Download Resetter Epson L455 + Cara Reset 2024

AndroLite.com : Tutorial Cara Reset dan Download Resetter AdjProg Epson L455 versi Terbaru 2024 dan Cara Reset - Sejauh ini ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mereset Printer Epson L455. Pertama reset manual (tanpa aplikasi) dan kedua reset otomatis menggunakan software gratis bernama AdjProg (Adjustment Program) yang bisa kalian unduh secara gratis.

Alasan mengapa Epson L455 perlu direset adalah karena printer tidak mau mencetak yang ditandai oleh lampu indikator berkedip bergantian / bersamaan secara berulang serta munculnya nofitikasi di layar komputer, seperti "Ink waste is full", "service required" atau "Ink pad is at the end of its service live".

Beberapa faktor yang menjadi penyebab utamanya adalah biasanya disebabkan tinta meluber, cartridge tidak rapat atau kotor, tinta di dalam tabung habis, paper jam (kertas tertinggal di dalam roller), cetakan sudah mencapai batas maksimal (over print), sudah waktunya untuk direset dan lain sebagainya.

Download Resetter Epson L455

FileAdjprog.exe (Epson Adjustment Program)
Ukuran2,67 MB
Windows7, 8, 8.1, 10
Bit32bit / 64bit
PrinterEpson
SeriL445
DownloadAdjprog.exe

Cara Reset Epson L455

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa untuk mereset printer Epson L455 dapat dilakukan menggunakan dua metode, yakni manual dan otomatis. Namun sebelum melakukannya, sebaiknya lakukanlah pemeriksaan awal pada beberapa komponen-komponen yang mungkin menjadi penyebab utama terjadinya error.

Cek Penyebab Error Epson L455

  1. Cartridge - Pastikan cartridge printer telah terpasang rapat dan tintanya tidak meluber. Bila kotor silahkan lap sampai bersih menggunakan tissu.
  2. Tabung Tinta - Pastikan di dalam tabung masih terisi tinta, bila habis silahkan isi ulang. Periksa juga selang tinta dan pastikan tidak macet atau terjepit.
  3. Roller - Periksa roller printer dan pastikan tidak ada benda asing yang menghalangi atau terdapat kertas / robekan kertas yang tertinggal didalamnya.
  4. Kabel USB - Pastikan kabel USB yang menghubungkan antara komputer dengan printer tidak mengalami masalah.

Setelah melakukan pemeriksaan awal, namun printer Epson L455 masih tidak dapat mencetak, mungkin sudah saatnya untuk melakukan reset total. Tujuannya adalah untuk mengembalikan semua konfigurasi ke posisi semula dan membersihkan sisa-sisa data yang tersimpan di dalam chipset printer.

Reset Epson L455 Manual

Salah satu metode yang paling mudah dilakukan untuk mereset Epson L455 adalah menggunakan manual tanpa membutuhkan software apapun. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Cabut kabel daya selama 3 sampai 5 menit.
  2. Colok kembali kabel daya kemudian nyalakan printer.
  3. Setelah itu, tekan & tahan tombol Resume selama 5 detik, lalu lepaskan.
  4. Tekan & tahan lagi tombol Resume selama 3 detik, lalu lepaskan.
  5. Sesaat setelahnya, printer akan melakukan reset otomatis. Tunggu sampai selesai.
  6. Jika berhasil, maka lampu indikator akan berhenti berkedip.
  7. Untuk memastikan printer sudah normal, silahkan cetak beberapa dokumen.
  8. Selesai.
Bila reset manual Epson L455 masih belum berhasil, silahkan coba lakukan reset otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program / Adjprog.

Reset Epson L455 Otomatis

  1. Pertama, silahkan Download Resetter Adjustment Program Epson L455 di atas lalu ekstrak menggunakan 7-Zip / WinRar.
  2. Jalankan aplikasi Adjustment Program dengan meng-klik 2X pada icon Adjprog.exe atau bisa juga menjalankannya secara run as administrator.
  3. Berikutnya, klik Particular Adjustment Mode >> Waste ink pad counter lalu klik OK.
  4. Di jendela berikutnya, Centang pada Main pad counter. Setelah itu klik Check.
  5. Centang lagi pada Main pad counter lalu klik tombol Initialize. Tunggu sampai proses reset Epson L455 selesai dilakukan.
  6. Setelah itu, bila pada layar komputer telah menampilkan notifikasi "Please Turn On and Turn Off your printer", maka silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer.
  7. Bila berhasil maka lampu indikator akan berhenti berkedip. Nah pada tahap ini silahkan cetak beberapa dokumen untuk memastikan apakah printer sudah berjalan normal ataukah tidak. Selesai.

Solusi Gagal Reset Epson L455

Bila gagal melakukan reset, berikut beberapa solusi yang mungkin bisa membantu mengatasi masalah error pada printer Epson L455.
  1. Lepas kedua cartridge kemudian bersihkan.
  2. Bersihkan busa tempat cartridge berhenti hingga kering. Disarankan menggunakan tissu.
  3. Sedot sisa tinta di dalam tabung pembuangan (bila bisa kalian buka).
  4. Pastikan roller tidak terhalang benda asing atau sisa kertas.
  5. Cabut kabel power sekitar 3 menit sebelum melakukan reset.
  6. Pastikan selang tinta tidak menghalangi jalur cartridge.
  7. Pastikan pemasangan cartridge warna dan hitam tidak tertukar.
Jika masih error setelah mencoba beberapa solusi di atas, mungkin sudah saatnya printer kalian dibawa ke service center terdekat yang ada di kota kalian.

Nah, itulah tutorial Cara reset Epson L455 secara manual dan otomatis pada kesempatan kali ini. Semoga panduan di atas bisa menyelesaikan masalah / error pada printer kalian. Terima kasih telah berkunjung ke situs kami, salam!