Download Resetter Epson L805 + Cara Reset 2024

AndroLite.com - Postingan kali ini, kita akan membahas tentang Bagaimana cara Reset Manual dan Otomatis Printer Epson L805 menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program / AdjProg Terbaru 2024. Sudah sebuah hal yang wajar jika Printer Epson L805 sering mengalami masalah / error (tidak mau mencetak dokumen) yang ditandai dengan berkedipnya lampu indikator pada tombol tinta / kertas secara bergantian / bersamaan serta munculnya peringatan "it is nearly time to reset the ink levels" atau "it is time to reset the ink levels" pada layar komputer.

Kondisi seperti ini, biasanya disebabkan oleh Waste Ink Pad Counter telah penuh dan perlu ditangani dengan cara meresetnya secara total atau mengembalikannya keposisi awal menjadi nol persen (0%). Untuk mereset printer Epson L805 sendiri, dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan cara reset manual dan kedua reset otomatis menggunakan Tool Resetter Adjprog Epson.

Resetter Adjprog atau yang biasa dikenal sebagai Adjustment Program sendiri merupakan sebuah program / software / aplikasi gratis yang berfungsi untuk mereset waste ink pad counter secara total (nol persen) dengan mudah, cepat dan praktis. Jadi dengan tool resetter ini, kalian tidak perlu membawa printer Epson L805 ke service center sehingga lebih menghemat waktu, biaya dan tenaga anda.

Baca juga: Download Kumpulan Resetter Adjustment Program Epson L Series

Resetter Adjprog selain dapat menangani masalah "it is nearly time to reset the ink levels", "it is time to reset the ink levels" yang muncul pada layar komputer (laptop/PC) juga dapat mengatasi peringatan lainnya. Seperti "service required", "Ink waste is full", "Ink pad is at the end of its service live", "Part Inside Your Printer Are At The End Of Their Life" dan sebagainya.
Nah, sesuai judul postingan kali ini, AndroLite.com selain akan memberikan panduan lengkap tentang bagaimana cara mereset Epson L805 secara manual dan otomatis, juga akan menyediakan link download secara gratis untuk mendapatkan Resetter Adjustment Program.


1. Cara Reset Manual Epson L805

Bila kalian tidak / belum memiliki resetter adjustment program untuk printer Epson L805, kalian bisa mereset waste ink pad counter secara manual (tanpa aplikasi apapun). Nah untuk melakukannya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Lepas atau cabut kabel daya selama kurang lebih 3 sampai 5 menit, atau kira-kira daya listrik yang tersimpan di dalam printer telah habis.
  2. Selanjutnya, colok / hubungkan kembali kabel daya ke sumber listrik kemudian nyalakan kembali printer, lalu tunggu sampai printer menyala sempurna.
  3. Bila telah menyala, tahap berikutnya tekan dan tahan tombol RESUME (logo tinta) selama kurang lebih 5 detik, lalu lepaskan.
  4. Selanjutnya, tekan dan tahan kembali tombol RESUME selama 3 detik, lalu lepaskan.
  5. Bila sudah, printer dengan sendirinya akan melakukan proses reset yang biasanya memerlukan waktu sekitar 30 detik sampai 1 menit.
  6. Saat proses reset manual berhasil dilakukan, maka lampu resume atau tinta/kertas akan berhenti berkedip.
  7. Nah, pada tahap ini printer sudah berhasil tereset dan sudah bisa digunakan. Selesai.

2. Cara Reset Otomatis Epson L805

Apabila reset secara manual telah dilakukan, tetapi masih belum juga mengatasi error yang terjadi pada printer Epson L805 kalian, maka sebaiknya silahkan lakukan reset secara otomatis menggunakan Resetter Adjustment Program Epson. Untuk link unduh aplikasi dan tutorialnya, bisa kalian simak berikut ini.

2.1. Download Gratis Resetter Epson L805

PrinterEpson L805
FileAdjustment Program (Adjprog.exe)
Ukuran4,08 MB
SupportWindows 7, 8, 8.1, 10 (32bit/64bit)
Downloadvia Github | via Google Drive
Catatan Penting : Sebelum mengunduh file Resetter Epson L805 di atas, silahkan matikan terlebih dahulu Antivirus komputer kalian (jangan khawatir, karena file ini bukan virus).
Disclaimer : Segala bentuk file unduhan yang ada di situs AndroLite.com hanya merupakan bahan edukasi. Resiko yang mungkin ditimbulkan, silahkan tanggung sendiri (Do With Your Own Risk).

Baca juga: Download Gratis Resetter dan Cara Reset Epson L3100, L3110, L3001, L3150

2.2. Cara Menggunakan Resetter Epson L805

  1. Pertama, silahkan jalankan aplikasi Resetter Adjprog.exe Epson L805. Di jendela awal, pilih [Particular Adjustment Mode].
  2. Pada halaman selanjutnya, pilih [Waste ink pad counter] kemudian lanjutkan dengan mengeklik [OK].
  3. Di jendela berikutnya, silahkan Centang [Main pad counter] dan [Platen pad counter] lalu lanjutkan dengan mengeklik tombol Check. Tunggu beberapa saat sampai proses pemeriksaan selesai dilakukan.
  4. Bila sudah selesai, Centang kembali [Main pad counter] dan [Platen pad counter]. Setelah itu, klik tombol Initialize untuk memulai proses reset Epson L805. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  5. Bila sudah selesai, akan muncul sebuah dialog kecil pada layar komputer yang menampilkan pesan "Please Turn Off and Turn On your printer". Nah, pada tahap ini, silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer kalian.
  6. Bila proses reset berhasil, maka lampu Power / Resume akan menyala dengan normal atau sudah tidak berkedip lagi. Untuk memastikannya, silahkan cetak sebuah dokumen apa saja. Selesai.

Baca juga: Cara Atasi CANON The Following Ink May Have Run Out

3. Solusi Gagal Reset Epson L805

Apabila lampu indikator tinta / kertas pada printer Epson L805 masih berkedip atau masih tidak mau mencetak, sebaiknya periksa beberapa bagian komponen-komponen printer yang bisa jadi menjadi penyebab utamanya.

  1. Cartridge - Lepas cartridge kemudian sedot sisa tinta yang tertinggal di dalamnya, setelah itu bersihkan. Bila kalian memiliki cairan head cleaner, maka silahkan semprotkan pada nozzle cartidge secara perlahan.
  2. Tabung Pembuangan Tinta (Vacum) - Sedot semua sisa tinta buangan yang terdapat di dalam tabung pembuangan hingga bersih (untuk bagian ini, silahkan cari tutorialnya di youtube).
  3. Roller - Buka penutup / cover printer kemudian periksa rollernya (tempat keluarnya kertas). Pastikan tidak benda-benda asing, seperti robekan kertas dan sebagainya di dalamnya.
  4. Tabung Tinta - Pastikan tabung masih memiliki tinta di dalamnya. Jika habis, silahkan isi ulang kembali. Pastikan juga selang tinta tidak terlipat atau macet.
  5. Sebelum Reset - Sebelum melakukan reset, baik secara manual maupun otomatis, lepas kabel daya terlebih dahulu selama 3-5 menit atau sampai daya listrik yang tersimpan di printer telah habis.

Nah, ketika kalian telah melakukan 5 tips di atas namun printer masih error juga, mungkin sebaiknya periksakan langsung printer Epson L805 ke service center terdekat yang ada di tempat kalian untuk penanganan lebih lanjut.

Itulah tutorial lengkap tentang bagaiamana cara mereset printer Epson L805 plus link unduh gratis aplikasi resetter adjustment program / adjprog.exe pada kesempatan kali ini. Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung, Salam!