalah berat seperti lupa pola, PIN, password ataupun bootloop.

Baca juga: Cara Unlock Bootloader (UBL) Redmi Note 9 / Pro (Pro/Max) Metode Baru Tanpa Request

Nah, ketika kamu mendapati salah satu permasalahan tersebut, disarankan agar tidak panik. Karena masalah-masalah tersebut sejatinya bisa kamu atasi sendiri dengan mudah, termasuk salah satunya melakukan reset. Untuk reset ini sendiri, terbagi kedalam 2 metode, pertama factory atau reset pabrik dan kedua hard reset.

Untuk Reset pabrik ini sendiri, secara default tersedia di dalam menu pengaturan / settings, sedangkan hard reset hanya bisa dilakukan melalui menu recovery. Meski metodenya terpisah, tetapi memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda, dapat dilakukan dengan mudah oleh siapa saja dan juga tidak memerlukan bantuan aplikasi dari pihak ketiga.

Nah, bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana cara mereset Xiaomi Redmi 9 Series ini, berikut ini kami sajikan panduan lengkapnya yang diharapkan bisa menyelesaikan berbagai persamalahan yang sedang dialami oleh ponsel kamu.


1. Poin Penting Sebelum Reset Redmi Note 9 / Pro

Walaupun reset memiliki banyak manfaat, terutama untuk menormalkan kembali fungsi atau menstabilkan kinerja Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro, tetapi memiliki resiko tersendiri. Yaitu mengakibatkan semua data-data yang tersimpan di memori internal ponsel seperti kontak, aplikasi, foto, video dan sebagainya akan terhapus secara permanen.

Untuk itu, sebelum melakukan factory atau hard reset ponsel Redmi Note 9 / Pro kamu, sebaiknya BACKUP atau pindahkan semua data-data penting ke media penyimpanan eksternal terlebih dahulu. Seperti kartu memori SDCard, komputer (PC/Laptop), Google Drive dan lain sebagainya.

Selain itu, pastikan juga kamu telah mencatat email dan sandi gmail yang terpasang / sinkron dengan HP. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena biasanya pada saat ponsel selesai direset, maka ponsel akan kembali meminta memasukkan ulang email dan sandi email (FRP Lock Bypass) yang sebelumnya telah terpasang.

Jadi pastikan dua poin penting ini telah kamu lakukan sebelum melanjutkan ke proses reset.

Baca juga: 5 Cara Screenshot Xiaomi Redmi Note 9 / Pro (Pro/Max) Dengan atau Tanpa Tombol

2. Cara Reset Xiaomi Redmi Note 9 / Pro

Tidak jauh berbeda dengan cara reset smartphone Xiaomi pada umumnya, baik yang masih menjalankan Android Oreo 8.0, Pie 9.0 hingga yang paling baru saat ini Android Q 10.0, HP Redmi Note 9 / Pro juga mempunyai proses reset yang sama.

Hanya saja mungkin ada sedikit perbedaan dari segi tampilan, karena perangkat ini sudah berjalan pada OS Android teranyar dengan ROM MIUI 11. Untuk panduan lengkap bagaimana cara factory dan hard reset Redmi Note 9 / Pro ini, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

2.1. Factory / Reset Pabrik Xiaomi Redmi Note 9 / Pro

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah bukan menu "Pengaturan (Settings)".
  2. Di dalamnya, pilih "Pengaturan Tambahan (Additional Settings)".
  3. Lanjutkan dengan memilih "Cadangkan & Setel Ulang (Backup dan Reset)".
  4. Selanjutnya pilih opsi "Kembalikan ke Setelan Pabrik (Factory Data Reset)".
  5. Di jendela berikutnya, tap "Setel Ulang Telepon" yang ada di bagian paling bawah layar.
  6. Masukkan kata sandi (jika diminta) saat layar menampilkan halaman konfirmasi kata sandi.
  7. Ketika ponsel menampilkan Peringatan, tap opsi "Berikutnya / Hapus" untuk memulai proses reset.
  8. Tunggu sampai proses reset dilakukan. Bila sudah selesai, maka ponsel akan melakukan restart otomatis.
  9. Setelah ponsel kembali menyala, silahkan lakukan konfigurasi sampai masuk ke tampilan Home. Selesai.

Baca juga: Cara Memunculkan Opsi Pengembang (Developer Options) dan Aktifkan USB Debugging / OEM Unlock Semua HP Xiaomi

2.2. Hard Reset Xiaomi Redmi 9 Series

Dibandingkan dengan metode reset pabrik, hard reset lebih memiliki banyak fungsi, termasuk mengatasi bootloop (stuck di logo booting), mengatasi lupa kunci pola, password, PIN, mereset lebih bersih dan lain sebagainya.

Tetapi sebelum melakukan hard reset ini, pastikan baterai ponsel Redmi Note 9 atau Note 9 Pro kamu memiliki daya minimal 50%. Hal ini diperlukan agar pada saat proses reset dilakukan, ponsel tidak mati karena kehabisan daya baterai.

  1. Langkah pertama, silahkan nonaktifkan HP Redmi Note 9 / Pro kamu sampai mati total.
  2. Selanjutnya, masuk ke mode recovery dengan cara menekan tombol fisik "POWER + VOLUME ATAS" secara bersamaan.
  3. Ketika logo Redmi by Xiaomi muncul pada layar, lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Setelah "Main Menu Recovery" muncul, pilih "Wipe Data". Nah untuk memindahkan selector, gunakan tombol Volume Atas / Bawah.
  5. Ketika selector sudah berada pada opsi "Wipe Data", tekan tombol "POWER" untuk konfirmasi pilihan.
  6. Di tampilan selanjutnya, pilih "Wipe All Data" lalu tekan lagi tombol "POWER" untuk memilih opsi tersebut.
  7. Di tampilan peringatan "Confirm Wipe all Data", pindahkan selector ke opsi "Confirm", kemudian tekan lagi tombol "POWER".
  8. Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai dilakukan. Dalam hal ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 5 menit.
  9. Setelah reset selesai, maka akan muncul tampilan "Data wiped successfully" yang menandakan proses reset berhasil dilakukan.
  10. Langkah selanjutnya, tekan tombol "POWER" untuk kembali ke menu utama recovery Redmi Note 9 / Pro.
  11. Di menu utama, pilih opsi "Reboot > Reboot to System". Secara otomatis ponsel akan melakukan restart dan tunggu sampai menyala sempurna.
  12. Terakhir, silahkan lakukan pengaturan sampai masuk ke menu home atau layar utama. Selesai.

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa hard reset ini selain berguna untuk melakukan reset untuk mengembalikan kepengaturan awal, juga dapat menyelesaikan berbagai permasalah berat yang dialami oleh HP Redmi Note 9 / Pro, seperti lupa kunci pola / PIN / Password dan bootlop.

Tetapi untuk masalah bootloop sendiri, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua jenis bootloop bisa diatasi dengan cara melakukan hard reset. Hal ini disebabkan karena sistem operasi yang berjalan di dalamnya biasanya telah mengalami kerusakan. Dan untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu melakukan flash ulang firmwarenya.

Nah itulah panduan lengkap tentang bagaimana cara melakukan factory dan hard reset yang bisa kamu terapkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi pada ponsel Redmi Note 9, Note 9s, Note 9 Pro atau Pro Max milik kamu. Salam!