Download Resetter Epson L1800 dan Cara Reset

Cara Reset + Download Resetter Epson L1800 Gratis - Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam penggunaan sehari-hari, printer Epson L1800 terkadang tidak bisa digunakan mencetak yang ditandai oleh lampu tinta dan kertas berkedip bersamaan atau bergantian.

Biasanya bila hal tersebut terjadi, juga akan muncul sebuah notifikasi pada layar komputer (PC/Laptop) bertuliskan 'service required', 'Ink waste Is Full' atau 'Ink Pad Is At the End Of Its Service Live'.

Nah, hal tersebut terkadang disebabkan oleh tinta di dalam tabung habis, cetakan telah mencapai batas maksimum (over print), cartridge kotor (meluber) / tidak rapat / rusak, paper jam (ada kertas / kotoran tertinggal di dalam roller) dan lain sebagainya.

Untuk mengatasinya, setidaknya ada tiga buah solusi yang bisa dilakukan. Pertama memeriksa bagian-bagian printer yang sering mengalami masalah, kedua melakukan reset Manual dan yang ketiga reset Otomatis menggunakan software AdjProg / adjustment program.

Nah, bagi kalian yang masih awam soal menangani printer Epson L1800 yang sedang mengalami error dan butuh panduan dalam menanganinya, berikut tutorial lengkapnya.

Periksa Penyebab Error Epson L1800

Sebelum melangkah ke proses reset, ada baiknya bila kalian memeriksa beberapa komponen printer terlebih dahulu yang bisa jadi menjadi penyebab utama terjadinya lampu indikator terus berkedip secara bergantian / bersamaan.
  1. Periksa Tabung Tinta - Pastikan tinta dalam tabung printer masih ada. Bila habis silahkan lakukan isi ulang. Selain itu, periksa juga selang yang menghubungkannya ke cartridge jangan sampai terjepit atau macet.
  2. Periksa Cartridge - Bersihkan cartridge printer bila kotor / tintanya meluber. Pastikan juga cartridge tersebut telah terpasang dengan baik (sudah rapat / tidak tertukar).
  3. Periksa Roller - Lihat pada bagian roller printer, pastikan tidak ada kertas yang tertinggal (paper jam) atau terdapat benda asing yang terjepit didalamnya.
  4. Periksa Kabel USB - Pastikan kabel USB yang mengubungkan antara printer dengan PC sudah terpasang dengan baik (tidak bermasalah atau goyang).
Bila masih tidak dapat digunakan, sebaiknya printer Epson L1800 kalian direset, baik secara Manual (tanpa aplikasi) maupun menggunakan aplikasi Adjustment Program.

Reset ini bertujuan untuk mengemalikan semua konfigurasi / pengaturan ke posisi awal (seperti baru) atau mereset jumlah maksimal cetakan, menormalkan kembali ink pad dan sebagainya.

Reset Epson L1800 Manual


  1. Cabut kabel daya selama kurang lebih 3 sampai 5 menit.
  2. Colok kembali kabel power lalu nyalakan printer dengan menekan tombol Power.
  3. Setelah itu, tekan & tahan tombol Resume selama 5 detik, lalu lepaskan.
  4. Tekan & tahan lagi tombol Resume selama 3 detik, setelah itu lepaskan.
  5. Bila sudah, printer biasanya akan melakukan proses reset otomatis.
  6. Bila berhasil, maka lampu indikator akan berhenti berkedip (kembali normal) dan siap digunakan.
  7. Untuk memastikannya, silahkan cetak dokumen apa saja.
  8. Selesai.
Bila printer Epson L1800 masih belum dapat mencetak setelah reset manual, sebaiknya lakukan reset otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program / Adjprog.

Cara Reset Otomatis Epson L1800 Menggunakan Resetter Adjprog

NamaEpson Adjustment Program
FileAdjprog_L1800.exe
Ukuran2,21 MB
Windows7, 8, 8.1, 10
Bit32bit / 64bit
PrinterEpson
SeriL1800
DownloadDownload | Alternatif
Step #1 - Download Resetter Adjprog Epson L1800 di atas, lalu ekstrak filenya. Baik itu menggunakan aplikasi WinRar, 7-Zip ataupun aplikasi sejenisnya.

Step #2 - Jalankan aplikasi Adjustment Program dengan cara klik 2X pada icon Adjprog Epson L1800.exe atau bisa juga cara klik kanan >> run as administrator.

Step #3 - Klik Select lalu pada kolom Model Name pilih seri printer L1800. Sementara untuk Port USB sebaiknya pilih Auto Selection, setelah itu klik OK.

Step #4 - Klik pada bagian Particular Adjustment Mode >> Waste ink pad counter lalu OK.

Step #5 - Di jendela berikutnya, Centang pada bagian Main pad counter kemudian klik Check untuk melihat informasi terkait data printer atau bisa juga men-skip langkah ini.

Step #6 - Centang lagi pada Main pad counter dan XX colums side ink pad conter (bila muncul) kemudian kilik Initialization. Tunggu hingga proses reset Epson L1800 selesai dilakukan.

Step #7 - Bila sudah, aplikasi akan menampilkan notifikasi "Please Turn On dan Turn Off your printer". Nah pada tahap ini, silahkan matikan printer lalu nyalakan kembali.

Step #8 - Terakhir, untuk memastikan apakah printer sudah normal silahkan cetak dokumen. Selesai.

Bila reset otomatis di atas juga sudah kalian gunakan namun printer Epson L1800 masih tidak dapat digunakan, berarti masalahnya ada pada bagian mesin atau komponen yang sulit dijangkau. Untuk itu sebaiknya bawa ke service center yang ada di tempat kalian.

Itulah panduan tentang Bagaimana Cara Reset Manual dan Otomatis (Adjustment Program) Epson L1800 pada kesempatan kali ini. Semoga tutorial tersebut di atas bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih telah berkunjung, salam!