Cara Hapus / Menghilangkan Iklan di HP Realme

AndroLite.com : Cara Hapus / Hilangkan / Blokir Iklan di Smartphone Realme - Sejak diluncurkannya antarmuka ColorOS 6 (atau versi lebih baru) hingga antarmuka anyar RealmeUI (RUI), Realme telah menyisipkan iklan rekomendasi ke dalamnya. Langkah ini diambil sebagai salah satu strategi bisnis agar Realme dapat menghadirkan berbagai smartphone dengan harga lebih murah dan kompetitif.

Mengapa demikian? Karena dengan tayangnya iklan rekomendasi pada layar HP Realme, maka akan menjadi salah satu subsidi terbesar, sehingga smartphone yang telah mereka buat bisa dijual lebih murah dan terjangkau. Strategi ini lebih dulu dilakukan oleh kompetitor terdekatnya, Xiaomi yang sudah terbukti dan sukses menerapkannya.

Iklan rekomendasi di ponsel Realme yang disebut sebagai "Commercial Content Recommendation" ini pertama kali diperkenalkan di India dan masih aktif sampai sekarang, baik yang masih menjalankan antarmuka ColorOS maupun Realme UI. Tetapi sayangnya, hal ini justru banyak menuai respon negatif dari pengguna setianya.

Alasannya, karena dengan munculnya berbagai jenis iklan yang tidak diinginkan, justru terkadang membuat risih penggunanya. Meski begitu, pihak Realme tetap memberikan keleluasaan agar iklan yang ditampilkan dapat dihapus / dihilangkan / dinonaktifkan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya.

Nah, sehubungan dengan hal tersebut di atas, bagi kalian sebagai pengguna HP Realme yang berkeinginan untuk menghilangkan iklan yang mengganggu, berikut ini Androlite.com sajikan panduan lengkap tentang bagaimana cara menghilangkan / menonaktifkan iklan rekomendasi smartphone Realme semua seri.

Baca juga : Tips / Cara Merawat HP Android Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Realme

Pada dasarnya, semua ponsel Realme baik yang masih menjalankan ColorOS ataupun antarmuka terbaru RealmeUI, akan menampilkan iklan di Manager Telepon dan halaman Pemeriksaan Keamanan setelah memasang aplikasi baru. Nah, untuk menghapus iklan rekomendasi di HP Realme kesayangan kalian, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan buka menu "Pengaturan (Settings) > Pengaturan Tambahan (Additional Settings)".
  2. Di dalamnya, ketuk opsi "Dapatkan Saran (Contents Recommedation)".
  3. Nonaktifkan toggle pada opsi "Terima saran dari apli dan konten di apli sistem... (Receive app and content recommedations in system apps...)".
  4. Dengan membuat nonaktif tombol toggle tersebut, secara otomatis semua iklan yang muncul di HP Realme akan hilang.

Baca juga : Cara Atasi HP Android Lelet / Lambat Dengan Mudah

Untuk cara menghilangkan iklan pada smartphone Realme di atas, sangat berbeda dengan cara blokir / hapus iklan HP android pada umumnya, dimana rata-rata memerlukan install aplikasi tambahan saat penerapannya. Sedangkan untuk HP Realme, tidak membutuhkan aplikasi apapun serta mudah dalam diterapkan.

Tutorial di atas dapat diterapkan pada hampir semua seri perangkat Realme baik yang masih menjalankan ColorOS maupun RealmeUI, seperti Realme 6, 6i, 6s, 6 Pro, Realme 5, 5i, 5s, 5 Pro, Realme 3, 3i, 3 Pro, Realme 2, 2 Pro, Realme 1, Realme C1, C2, C3 (Pro), U1, U2, Realme X, X2, XT (Pro), Realme Q, Narzo 10/10A dan sebagainya.

Nah, itulah panduan lengkap tentang bagaimana cara menghapus / menghilangkan / menonaktifkan Iklan pada HP Realme pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang disajikan kali bisa bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung, Salam!