Tips / Cara Merawat HP Android Agar Tidak Mudah Rusak

advertisement
Cara / Tips Jitu Merawat HP Android Agar Tidak Gampang Rusak - Zaman semakin modern, semakin banyak hal-hal rumit yang kemudian berubah menjadi instan setelah adanya smartphone Android. Mulai dari mengetik, edit foto, penggunaan peta, membaca berita elektronik, dan masih banyak lagi. Bukan hanya orang dewasa saja yang doyan bermain smartphone, tapi banyak juga anak di bawah umur yang ke mana-mana selalu bawa smartphone, pastinya buat ngegame.

Smartphone Android yang sudah banyak beredar, membawa berbagai macam bentuk, mulai dari yang elegan sampai yang biasa-biasa saja. Begitu pula fitur, hardware, versi sistem operasi yang berbeda-beda pada setiap merk.

Jika Anda termasuk orang yang mudah nyaman ketika sudah menemukan smartphone yang dirasa pas, pasti Anda akan berhati-hati dalam menggunakannya. Anda pasti akan mencari bagaimana cara agar smartphone yang Anda sayang tidak cepat rusak.

Benarkah Smartphone mudah rusak? Teknologi canggih dan harganya yang terbilang sesuai dengan kualitas smartphone yang didapat, yaitu berkisar 5 juta hingga 8 jutaan. Bahkan, ada yang lebih mahal dari itu. Ada juga merek yang sangat totalitas dalam menyempurnakan seluruh komponen smartphone keluarannya, yang bisa mencapai kisaran harga 64 Jutaan. Mahal kan? Tapi tetap saja smartphone dengan harga berapa pun, pasti punya risiko rusak.

Ada Banyak hal yang bisa menjadi penyebab kerusakan smartphone Android. Dan dari semua penyebab tersebut, satu di antaranya adalah dikarenakan ulah si pengguna dan cara pemakaiannya yang kurang tepat.

Namun jangan begitu saja menarik kesimpulan bahwa semua Smartphone itu mudah sekali rusak, karena percaya atau tidak, banyak pengguna yang smartphone mampu mencapai umur 3-5 tahun, bahkan lebih. Itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi pengguna yang benar-benar menyayangi smartphonenya.

Tips Merawat Smartphone Android Agar Tidak Mudah Rusak

Diperlukan Tips yang tidak asal-asalan untuk membuat smartphone Anda tetap bagus luar dan dalam, serta mampu menjalankan fungsinya dengan baik seperti saat pemakaian pertama. Lalu, bagaimana tips merawat smartphone android dengan benar? Nah, pada kesempatan kali ini, cara / tips untuk merawat HP Android agar tidak cepat rusak akan admin bagi kedalam dua bagian. Yang pertama merawat dari dalam dan yang kedua dari luar smartphone android.

1. Merawat smartphone android dari dalam

Tips merawat perangkat dari dalam artinya, memperhatikan berbagia aspek pengelolaan apliakasi, sistem operasi dan membatasi penggunaan hardware seperti RAM dan CPU agar tidak terlalu over.

1.1. Matikan smartphone Anda bila tidak dipakai

Apabila Smartphone Anda sedang tidak Anda gunakan, lebih baik dimatikan saja. Hal ini bertujuan untuk mendinginkan bagian dan komponen-komponen elektrik dalam smartphone, terkhususnya bagian RAM dan prosesor yang tidak lain adalah otak dari smartphone tersebut.

1.2. Restart smartphone Anda minimal adalah 2 kali dalam sehari

Disiplin dalam melakukan restart pada smartphone setelah pemakaian penuh sanggatlah dianjurkan untuk tujuan mendapatkan refresh jaringan atau sistem operasi pada Android Anda. Hal tersebut membantu Anda agar dapat menjalankan aplikasi Anda menjadi lebih normal lagi.

1.3. Lakukanlah Scanning pada RAM

Bila Smartphone milik Anda sudah terasa berat untuk menjalankan sebuah aplikasi, bisa diperkirakan bahwa RAM penuh dan sangat perlu untuk dibersihkan. Caranya adalah dengan scanning. Beberapa orang beranggapan bahwa untuk lebih menstabilkan RAM, hapus terlebih dahulu aplikasi-aplikasi yang sedang Anda jalankan, baru dibersihkan.

Jika anda pengguna ponsel Samsung dengan sistem operasi Android Marshmallow atau Lollipop, anda bisa melakukan scanning RAM dengan 2 cara. Pertama silahkan buka menu Settings » Smart Manager » RAM » End All. Dan cara kedua ini bisa digunakan untuk semua merk smartphone, yaitu dengan menggunakan aplikasi Clean Master.

1.4. Lakukan update OS Anda

Dengan mengupgrade OS maka sistem Anda menjadi lebih segar seperti dalam keadaan baru. Apabila sistem yang telah Anda pakai saat ini merupakan sistem OS baru, maka semakin lebih sempurna lagi dan semakin lancar pula jalannya.

Untuk melakukan update Sistem Operasi Adroid (OS), anda bisa melakukannya dengan cara membuka menu Settings » About Device » Download Updates Manually » Check Upate » Update. Atau anda juga bisa melakukannya dengan cara melakukan flashing firmware (Stock ROM) android anda.

1.5. Install Aplikasi Seperlunya sesuai kebutuhan

Cara merawat smartphone selanjutnya ialah dengan cara menginstal game maupun aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan spesifikasi smartphone android Anda tersebut. Jangan lalu menginstal banyak aplikasi dan game yang berlebih tanpa mengetahui kekuatan penyimpanan smartphone yang kurang luas. Dan perlu berhati-hati saat ingin menginstal aplikasi pihak ketiga di luar store resmi, karena memungkinkan banyak membawa virus dan malware.

1.6. Menghapus / Mengosongkan Penyimpanan

Tidak bisa dipungkiri, bahwa ketika penyimpanan internal sebuah smartphone android penuh, memiliki dampak negatif dan bisa merusak komponen. Ketika hal ini terjadi, pada awalnya ponsel akan mempengaruhi kecepatan, kemudian akan mempengaruhi kinerja hardware lainnya, misalnya CPU dan RAM. Untuk itu, anda perlu menghapus atau memindahkan beberapa aplikasi dan file ke kartu memori eksternal (SD Card).

1.7. Backup Data

Agar smartphone semakin awet dan tidak lelet pemakaiannya, lengkapi pula dengan cara terakhir ini, yaitu dengan melakukan backup secara berkala. Karena ketika smartphone mengalami kerusakan, maka data-data yang berada di dalamnya akan dapat direstore atau dikembalikan lagi. Sehingga pengguna tidak usah khawatir akan kehilangan data-datanya. Anda juga dapat menjalankan cara ini untuk membackup data pada perangkat lain misalnya hardisk PC/Laptop, flashdisk dan lain sebagainya.

2. Merawat smartphone android dari luar

Jika cara yang pertama adalah untuk merawat smartphone dari dalam, maka cara yang ke-2 ialah merawat smartphone dari luar. Ini semua bertujuan agar smartphone milik Anda terlindungi dari luar, yang mungkin bisa menyebabkan kerusakan, baik itu pada layar, tombol fisik dan sebagainya.

2.1. Pasang Protector

Dengan memasangkan protector, baik untuk perlindungan layar ataupun bodi, yang bertujuan untuk melindungi layar dan bodi smartphone dari goresan atau kerusakan. Anda bisa mendapatkan pelindung layar (anti gores) atau casing ini di toko-toko terdekat yang menyediakannya. Pilih sesuai dengan merk, jenis dan model perangkat android anda.

2.2. Rawat dan Gunakan Baterai dengan Bijak

Tahap ini sedikit vital karena menyangkut penggunaan baterai yang kita tahu bahwa baterai sendiri memiliki fungsi memasok daya ke smartphone, lakukanlah isi ulang pada saat baterai tersisa sekitar 10-15%.

Segera melepas charger apabila baterai sudah penuh adalah cara yang mudah dan terbaik dalam merawat smartphone namun sering disepelekan pengguna. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan ponsel ketika dalam posisi sedang dicharging / diisi. Karena hal ini bisa menyebabkan ponsel cepat panas dan akan mempengaruhi komponen-komponen smartphone yang ada didalamnya.

2.3. Gunakan Tombol Shorcut/Jalan Pintas

Menggunakan tombol jalan pintas, yang bertujuan untuk menjaga kualitas fungsi tombol fisik utama, karena jika tombol fisik utama secara terus-menurus, maka akan membuatnya cepat rusak. Dengan adanya tombol jalan pintas, berarti akan mengurangi penggunaan tombol fisik.

Tombol pintas ini berupa aplikasi yang bisa anda dapatkan secara gratis di Play store. Untuk urusan ini, admin merekomendasikan aplikasi Soft Keys - Home Back Button.

2.4. Gunakan Pelindung Kamera

Untuk bagian kameranya, pengguna bisa lebih kreatif memasangkan pelindung yang menjadi satu bagian dengan pelindung bodi. Atau juga bisa memberikan perlindungan berupa kaca lensa kamera untuk menghindari goresan yang bisa mempengaruhi kualitas gambar.

2.5. Jauhkan Smartphone dari Magnet dan tempat berair

Jangan menaruh smartphone dekat dengan area medan magnet seperti speaker aktif, kulkas dan sebaginya. Tempat yang mengandung banyak magnet, bisa membuat layar dan speaker rusak secara permanen. Selain itu, jauhkan juga ponsel dari tempat yang berair dan benda-benda logam berwujud kecil yang bisa menempel pada speaker yang bisa merusak speaker.

2.6. Jauhkan ponsel dari tempat panas dan sinar matahari langsung

Bukan hanya perangkat android, perangkat elektronik lainnya pun akan cepat mengalami kerusakan apabila berada di tempat yang panas atau terkena sinar matahari secara langsung. Mungkin penggunaan sesekali tidak akan memiliki dampak yang signifikan, akan tetapi, bagaimana jika hal tersebut terjadi secara terus menerus?

Itulah beberapa tips tentang Bagaimana Cara Merawat / Melindungi HP Android Anda agar Tidak Cepat Rusak. Jika anda memiliki tips lain yang belum sempat disebutkan di atas, anda bisa meninggalkannya pada kolom komentar yang sudah admin siapkan. Terima kasih telah berkunjung, salam.
advertisement
Open Comments