5 Cara Screenshot Realme 5i Tanpa Tombol / Tanpa App

Screenshot HP Realme 5i Tanpa Tombol untuk Simpan Cuplikan Layar - Realme 5i adalah smartphone mid-range anyar dari keluarga Realme 5 setelah Realme 5 reguler, 5 Pro dan 5s. Ponsel ini secara perdana mulai dipasarkan di Indonesia pada awal tahun 2020 dengan banderol harga murah mulai Rp1,79 juta hingga Rp2,29 juta.

Realme 5i menawarkan spesifikasi RAM 3GB atau 4GB, ruang penyimpanan 32GB / 64GB / 128GB, layar 6,52 inci HD+, 4 kamera belakang 12+8+2+2 MP, selfie 8MP, ditenagai baterai jumbo 5000 mAh, Qualcomm Snapdragon 665 up to 2.0 GHz, GPU Adreno 610 dan dijalankan oleh OS Android 9.0 antarmuka ColorOS 6.0.

Selain itu, ponsel pendatang baru ini juga menawarkan berbagai fitur anyar untuk memudahkan dan sekaligus memberikan kenyamanan kepada penggunanya, termasuk diantaranya Screenshot. Fitur ini berguna untuk mengambil cuplikan layar untuk dijadikan sebagai dokumentasi atau dibagikan ke kerabat / sosial media.
Nah, karena tergolong baru, mungkin sebagain dari kalian ingin mengetahui cara mengambil screenshot pada Realme 5i ini. Sejauh ini ada 5 metode yang bisa digunakan untuk mengambil cuplikan layar pada HP Realme 5i, yaitu menggunakan tombol fisik 2 jari, tanpa tombol (swipe 3 jari, smart sidebar, shortcut notifikasi dan screenshot panjang).

1. Screenshot Realme 5i Tombol Fisik 2 Jari

  1. Pertama, cari area yang ingin di-screenshot.
  2. Tekan & tahan tombol [Vol Bawah + Power] kurang lebih ± 2 detik..
  3. Tunggu sampai layar akan berkedip diikuti bunyi shutter yang menandakan proses screenshot berhasil.
  4. Hasil screenshoot biasanya muncul pada notifikasi Status Bar.
  5. Hasil screenshot juga bisa dilihat di [Gallery] » [Album] » [Screenshot].

Meski mudah digunakan, sayangnya cara ini akan mempercepat kerusakan pada tombol fisik apabila sering digunakan. Nah, untuk mengatasinya, silahkan gunakan metode Swipe 3 Jari, Smart Sidebar atau Shorcut Notifikasi berikut.

2. Screenshot Realme 5i Tanpa Tombol

Sejauh ini, ada tiga buah fitur yang ditawarkan oleh Realme 5i dalam mengambil cuplikan layar dan ketiganya sangat mudah untuk digunakan.

2.1. Swipe 3 Jari (3 Finger)

  1. Pertama, buka [Settings / Pengaturan] » [Convenience Aid / Bantuan Kenyamanan] » [Gesture & Motion] lalu aktifkan [3-Finger Sceenshot].
  2. Selanjutnya, tentukan area layar yang hendak di capture.
  3. Usap ke arah bawah pada layar menggunakan tiga jari sekaligus.
  4. Bila berhasil, maka akan ada bunyi shutter diikuti kedip pada layar.
  5. Silahkan buka [Gallery] untuk melihat hasilnya.

2.2. Smart Sidebar

Opsi lain untuk mengambil tangkapan layar Realme 5i adalah memanfaatkan fitur Smart Sidebar. Namun sebelum menggunakannya, kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu.
  1. Buka menu [Settings] » [Convenience Aid] » kemudian aktifkan [Smart Sidebar] dengan men-tap tombol aktivasi di samping.
  2. Untuk menggunakannya, silahkan pilih lokasi layar yang akan di-screenshot.
  3. Setelah itu, geser ke kiri untuk memunculkan shortcut Smart Sidebar.
  4. Tap Screenshot.

2.3. Shortcut Notifikasi

Metode selanjutnya adalah memanfaatkan shortcut bar notifikasi. Cara ini tergolong mudah digunakan karena tidak perlu diaktifkan terlebih dahulu seperti Smart Sidebar atau 3-Finger Screenshot.
  1. Tentukan area layar yang ingin di-capture.
  2. Drop down menu notifikasi.
  3. Ketuk opsi Screenshot.
  4. Selesai.

3. Screenshot Panjang Realme 5i

Metode Long Screenshot atau Tangkapan Layar Panjang dapat digunakan untuk mengambil cuplikan layar secara memanjang ke bawah. Untuk cara menggunakannya, berikut tahapannya.
  1. Pertama, silahkan ambil screenshot menggunakan salah satu dari 4 opsi di atas.
  2. Selanjutnya, tap hasil screenshot yang muncul di notifikasi Status Bar.
  3. Tap opsi [Long Screenshot / Screenshot Panjang].
  4. Gulir ke bawah sampai area yang kalian inginkan.
  5. Terakhir, tap [Done].

Nah itulah 5 (lima) opsi yang ditawarkan untuk mengambil cuplikan layar / SS Realme 5i. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Wassalam!