4 Cara Mudah Screenshot Realme C3 dan C11

AndroLite.com : Bagaimana Cara Screenshot HP Realme C3 dan Realme C11 (Usap Layar, Smart Sidebar, Panjang) - Awal tahun 2020, Realme resmi merilis smartphone anyar Realme C3 kemudian disusul oleh Realme C11 yang diluncurkan 5 bulan kemudian. Kedua ponsel ini merupakan generasi penerus ponsel murah dari jajaran C series yang hadir dengan antarmuka baru Realme UI 1.0 pengganti UI ColorOS milik Oppo.

Realme C3 sendiri datang dengan menawarkan spesifikasi mempuni, seperti RAM 3GB atau 4GB, storage 32GB / 64GB, catu daya baterai jumbo 5.000 mAh, dua kamera belakang, ditunggangi chipset Mediatek Helio G70, layar 6,5 inci berlapiskan Corning Gorilla Glass 3, dan bodi yang didesain tahan percikan air (splash resistant).

Sementara Realme C11, dilengkapi spesifikasi berupa chipset MediaTek Helio G35 yang didesain khusus untuk menunjang kebutuhan gaming, memori RAM 2GB atau 3GB dengan internal storage 32GB, layar 6,5 inci Mini-Drop Full Screen, Nightscape dual kamera belakang, baterai masif 5000 mAh tahan 40 Hari, desain premium lebih fresh dan masih banyak lagi.

Baca juga: Harga Terbaru Realme C11 di Indonesia dan Spesifikasi Lengkap

Meski berbeda seri, kedua ponsel murah Realme ini sama-sama dilengkapi fitur screenshot serupa yang berfungsi untuk mengambil dan menyimpan tangkapan cuplikan layar. Diantaranya metode klasik tombol fisik 2 jari, tanpa tombol berupa usap layar 3 jari (3-Finger Screenshot) dan Smart Sidebar serta screenshot panjang / long.

Menariknya lagi, dari 4 metode screen capture yang ditawarkan, kalian tidak perlu menginstall aplikasi tambahan atau dengan kata lain tanpa aplikasi pihak ketiga. Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui tentang bagaimana cara mengambil Screenshot Realme C11 atau C3 ini, berikut AndroLite.com sajikan tutorial lengkapnya.


1. Screenshot Realme C3 / C11 Menggunakan Tombol 2 Jari

  1. Pilih area yang mau di-screenshot.
  2. Tekan tombol [Volume Bawah + Daya] secara bersamaan (sekitar ± 2 detik).
  3. Bila berhasil, layar akan berkedip atau mengeluarkan bunyi shutter.
  4. Untuk melihat hasilnya, buka [Gallery] > [Album] > [Screenshot].
  5. Selesai.

Walaupun mudah digunakan, sayangnya metode ini dapat mempercepat kerusakan dini pada tombol fisik karena sering dipakai. Nah, untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan metode lain untuk mengambil tangkapan layar Realme C3 / C11, yaitu tanpa menggunakan tombol fisik.

2. Screenshot Realme C3 / C11 Tanpa Tombol

Dua dari tiga pilihan capture layar Realme C3 / C11 tanpa tombol, yakni usap layar 3 jari atau 3-finger screenshot dan smart sidebar, secara standar masih dalam posisi belum aktif. Untuk itu, kalian perlu mengaktifkannya terlebih dahulu di dalam menu pengaturan ponsel.

2.1. Usap Layar 3 Jari (3-Finger Screenshot)

  1. Buka menu [Settings] » [Convenience Tools] » [Gesture & Motion] > aktifkan [3-Finger Sceenshot].
  2. Tentukan area layar yang ingin di-SS.
  3. Swipe layar ke bawah menggunakan 3 jari sekaligus.
  4. Ponsel akan mengeluarkan bunyi shutter atau kedip pada layar bila capture berhasil dilakukan.
  5. Cek gallery untuk melihat hasilnya.

Screenshot 3 jari ini juga bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar pada sebagian area, seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Untuk menggunakannya, cukup swipe (usap) dan tahan 3 jari kemudian arahkan ke area yang diinginkan.

2.2. Smart Sidebar

Metode tanpa tombol lainnya yaitu memanfaatkan fitur Smart Sidebar yang terlebih dahulu harus diaktifkan di menu pengaturan. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka menu [Pengaturan] > [Peralatan Kenyamanan] > aktifkan [Smart Sidebar].
  2. Untuk memakainya, silahkan tentukan lokasi layar yang akan di-capture.
  3. Bila sudah, geser ke kiri pada bagian layar sebelah kanan untuk memunculkan Smart Sidebar.
  4. Terakhir, klik [Screenshot] untuk mengambil tangkapan layar.

Pintasan menu Smart sidebar, selain menyediakan fitur default tangkapan layar, juga memiliki banyak menu lain seperti screen recorder (perekaman layar), file manager dan lain sebagainya. Menu ini juga dapat diatur oleh pengguna sesuai yang diinginkan, misalnya memindahkan, menambah dan menghapus shortcut yang ada di dalamnya.

Baca juga: Update Harga Terbaru Realme C3 dan Spesifikasi Indonesia

3. Screenshot Panjang Realme C3 / C11

Metode tekahir yaitu Long atau Screenshot Panjang. Fitur ini berfungsi untuk tangkapan layar secara memanjang ke bawah. Untuk cara penggunaannya, berikut langkah-langkahnya:
  1. Pertama, silahkan ambil screenshot memakai salah satu metode tangkap layar di atas.
  2. Kemudian, tap preview tangkapan layar yang muncul di samping kiri layar.
  3. Ketuk opsi [Long Screenshot].
  4. Gulir ke bawah sampai area yang diinginkan.
  5. Bila sudah selesai, klik [Done].

Nah itulah 4 (empat) cara untuk mengambil screenshot / screen capture HP Realme C3 dan Realme C11 pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Wassalam.