Download GRATIS Resetter Epson L405 + Cara Reset Manual / Otomatis

AndroLite.com - Artikel pada kali ini, akan membahas secara lengkap dan detail tentang bagaimana cara reset printer Epson L405 secara manual (tanpa software) dan reset otomatis menggunakan aplikasi resetter Adjustment Program (AdjProg.exe) terbaru, plus link download secara gratis.

Printer Epson L405 sendiri merupakan sebuah Printer jenis Ink Tank (Inkjet) All-in-One atau Multifungsi yang selain dapat mencetak dokumen, juga dapat dijadikan sebagai mesin scanner atau mesin foto copy. Saat ini, printer Epson L405 dijual dengan harga murah dan terjangkau, yakni sekitar Rp2,7 hingga Rp3,3 juta.

Layaknya printer Espon pada umumnya, terkadang Epson L405 juga sering mengalami berbagai masalah / error yang menyebabkan printer tidak mau mencetak, melakukan scan hingga tidak bisa menjalankan fungsi sebagai mesin foto copy. Dalam hal ini biasanya ditandai dengan lampu indikator tinta / kertas berkedip secara bersamaan atau bergantian tanpa henti.

Selain itu, pada layar komputer juga akan muncul berbagai pesan error, misalnya 'service required', 'Ink pad is at the end of its service live', 'it is nearly time to reset the ink levels', 'it is time to reset the ink levels', 'Ink waste is full', 'Part Inside Your Printer Are At The End Of Their Life' atau pesan error lainnya.

Baca juga: Download Resetter Epson L3100, L3110, L3150 + Cara Reset

Nah, ketika muncul salah satu pesan error tersebut atau lampu indikator tinta atau kertas selalu berkedip secara bergantian / bersamaan, maka saya sarankan agar kalian jangan panik. Karena hal tersebut bisa saja merupakan permasalahan ringan saja yang bisa kalian tangani sendiri tanpa harus membawanya ke tukang service.

Setidaknya ada tiga cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya. Pertama memeriksa beberapa bagian atau komponen printer yang bisa saja menjadi penyebab utama terjadinya error, kedua melakukan reset manual tanpa menggunakan software, dan yang ketiga adalah dengan melakukan reset otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program atau Adjprog.exe.


1. Periksa Penyebab Error Epson L405

Salah satu bagian yang dapat menyebabkan printer Epson L405 bermasalah adalah pada bagian komponen-komponen printer itu sendiri. Seperti cartdrige, roller, tabung dan selang tinta, ink pad atau tabung pembuangan tinta dan lain sebagainya.

  1. Cartridge - Pastikan kodisi cartdridge masih berfungsi dengan baik / tidak rusak dan sudah terpasang rapat dan baik. Bersihkan juga apabila terdapat tinta yang meluber menggunakan tissu. Sedot sisa tinta yang ada di dalamnya hingga bersih.
  2. Ink Pad - Ink pad atau Tabung pembuangan sisa tinta (Vacum) juga merupakan salah satu bagian yang paling sering bermasalah, terutama ketika saat sudah penuh. Untuk itu, silahkan periksa bagian ini kemudian sedot semua tinta buangan yang tertinggal hingga bersih.
  3. Roller - Roller adalah tempat keluarnya kertas yang apabila kotor atau terhalang oleh benda-benda asing, seperti kertas, robekan kertas, dan sebagainya maka printer tidak akan mau mencetak. Untuk itu pastikan bagian ini bersih dari kotoran.
  4. Tabung dan Selang Tinta - Periksa tabung tinta printer. Pastikan bagian ini masih memiliki / terisi tinta, baik yang warna ataupun hitam. Jika habis, silahkan isi ulang kembali. Selain itu, periksa juga bagian selang yang menghubungkan tabung dengan cartridge. Pastikan tidak terlipat atau macet.

Setelah kalian memeriksa bagian-bagian tersebut di atas dan ternyata printer Epson L405 masih berkedip / error, maka disarankan agar sebaiknya melakukan reset total. Baik itu secara manual maupun otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program (Adjprog).

Baca juga: Download Resetter Epson L130, L220, L310, L360, L365 dan Cara Reset

2. Cara Reset Manual Epson L405 Tanpa Aplikasi

Salah satu cara paling mudah dan cepat untuk mereset Epson L405 adalah dengan cara melakukan reset secara manual. Cara ini merupakan salah satu cara terbaik untuk melakukan reset, karena selain tidak membutuhkan aplikasi, juga sangat mudah dan cepat untuk diterapkan sendiri.

Nah untuk tutorial lengkap bagaimana cara reset manual Epson L405 tanpa aplikasi ini, bisa kalian lihat langkah-langkahnya di berikut ini.

  1. Pertama, silahkan lepas kabel daya selama kurang lebih 3-5 menit atau sampai daya listrik yang tersimpan di dalam printer sudah habis.
  2. Setelah itu, colok / hubungkan kembali kabel daya tersebut, lalu nyalakan kembali.
  3. Setelah printer menyala sempurna, tekan lalu tahan tombol RESUME (logo tinta) selama 5 detik. Setelah itu lepaskan.
  4. Tekan dan tahan lagi tombol RESUME selama 3 detik. Setelah itu lepaskan.
  5. Bila sudah, printer dengan sendirinya akan melakukan reset. Silahkan tunggu prosesnya selesai.
  6. Saat proses reset manual berhasil, maka lampu indikator (resume atau tinta/kertas) akan berhenti berkedip dan kembali normal (berwarna hijau tanpa berkedip).
  7. Untuk memastikannya, silahkan cetak dokumen. Selesai.

3. Cara Reset Otomatis Epson L405 Menggunakan Resetter

Apabila reset manual di atas juga masih belum bisa mengatasi masalah pada printer Epson L405 kalian, sebaiknya lakukan reset otomatis menggunakan tool khusus bernama Resetter Adjustment Program. Nah, untuk link download gratis dan tutorial cara pemakaiannya, bisa kalian lihat berikut ini.

3.1. Download Gratis Resetter Adjustment Program Epson L405

PrinterEpson L405
FileAdjustment Program (Adjprog.exe)
NameResetter_Epson_L405.zip
Ukuran5,84MB
Windows7, 8, 8.1, 10 (32bit/64bit)


Catatan Penting : Sebelum mengunduh file Resetter Epson L405, silahkan matikan terlebih dahulu Antivirus komputer kalian (jangan khawatir, karena file ini bukan virus).
Disclaimer : Segala bentuk file unduhan yang ada di situs AndroLite.com hanya merupakan bahan edukasi. Resiko yang mungkin ditimbulkan, silahkan tanggung sendiri (Do With Your Own Risk).

Baca juga: Download Resetter Epson L110, L210, L300, L350, L355 dan Cara Reset

3.2. Cara Menggunakan Resetter Adjprog Epson L405

  1. Pertama, silahkan ekstrak file zip / rar resetter Epson L405 yang telah kalian unduh menggunakan aplikasi Winrar / 7-Zip.
  2. Bila sudah, jalankan aplikasi tersebut dengan cara mengeklik 2 kali pada file AdjProg.exe.
  3. Pada aplikasi resetter, silahkan klik [Particular Adjustment Mode].
  4. Pada jendela selanjutnya, klik [Waste ink pad counter] lalu [OK].
  5. Tahap berikutnya, Centang pada bagian [Main pad counter] lalu klik tombol Check. Tunggu beberapa saat sampai proses pemeriksaan main pad counter selesai dilakukan.
  6. Bila sudah, Centang kembali pada [Main pad counter] kemudian lklik tombol Initialize. Sekali lagi tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai dilakukan.
  7. Setelah proses reset telah selesai dilakukan, maka akan muncul sebuah kotak dialog kecil pada layar komputer yang menampilkan pesan "Please Turn Off and Turn On your printer". Nah, pada tahap ini, silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer Epson L405 kalian.
  8. Bila reset berhasil dilakukan, maka lampu indikator tinta ataupun kertas akan berhenti berkedip dan menyala dengan normal seperti biasanya. Selesai.

Baca juga: Download Resetter Canon MP287 MP258 MP237 iP2770 + Cara Reset

Apabila kalian sudah mencoba ketiga cara di atas, tetapi masih gagal juga, mungkin sudah saatnya printer Epson L405 kalian dibawa service center atau tukang service printer yang ada di kota kalian untuk penanganan lebih lanjut.

Nah, itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara reset manual / otomatis menggunakan resetter Adjustment Program Epson L405 pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga panduan kali ini bisa mengatasi masalah yang sedang dialami oleh printer Epson L405 kalian. Terima kasih telah berkunjung, Salam!