Download Resetter Epson L1300 + Cara Reset Terbaru 2024

AndroLite.com : Download Resetter Epson L1300 + Cara Reset Terbaru 2024 - Ada beberapa penyebab utama mengapa printer Epson L1300 Ink Tank mengalami error atau tidak mau melakukan pencetakan dokumen apapun yang ditandai dengan adanya kedip bergantian / bersamaan (blinking ink and paper light) pada lampu indikator tinta / kertas / resume secara terus menerus. Diantaranya karena cartidge bermasalah, roller kotor, ink pad counter sudah penuh, dan sebagainya.

Selain munculnya peringatan blinking pada lampu indikator printer, pada layar komputer juga akan muncul berbagai pesan error. Seperti "it is nearly time to reset the ink levels", "error service required", "it is time to reset the ink levels", "Ink pad is at the end of its service live", "Ink waste is full", "Part Inside Your Printer Are At The End Of Their Life" dan sebagainya. Contohnya seperti gambar berikut ini.

Nah, ketika printer Epson L1300 kalian bermasalah, maka saya sarankan agar kalian jangan panik apalagi langsung membawanya ke tukang service. Karena hal ini bisa saja merupakan permasalahan ringan yang bisa kalian tangani sendiri dengan gampang dan cepat.

Untuk menangani hal tersebut, setidaknya ada tiga buah solusi yang bisa kalian lakukan. Pertama memeriksa beberapa komponen printer yang kerap menjadi faktor utama penyebab error, kedua melakukan reset manual tanpa aplikasi, dan ketiga dengan cara melakukan reset total / otomatis menggunakan tool / aplikasi gratis bernama Resetter Adjustment Program atau Adjprog.exe.


Baca juga: Download Kumpulan Resetter Adjustment Program Epson L Series

#1. Periksa Penyebab Error Epson L1300

Ada berbagai macam penyebab mengapa lampu indikator tinta / kertas pada printer Epson L1300 berkedip bergantian atau bersamaan dan diikuti oleh printer tidak mau mencetak dokumen apapun, termasuk diantaranya oleh hardware printer epson L1300 itu sendiri. Seperti cartridge sudah rusak atau perlu dibersihkan, paper jam, roller macet, tabung tinta bermasalah, ink pad atau tabung pembuangan tinta sudah penuh dan lain sebagainya.

  1. Cartridge - Periksa cartridge printer, pastikan kodisinya masih berfungsi dengan baik / tidak rusak. Bersihkan juga apabila terdapat tinta yang meluber menggunakan tissu. Selain itu bersihkan pula sisa tinta yang tersisa di dalamnya dengan cara menyedotnya. Apabila kalian memiliki cairan head cleaner, silahkan semprotkan secara perlahan pada nozzle cartidge. Setelah itu silahkan pasang kembali.
  2. Vacum - Vacum atau Tabung pembuangan sisa tinta juga dapat menyebabkan printer bermasalah. Untuk itu, silahkan periksa bagian ini kemudian sedot semua tinta yang tertinggal hingga bersih. Untuk tutorial cara membersihkan tabung pembuangan tinta, kalian bisa melihatnya di YouTube.
  3. Roller - Roller tempat keluarnya kertas terkadang juga menjadi bagian penyebab printer tidak mau melakukan cetakan. Jadi pastikan bagian ini dalam keadaan bersih atau tidak terhalang oleh benda-benda asing, seperti kertas, robekan kertas, dan sebagainya.
  4. Tabung Tinta - Bagian lain yang harus kalian perhatikan adalah tabung tinta printer. Pastikan tabung tinta printer masih berisikan tinta, baik yang warna maupun hitam. Jika habis, silahkan isi ulang kembali. Selain itu, periksa juga selangnya, jangan sampai terlipat atau macet.

Nah, setelah kalian memeriksa bagian-bagian tersebut di atas dan ternyata printer Epson L1300 masih berkedip / error, silahkan coba cara lain, yakni melakukan reset total. Baik itu secara manual maupun otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program (Adjprog).

Baca juga: Cara Reset dan Download Gratis Resetter Epson L130, L220, L310, L360, L365

#2. Cara Reset Manual Epson L1300 Tanpa Aplikasi

Salah satu cara paling mudah dan cepat diterapkan untuk mereset printer Epson L1300 adalah dengan cara reset manual. Karena selain tidak membutuhkan software atau tool khusus, juga sangat mudah dan cepat untuk diterapkan sendiri. Nah untuk panduan lengkapnya, silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan cabut kabel daya selama kurang lebih 3-5 menit sampai daya listrik yang tersimpan di dalam printer sudah tidak ada.
  2. Selanjutnya, colok kembali kabel daya printer Epson L1300 kemudian nyalakan kembali seperti biasanya dengan cara menekan tombol Power.
  3. Bila printer telah menyala sempurna, silahkan tekan lalu tahan tombol RESUME (logo tinta) selama kurang lebih 5 detik, lalu lepaskan.
  4. Tekan dan tahan lagi tombol RESUME selama 3 detik, kemudian lepaskan.
  5. Bila sudah, printer dengan sendirinya akan melakukan reset. Silahkan tunggu prosesnya selesai yang biasanya butuh waktu sekitar 30 detik sampai 1 menit.
  6. Ketika proses reset manual berhasil dilakukan, maka lampu indikator (resume atau tinta/kertas) akan berhenti berkedip.
  7. Selanjutnya, silahkan cetak satu atau dua dokumen untuk memastikan keberhasilannya.

#3. Cara Reset Otomatis Epson L1300 Menggunakan Resetter

Bila reset manual tersebut di atas masih belum bisa mengatasi error pada printer Epson L1300 kalian, sebaiknya coba cara terakhir, yaitu melakukan reset otomatis menggunakan tool Resetter Adjustment Program. Untuk link download gratis dan tutorial cara penggunaannya, bisa kalian lihat berikut ini.

3.1. Download Gratis Resetter Adjustment Program Epson L1300

PrinterEpson L1300
FileAdjustment Program (Adjprog.exe)
NameResetter_Epson_L1300.rar
Ukuran4,08 MB
Windows7, 8, 8.1, 10 (32bit/64bit)
Downloadvia Github | via Google Drive
Catatan Penting : Sebelum mengunduh file Resetter Epson L1300, silahkan matikan terlebih dahulu Antivirus komputer kalian (jangan khawatir, karena file ini bukan virus).
Disclaimer : Segala bentuk file unduhan yang ada di situs AndroLite.com hanya merupakan bahan edukasi. Resiko yang mungkin ditimbulkan, silahkan tanggung sendiri (Do With Your Own Risk).

Baca juga: Download Gratis Resetter dan Cara Reset Epson L110, L210, L300, L350, L355

3.2. Cara Menggunakan Resetter Adjprog Epson L1300

  1. Pertama, ekstrak file zip / rar resetter Epson L1300 di atas menggunakan aplikasi Winrar / 7-Zip.
  2. Bila sudah jalankan aplikasi Resetter dengan mengeklik 2 kali pada file AdjProg_L1300.exe.
  3. Di jendela awal aplikasi resetter, silahkan klik [Particular Adjustment Mode].
  4. Pada tampilan selanjutnya, pilih [Waste ink pad counter] lalu klik [OK].
  5. Selanjutnya, silahkan Centang pada [Main pad counter] lalu lanjutkan dengan mengeklik tombol Check. Tunggu beberapa saat sampai proses pemeriksaan selesai dilakukan.
  6. Bila sudah, silahkan Centang kembali pada [Main pad counter] kemudian lanjutkan dengan mengeklik tombol Initialize. Tunggu beberapa saat hingga proses reset Epson L1300 selesai dilakukan.
  7. Setelah proses reset telah selesai, maka akan muncul sebuah dialog kecil pada layar komputer yang menampilkan pesan "Please Turn Off and Turn On your printer". Nah, pada tahap ini, silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer kalian.
  8. Pada saat proses reset total berhasil dilakukan, maka lampu indikator tinta / kertas akan berhenti berkedip dan menyala dengan normal seperti biasanya. Selesai.

Baca juga: Download Gratis Resetter dan Cara Reset Epson L3100, L3110, L3001, L3150

#4. Solusi Gagal Reset Epson L1300

Setelah kalian melakukan 3 cara di atas, namun printer Epson L1300 masih error, saya sarankan sebaiknya coba terapkan beberapa tips berikut ini.

  1. Bersihkan / sedot ulang kembali tinta pada cartidge printer.
  2. Pastikan saat memasang ulang kembali cartridge, posisinya tidak tertukar dengan warna lain.
  3. Pastikan sisa tinta yang terdapat dalam tabung pembuangan sudah bersih total.
  4. Cabut kabel daya selama kurang lebih 3 menit sebelum melakukan reset.
  5. Pastikan roller printer sudah benar-benar bersih dari berbagai benda asing yang menghalangi keluarnya kertas.

Apabila masih gagal juga, mungkin sudah saatnya printer Epson L1300 kalian harus diperbaiki di service center atau tukang service printer yang ada di kota kalian atau bisa juga menggantinya dengan yang baru. Hehehe!

Nah, itulah panduan lengkap cara reset manual / otomatis dan download gratis tool resetter Adjustment Program Printer Epson L1300 pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang kami sajikan kali ini bisa mengatasi masalah error / lampu indikator tinta atau kertas berkedip yang sedang dialami oleh printer kalian. Terima kasih telah berkunjung, Salam!