Solusi OEM Unlocking Tidak Muncul (Hilang) HP Samsung

Solusi / Cara memunculkan Opsi OEM Unlock yang Hilang / Tidak Muncul Samsung - Ada beberapa kondisi yang menyebabkan OEM Unlock hilang atau tidak ada di dalam menu Developer Options (Opsi Pengembang) smartphone Samsung Galaxy. Diantaranya karena adanya masalah pada sistem operasi atau rusak, vendor smartphone sengaja menyembunyikannya, kesalahan konfigurasi user dan sebagainya.

Nah, untuk mengatasi hilangnya atau cara memunculkan kembali opsi OEM Unlocking semua seri Samsung Galaxy, bisa dilakukan dalam dua cara (metode), yaitu basic (dasar) atau advanced (lanjutan). Untuk opsi basic dapat dilakukan dengan mudah karena tidak membutuhkan komputer.

Sedangkan opsi advanced, prosesnya sedikit lebih rumit dan juga memerlukan koneksi ke PC sebagai salah satu prosedur agar bisa masuk ke mode downloading. Meski demikian, opsi ini memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi dibandingkan cara basic. Lantas bagaimana caranya? Berikut tutorial lengkapnya.

Memunculkan OEM Unlock Samsung - Basic

  1. Koneksikan ponsel ke Internet.
  2. Buka menu Pengaturan. Pilih "General Management » Date and time".
  3. Non-aktifkan "Automatic date and time".
  4. Atur tanggal 10-20 hari lebih cepat dari tanggal sekarang.
  5. Aktifkan Developer Options (Opsi Pengembang). Caranya, buka Pengaturan » Tentang Ponsel » Informasi Perangkat Lunak. Tap sebanyak 7 kali pada "Build Number" hingga muncul notifikasi "Opsi pengembang telah aktif".
  6. Tekan tombol Back 2 kali atau buka ulang menu Pengaturan.
  7. Gulir kebawah dan buka menu "Opsi Pengembang".
  8. Non-aktifkan / Disable "Auto update system".
  9. Tekan kembali / buka ulang Pengaturan.
  10. Tap pada "Software update", lalu nonaktifkan opsi "Download updates automatically".
  11. Tap lagi pada "Download updates manually". Ini akan memberikan peringatan error disebabkan oleh tanggal yang salah (lebih awal), tapi biarkan saja.
  12. Restart ponsel.
  13. Buka kembali Pengaturan » Opsi Pengembang. Pada tahap ini opsi OEM Unlock harusnya muncul.
Apabila cara tersebut di atas masih belum bisa memunculkan OEM Unlock yang tersembunyi, maka saya sarankan menggunakan cara Advanced (lanjutan). Namun cara ini memerlukan bantuan komputer sebagai prosedur untuk dapat mengakses downloading mode.

Memunculkan OEM Unlock Samsung - Advanced

Penting!
Memunculkan OEM Unlock versi Advanced / Lanjutan ini dapat menyebabkan terhapusnya semua data / file yang ada di dalam memori internal ponsel. Untuk itu sebelum melakukannya, silahkan BACKUP atau pindahkan semua data yang ada di dalamnya ke penyimpanan eksternal seperti microSD, komputer dan sebagainya.
  1. Matikan ponsel hingga off total.
  2. Tekan & tahan tombol "VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH".
  3. Koneksikan ponsel ke komputer via kabel USB dengan tetap menekan tombol "VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH".
  4. Saat layar menampilkan "Warning", tekan lalu tahan "VOLUME ATAS" sampai masuk ke tampilan "Unlock Bootloader?".
  5. Pilih opsi "Yes" dengan cara menekan tombol "VOLUME ATAS".
  6. Saat layar menampilkan pesan "The phone's bootloader is unlocked ...", silahkan tekan tombol "POWER" untuk melanjutkan.
  7. Tunggu hingga ponsel selesai melakukan penghapusan data (Erasing).
  8. Setelah selesai, layar akan kembali menampilkan pesan "The phone's bootloader is unlocked ...". Sekali lagi tekan tombol "POWER" untuk melanjutkan atau tunggu hingga ponsel melakukan restart sendiri.
  9. Saat ponsel sudah menyala sempurna, Anda akan diarahkan untuk melakukan pengaturan awal sama seperti ponsel dalam keadaan baru.
  10. Silahkan atur sesuai kebutuhan, tetapi JANGAN "Sign in" atau membuat akun Google dan Samsung (skip saja keduanya).
  11. Tahap berikutnya, koneksikan ponsel ke Internet.
  12. Buka menu Pengaturan, lalu tap pada "Software Update » Download and install".
  13. Tunggu hingga beberapa saat ponsel selesai melakukan registrasi kemudian tekan back / kembali (update sofware tidak perlu dilanjutkan).
  14. Selanjutnya aktifkan Opsi Pengembang. Caranya silahkan buka Pengaturan » Tentang Ponsel » Informasi Perangkat Lunak.
  15. Tap sebanyak 7 kali pada "Build Number" hingga muncul notifikasi "Opsi pengembang telah aktif".
  16. Tekan tombol Back 2 kali atau buka ulang menu Pengaturan.
  17. Gulir kebawah dan buka menu "Opsi Pengembang". Didalamnya opsi OEM Unlocking seharusnya sudah muncul.
  18. Selesai.
Kedua metode tersebut di atas, dapat digunakan untuk semua seri Samsung Galaxy (A10, A10s, A20, A20s, A30, A30s, A50, A50s, A70, A70s, A80, M10, M10s, M20, M20s, M30, M30s, M40, S9, S10, Note 9, Note 10) dengan sistem operasi Android Q, Pie (9.0), Oreo (8.0) atau versi dibawahnya.