Resetter Epson XP-102, XP-202, XP-402 + Cara Reset 2024

AndroLite.com : Download Gratis Resetter Adjustment Program (AdjProg.exe) Epson Expression Home XP-102/202/402 Terbaru 2024 dan Cara Reset Manual / Otomatis - Selain resetter printer Epson L Series yang telah kami bagikan secara gratis sebelumnya, pada kesempatan kali ini kami juga akan membagikan kepada kalian Resetter Adjustment Program khusus printer Epson Expression Home seri XP-102, XP-202, XP-402 dan XP-30 yang juga bisa kalian unduh secara gratis pula.

Bukan hanya itu saja, dari ketiga Resetter Adjustment Program Epson Expression Home tersebut di atas, kentungan utamanya adalah telah terangkum dalam 1 aplikasi saja. Jadi kalian tidak perlu repot-repot lagi mencari kesana kemari. Atau dengan kata, kalian hanya memerlukan satu jenis resetter epson saja untuk 3 seri printer, yakni seri XP-102, XP-30, XP-202, XP-402 hingga seri ME-301.

Fungsi dari resetter AdjProg.exe ini sendiri adalah untuk melakukan reset terhadap printer Epson yang sedang mengalami berbagai jenis permasalah. Misalnya lampu indikator tinta/kertas berkedip bergantian/bersamaan (blinking ink and paper light) tanpa henti atau muncul pesan-pesan seperti "it is nearly time to reset the ink levels, it is time to reset the ink levels, Ink waste is full, service required" dan sejenisnya.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut di atas, bagi kalian yang sedang mengalami permasalahan pada printer Epson seri XP-102/202/402 dan sedang mencari solusi untuk mengatasinya, berikut ini kami sajikan panduan lengkapnya. Mulai dari cara reset manual, hingga reset otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program (AdjProg.exe).

1. Ciri-Ciri Epson XP-102/XP-202/XP-402/XP-30 Perlu Direset

Ada beberapa tanda-tanda yang sering muncul ketika Printer Epson XP-102/202/402 sedang bermasalah dan memerlukan tindakan reset. Dalam hal ada dua tanda-tandanya. Pertama, yaitu muncul kedipan lampu indikator power/resume dan tinta/kertas berkedip bergantian atau bersamaan secara terus menerus pada printer (contohnya seperti gambar berikut).

Tanda-tanda kedua adalah muncul berbagai pesan / notifikasi pada layar monitor komputer (PC/Laptop) yang isinya bermacam-macam. Contohnya seperti berikut:

  1. it is nearly time to reset the ink levels
  2. it is time to reset the ink levels
  3. Ink waste is full
  4. service required
  5. Ink pad is at the end of its service live

Nah, ketika tanda-tanda tersebut diatas muncul, kalian tidak usah panik ataupun langsung membawanya ke tukang service. Karena masalah tersebut di atas bisa dengan mudah kalian tangani sendiri, yaitu cukup melakukan Reset. Baik itu secara manual ataupun otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program (AdjProg).

Baca juga: Download Kumpulan Resetter Adjustment Program Epson L Series

2. Cara Reset Epson XP-102, XP-202, XP-402, XP-30

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa salah satu cara terbaik untuk menormalkan kembali fungsi printer Epson XP-102/XP-202/XP-402/XP-30 adalah dengan cara melakukan reset secara manual maupun otomatis.

Reset bertujuan untuk mereset semua data-data (cache) yang telah disimpan oleh chip printer kembali normal (sedia kala / default). Salah contohnya adalah mereset Waste Ink Pad Counter yang sudah penuh, jumlah cetakan kertas telah mencapai batas maksimal, dan sebagainya.

2.1. Reset Manual (Tanpa Aplikasi)

  1. Cabut kabel daya sekitar 3-5 menit.
  2. Colok kembali kabel daya, kemudian nyalakan kembali.
  3. Setelah menyala sempurna, selanjutnya tekan dan tahan tombol RESUME (logo tinta) sekitar 5 detik, lalu lepaskan.
  4. Setelah itu, tekan dan tahan lagi tombol RESUME selama 3 detik, lalu lepaskan.
  5. Bila sudah, tunggu hingga printer melakukan proses reset.
  6. Tunggu hingga proses resetnya selesai yang membutuhkan waktu 1-2 menit.
  7. Saat reset berhasil, maka lampu indikator (resume atau tinta/kertas) akan berhenti berkedip dan kembali menyala normal.
  8. Selesai. Untuk memastikan keberhasilan resetnya, cobalah dokumen kalian.

Apabila proses reset manual tersebut di atas masih belum menyelesaikan permasalahan pada printer Epson XP-102, XP-202, XP-402, XP-30 maupun ME-301 kalian, sebaiknya cobalah cara reset otomatis menggunakan aplikasi Resetter AdjProg.exe berikut ini.

2.2. Reset Otomatis Menggunakan Resetter AdjProg.exe

Sebelum lanjut ke proses reset otomatisnya, kalian harus mengunduh aplikasi resetter Adjustment Program (AdjProg.exe). Dan untuk mendapatkannya, kalian tinggal download aplikasinya di bawah ini secara gratis (free).

2.2.1. Download Gratis Resetter Epson XP-102/202/402/30

PrinterEpson Expression Home
SeriXP-102, XP-202, XP-402, XP-30, ME-301
FileAdjustment Program (Adjprog.exe)
Ukuran974 KB
Windows7, 8, 8.1, 10 (32/64bit)
LinkDownload
Catatan Penting : Sebelum mengunduh file Resetter Epson XP-102/202/402, silahkan matikan terlebih dahulu Antivirus komputer kalian (jangan khawatir, karena file ini bukan virus).
Disclaimer : Segala bentuk file unduhan yang ada di situs AndroLite.com hanya merupakan bahan edukasi. Resiko yang mungkin ditimbulkan, silahkan tanggung sendiri (Do With Your Own Risk).

Baca juga: Download Resetter + Cara Reset Canon MP287, MP258, MP237, iP2770

2.2.2. Cara Reset Menggunakan Resetter AdjProg

  1. Pertama, silahkan ekstrak file resetter menggunakan aplikasi 7Zip ataupun WinRar.
  2. Setelah itu, jalankan aplikasi Resetter Adjprog.exe dengan cara mengkliknya 2X.
  3. Ditampilan awal aplikasi, pilih [Select].
  4. Setelah itu, pada bagian Model Name, pilih seri printer yang kalian gunakan. Setelah itu lalu klik [OK].
  5. Lanjutkan lagi dengan memilih [Particular Adjustment Mode].
  6. Setelah itu pilih [Waste ink pad counter], kemudian [OK].
  7. Silahkan Centang [Main pad counter] dan [Platen pad counter], lalu pilih [Check].
  8. Centang kembali [Main pad counter] dan [Platen pad counter] kemudian klik tombol [Initialize].
  9. Tunggu hingga proses resetnya selesai dilakukan.
  10. Bila sudah, pada layar komputer akan muncul sebuah dialog kecil yang berisikan pesan "Please Turn Off and Turn On your printer". Nah, pada tahap ini, silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer kalian.
  11. Bila proses reset berhasil dilakukan, maka lampu Power / Resume Printer akan menyala dengan normal atau sudah tidak berkedip lagi. Selesai.

Baca juga: Download Gratis Resetter dan Cara Reset Epson L3100, L3110, L3001, L3150

4. Solusi Gagal Reset Epson XP-102/XP-202/XP-402/XP-30

Ketika kalian masih gagal melakukan reset dan printer kalian masih bermasalah / masih tidak bisa mencetak dokumen, cobalah untuk memeriksa beberapa komponen-komponen yang mungkin menjadi salah satu penyebab utamanya. Diantaranya :

  1. Cartridge - Cobalah lepas cartridge terlebih dahulu kemudian bersihkan. Setelah itu pasang kembali, lalu nyalakan kembali printer.
  2. Tabung Pembuangan Sisa Tinta (Vacum) - Cobalah memeriksa bagian tabung periksa Tabung Pembuangan Sisa Tinta (Vacum). Bila penuh, silahkan sedot sisa tinta yang terdapat di dalamnya sampai bersih.
  3. Roller - Pastikan roller (tempat keluarnya kertas) tidak terhalang oleh benda-benda asing, seperti robekan kertas, besi dan benda-benda asing lainnya. Jika ada, silahkan bersihkan hingga bersih.
  4. Tabung Tinta - Pastikan tabung masih memiliki tinta di dalamnya. Jika habis, silahkan isi ulang kembali. Selain itu, periksa juga selang tinta jangan sampai terlipat, terjepit ataupun macet.
  5. Kabel Daya - Cobalah Cabut kabel daya selama kurang lebih 3 menit sebelum melakukan reset.
  6. Lain-Lain - Selain 4 komponen di atas, kalian juga bisa memeriksa beberapa bagian penting lainnya yang kalian rasa menjadi penyebabnya. Misalnya, kabel USB, busa tinta (tempat berhentinya cartridge saat sedang tidak digunakan), dan sebagainya.

Nah, setelah kalian memeriksa komponen-komponen tersebut di atas, cobalah untuk melakukan reset kembali. Tetapi masih gagal juga, jalan terakhir yang bisa kalian lakukan adalah membawanya ke tukang service printer terdekat di kota kalian ataupun menggantinya dengan yang baru.

Nah demikianlah tutorial lengkap tentang bagaimana cara mereset printer Epson Expression Home XP-102, XP-202, XP-402, XP-30, ME-301 secara manual dan otomatis menggunakan aplikasi resetter Adjustment Program (AdjProg.exe pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih dan Salam!