Cara Mempercepat / Meningkatkan Kinerja HP Android Terbaru

advertisement
Cara Mempercepat / Meningkatkan Kinerja HP Android - Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kebutuhan akan sebuah smartphone android di berbagai kalangan masyarakat pada masa sekarang ini sudah menjadi suat hal yang sangat penting. Sebab, selain bisa digunakan untuk berkomunikasi, ponsel android juga memiliki peran penting lainnya. Misalnya untuk dokumentasi, menonton video, bermain game, berbisnis dan lain sebagainya.

Selain itu, sekarang ini juga sudah banyak beredar berbagai jenis dan merk smartphone dengan berbagai jenis fitur, teknologi, desain dengan harga yang bervariasi. Contohnya Samsung, Advan, Oppo, Coolpad, Evercoss, Mito, Sony, Nokia, HTC, Asus, Xiaomi, Google, Lenovo dan lainnya. Akan tetapi, tidak semua ponsel cerdas yang sekarang beredar di kalangan masyarakat memiliki kinerja yang cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Terkadang, pengguna mengalami beberapa masalah. Misalnya, kinerjanya lambat / lemot, hang, lag, aplikasi not responding dan yang lainnya.

Dalam upaya meningkatkan atau mempercepat kinerja ponsel android, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Seperti menghapus aplikasi yang tidak penting, mengosongkan ruang penyimpanan, menghapus berkas file atau cache, menghentikan secara paksa aplikasi yang berjalan, membekukan aplikasi, atau dengan menggunakan bantuan aplikasi utnuk mempercepat kinerja android tanpa root atau dengan root.
Nah pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan beberapa tips / cara untuk mengatasi hp android lemot atau meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat, baik itu tanpa menggunakan aplikasi, menggunakan aplikasi terbaik untuk mempercepat android yang memerlukan akses root atau tanpa root.

1. Mempercepat Kinerja Android Tanpa Aplikasi

Mempercepat kinerja android tanpa menggunakan aplikasi, adalah suatu proses yang sangat mudah untuk dilakukan. Karena anda hanya perlu melakukan beberapa pengaturan atau penghapusan beberapa aplikiasi yang tidak penting. Bagaimana caranya, berikut tipsnya:

1.1. Hapus aplikasi tidak penting

Ketika anda baru saja membeli sebuah smartphone baru, di dalamnya pasti sudah ada beberapa aplikasi yang sudah terpasang. Namun beberapa aplikasi tersebut sangat jarang atau sama sekali tidak pernah digunakan. Tidak jarang juga penggunanya sama sekali tidak mengetahui apa fungsi app tersebut. Untuk itu silahkan anda menghapusnya.
  1. Buka menu Pengaturan / Setelan / Settings.
  2. Ketuk menu Apps Manager / Pengelola Aplikasi.
  3. Cari aplikasi yang akan dihapus.
  4. Pilih "Hapus/Uninstall"
  5. Lakukan terhadap semua aplikasi yang akan dihapus.
  6. Selesai.

1.2. Nonaktifkan / Disable Aplikasi yang tidak bisa terhapus

Tidak bisa dipungkiri, ada beberapa jenis aplikasi yang sudah terinstall di dalam ponsel memiliki sifat tidak bisa dihapus. Misalnya app Google Drive, Google Plus, Galaxy App, Maps, Youtube dan beberapa app lainnya. Nah solusi untuk app yang tidak bisa diuninstall / hapus, anda bisa menonaktifkan / mendisablenya. Berikut caranya:
  1. Buka menu Pengaturan / Setelan / Settings.
  2. Cari dan Buka menu App Manager / Pengelola Aplikasi.
  3. Cari aplikasi yang akan dinonaktifkan / didisable.
  4. Tap pada "Nonaktifkan / Disable"
  5. Lakukan terhadap semua aplikasi yang tidak penting.
  6. Selesai.

1.3. Hapus / Bersihkan Cache

Selain berfungsi untuk mengosongkan ruang penyimpanan, menghapus data cache juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kinerja hp android. Untuk membersihkan cache yang tersimpan, silahkan ikuti petujuk berikut:
  1. Buka menu Pengaturan / Setelan / Settings.
  2. Cari dan Buka menu Storage / Penyimpanan.
  3. Pilih "Internal Storage / Penyimpanan Internal".
  4. Tap "Cached Data / Data yang Terseimpan".
  5. Tap "Hapus" dan Tunggu beberapa saat.
  6. Selesai.

1.4. Hapus File tidak penting atau Pindahkan

Salah satu yang menyebabkan terjadinya smartphone android lemot dan kadang tidak merespon (hang) adalah karena penyimpanan internal penuh. Untuk itu, silahkan hapus file yang tidak penting atau pindahkan ke kartu memori (memory card) atau bisa juga dipindahkan kedalam komputer.

1.5. Optimalkan Kinerja RAM

RAM memiliki peran penting dalam mempercepat kinerja android. Semakin tinggi ruang kapasitas sebuah RAM, maka semakin bagus pula kinerja Android. Tetapi bagi anda yang memiliki HP android dengan kapasitas kecil, silahkan matikan aplikasi yang banyak mengkonsumsi RAM.
  1. Buka menu Setelan / Settings.
  2. Untuk Android Kitkat (4.1.1) kebawah, tap Apps » Running.
  3. Untuk Android Lollipop (5.0.1) keatas, pilih Smart Manager » RAM.
  4. Nonaktifkan aplikasi yang banyak mengkonsumi penggunaan RAM.
  5. Selesai.

2. Meningkatkan Kecepatan Android Dengan Aplikasi

Mempercepat performa ponsel android bisa juga dilakukan dengan cara menggunakan aplikasi. Aplikasi ini terdiri dari dua jenis, yang pertama tidak memerlukan akses root dan yang kedua membutuhkan android yang sudah dalam keadaan root.

2.1. Aplikasi mempercepat kinerja android tanpa root

Di play store, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan performa smartphone android. Tetapi sebagian dari app tersebut, bukannya mengurangi beban, malah menambah beban kinerja android. Hal ini disebabkan karena aplikasi tersebut juga menyertakan widget yang berat dan mengganggu. Nah, untuk urusan ini, admin hanya merekomendasikan satu aplikasi saja dan sudah terbukti membantu mempercepat android, yaitu Clean Master.

Step 1: Download Clean Master Versi Standar atau Clean Master Versi Lite (*Recomended) di Play Store. Lalu jalankan aplikasinya.

Step 2: Selanjutnya, pilih "Pindai » Bersihkan Sesampahan". Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian berkas / file yang membebani kinerja android selesai. Setelah itu, tap "Berikutnya".

Step 3: Lakukan beberapa pengaturan yang diperlukan sebelum melanjutkan penggunaan aplikasi Clean Master. Ketuk pada tombol "Dimengerti » Clean Master Lite". Setelah itu, "Aktifkan".

Step 4: Sekali lagi lakukan pengaturan tambahan yang diperlukan. Tap tombol "Dimengerti » CM Lite » Aktifkan Izinkan Pelacakan Penggunaan".

Step 5: Setelah pengaturan selesai dilakukan, selanjutnya aplikasinya akan mulai melakukan penghapusan cache dan file tidak penting, serta akan memberhentikan secara paksa beberapa aplikasi yang menggunakan banyak kapasitas RAM. Selesai.

2.2. Aplikasi mempercepat kinerja android tanpa root

Salah satu cara yang paling ampuh dalam meningkatkan kecepatan dan kinerja smartphone android adalah dengan cara root. Mengapa bisa demikian? Karena Root android akan memberikan akses secara penuh (hingga ke bagian dasar OS Android) kepada penggunanya. Sehingga pengguna bisa dengan leluasa memodifikasi ponsel androidnya.

2.2.1. Aplikasi Greenify

Greenify adalah sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk melakukan hibernasi (membekukan) aplikasi lainnya, yang sering berjalan di background tanpa sepengetahuan anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa membekukan aplikasi yang sering mengganggu kinerja android anda.

Sebenarnya Greenify bisa dipasang tanpa harus melakukan root, tetapi penggunaanya sangatlah terbatas. Namun jika ponsel dalam keadaan root, maka anda akan mendapatkan beberapa fitur tambahan lainnya.

2.2.2. Aplikasi Link2SD

Link2SD adalah aplikasi yang bisa memindahkan aplikasi sistem ke kartu memori (SD Card). Aplikasi ini akan sangat membantu anda dalam meningkatkan performa android anda.

Selain dua aplikasi di atas, sebenarnya masih ada banyak aplikasi yang membutuhkan akses root dalam hal meningkatkan performa android, akan tetapi dua aplikasi tersebut admin rasa sudah cukup.

Demikianlah beberapa Tips atau Cara Meningkatkan / Mempercepat Kinerja / Performa Smartphone Android pada kesempatan kali ini. Semoga tips kali ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih dan salam.
Open Comments