Kumpulan APK Unlock Bootloader In-Depth Test HP Realme

AndroLite.com : Download Gratis Kumpulan APK Unlock Bootloader In-Depth Test Smartphone Realme - Artikel kali ini, selain bertujuan untuk memberikan link download aplikasi unlock bootloader In-Depth Test (Depth Testing) Apk terbaru secara gratis, juga untuk memberikan panduan lengkap tentang bagaimana cara membuka kunci bootloader smartphone Realme menggunakan aplikasi Depth Testing.

Unlock bootloader atau UBL HP Realme sendiri adalah hal mutlak yang harus dilakukan sebelum melakukan modifikasi sistem. Seperti memasang custom recovery TWRP (Team Win Recovery Project), root dengan magisk, flash stock ROM / firmware jenis kustom, install Xposed Framework, flash GCAM, dan lain sebagainya.

Untuk membuka kunci bootloader HP Realme sendiri, dibutuhkan sebuah aplikasi khusus bernama In-Depth Test atau Depth Testing. Baik itu antarmuka lama ColorOS (Android Pie 9.0) hingga antarmuka baru Realme UI (RUI) berbasis Android Q 10 keatas.

Jadi, bagi kalian yang sedang mencari aplikasi In Depth Test apk guna melakukan unlock bootloader HP Realme yang kalian miliki, berikut AndroLite.com sajikan link downloadnya, plus tutorial lengkap bagaimana cara menggunakannya.


Baca juga: Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi (All Type) Metode Baru

1. Resiko dan Keuntungan Unlock Bootloader Smartphone Realme

Meski memiliki keuntungan tersendiri ketika bootloader smartphone Realme telah terbuka, namun hal ini juga memicu beberapa resiko yang mungkin ditimbulkan. Jadi, sebelum mengambil keputusan untuk melakukan unlock, sebaiknya pahami lebih dulu resiko beserta manfaatnya.

1.1. Resiko / Kekurangan Unlock Bootloader

  1. Garansi resmi / toko akan hangus atau tidak dapat diklaim lagi.
  2. Dapat mengakibatkan kerusakan permanen ponsel Realme.
  3. Semua data, file, aplikasi dan sebagainya yang tersimpan di memori internal akan terhapus secara permanen.
  4. Sistem keamanan lemah, sehingga data penting mudah dibobol.
  5. Beberapa fitur penting hilang atau tidak lagi berfungsi.
  6. Ponsel kemungkinan tidak lagi mendapatkan pembaharuan / update OS dan fitur via OTA.
  7. Dapat mengakibatkan bootloop (booting stuck di logo).

1.2. Keuntungan Unlock Bootloader

  1. Bisa memasang custom TWRP.
  2. Bisa melakukan rooting.
  3. Bisa gonta-ganti custom ROM.
  4. Melakukan tweak untuk meningkatkan performa.
  5. Bisa memflash berbagai jenis file, seperti GCAM.
  6. Dan masih banyak lagi.

2. Download Aplikasi In Depth Test apk Realme

Aplikasi utama yang diperlukan untuk membuka kunci bootloader HP Realme adalah In-Depth Test apk. Aplikasi memiliki banyak varian yang harus disesuaikan dengan seri smartphone Realme. Karena apabila tertukar antara seri smartphone dengan varian aplikasi, maka kemungkinan besar proses UBL akan gagal.

Jadi, pastikan aplikasi in-depth test yang dipilih telah sesuai dengan seri smartphone Realme yang kalian miliki. Nah untuk memudahkan dalam memilih filenya, berikut kami sajikan daftarnya.
SeriAndroidUIAPK
Realme 2 Pro9 (Pie)ColorOSDownload
Realme 39 (Pie)ColorOSDownload
Realme 3 Pro9 (Pie)ColorOSDownload
Realme 3 Pro10 (Q)RealmeUIDownload
Realme 59 (Pie)ColorOSDownload
Realme 5i10 (Q)RealmeUIDownload
Realme 5s9 (Pie)ColorOSDownload
Realme 5 Pro9 (Pie)ColorOSDownload
Realme 5 Pro10 (Q)RealmeUIDownload
Realme 610 (Q)RealmeUIUpcoming...
Realme 6i10 (Q)RealmeUIUpcoming...
Realme 6 Pro10 (Q)RealmeUIDownload
Realme XT9 (Pie)ColorOSDownload
Realme XT10 (Q)RealmeUIDownload
Realme X2 Pro9 (Pie)ColorOSDownload
Realme X2 Pro10 (Q)RealmeUIDownload

Baca Juga: Unlock Bootloader Samsung [All Type], OEM Unlocking, USB Debugging

3. Cara Unlock Bootloader / UBL HP Realme

Selain aplikasi in-depth test, tentu kalian juga harus mempersiapkan beberapa peralatan dan bahan yang diperlukan. Apa saja itu? Berikut daftar lengkapnya.

3.1. Persiapan Alat dan Bahan

  1. Sebuah Komputer, baik berupa PC maupun Laptop.
  2. Sebuah Kabel USB untuk menghubungkan ponsel ke komputer.
  3. Ponsel memiliki sambungan ke internet.
  4. Daya baterai ponsel minimal 60%.
  5. Download ADB_Driver_Installer_v2.0.exe (11,2 MB) kemudian install kedalam komputer.
  6. Download Minimal ADB Fastboot_1.4.4_portable (2,6 MB) lalu ekstrak filenya.
  7. OEM Unlocking dan USB Debugging sudah aktif. Untuk panduannya, silahkan lihat di bawah.

3.2. OEM Unlock dan USB Debugging (Developer Options)

Salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan proses UBL adalah mengaktifkan fungsi OEM Unlocking dan USB Debugging. Nah karena kedua menu ini berada di dalam menu Opsi Pengembang yang secara default tersembunyi, untuk itu kalian harus memunculkannya terlebih dahulu. Caranya:
  1. Masuk ke menu Pengaturan » Tentang Ponsel.
  2. Tap sebanyak 7 sampai 10 kali pada Nomor bentukan.
  3. Pastikan muncul notif "You are a developer now" atau sejenisnya yang menandakan menu Opsi Pengembang telah muncul.
  4. Selanjutnya, tekan back untuk kembali ke menu utama pengaturan.
  5. Gulir ke bawah kemudian masuk ke menu Pengaturan Tambahan » Opsi Pengembang.
  6. Di dalamnya, silahkan aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking dengan cara menekan tombol aktivasi disampingnya.
  7. Jika muncul pop-up konfirmasi pada layar, silahkan pilih OK/Enable.

Baca juga: Cara Unlock Bootloader (UBL) Realme 6 Pro RMX2061

3.3. Proses UBL Smartphone Realme

DISCLAIMER : Unlock Bootloader pada Smartphone Realme dapat mengakibatkan terhapusnya semua data / file yang tersimpan di dalam memori internal ponsel (factory reset).

Jadi sebelum melakukannya, pastikan kalian telah melakukan BACKUP atau memindahkan semua data / file penting yang ada didalamnya ke penyimpanan eksternal, seperti SDcard atau komputer.
  1. Langkah pertama, silahkan install aplikasi In Depth Test apk ke dalam perangkat Realme kalian. Setelah itu jalankan.
  2. Pada jendela tampilan awal aplikasi In-Depth Test, ketuk pada "Start Applying" (pastikan ponsel memiliki koneksi internet).
  3. Selanjutnya, centang pada bagian "I have read and agreed to the aforesaid content" kemudian lanjutkan dengan men-tap Submit Application".
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses review selesai dilakukan. Dalam hal ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit sampai 1 jam. Saat proses review berlangsung, pastikan koneksi internet ponsel tidak terputus.
  5. Saat proses review berhasil dilakukan, maka aplikasi akan menampilkan pesan "Review Successful". Di bagian bawah dari pesan tersebut, tap "Start the in-depth test".
  6. Sesaat setelah tombol Start the in-depth test di-tap, maka secara otomatis ponsel akan melakukan reboot ke FastBoot Mode.
  7. Selanjutnya hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB yang sebelumnya sudah disediakan.
  8. Setelah keduanya terhubung dengan baik, selanjutnya buka komputer lalu masuk ke folder Minimal_adb_fastboot_1.4.4_portable yang telah diekstrak sebelumnya. Di dalam folder tersebut, klik 2 kali "cmd-here".
  9. Di jendela Command Prompt, pertama silahkan ketikkan perintah "fastboot devices" (tanpa tanda kutip) kemudian tekan enter. Pastikan terdapat nomor kode ponsel berupa kombinasi angka dan huruf sesaat setelah kalian menekan enter.
  10. Selanjutnya, ketikkan lagi perintah "fastboot flashing unlock" (tanpa tanda kutip) lalu tekan enter.
  11. Pastikan di dalam jendela command prompt muncul notifkasi "OKAY" yang menandakan proses unlock bootloader siap dilanjutkan ke tahap selanjutnya.
  12. Lihat pada ponsel Realme kalian. Pastikan pada layar ponsel muncul tampilan seperti yang tampak pada gambar berikut.
  13. Tahap berikutnya, pilih opsi "Unlock The Bootloader". Untuk memindahkan navigasi, gunakan tombol "Volume Bawah / Atas", kemudian tekan lagi tombol "Power" untuk memilih opsi tersebut.
  14. Sesaat setelah itu, ponsel akan melakukan restart secara otomatis. Tunggu sampai menyala sempurna kemudian lanjutkan dengan malakukan kofigurasi sampai masuk ke tampilan home.
  15. Terakhir, untuk memastikan Bootloader smartphone Realme benar-benar sudah terbuka, silahkan matikan ponsel hingga mati total. Setelah itu booting ke fastboot mode dengan menekan tombol "VOLUME BAWAH + POWER" secara bersamaan selama kurang lebih 3-5 detik.

    Di tampilan fastboot mode, pastikan muncul tulisan "DEVICE STATE - Unlocked" di bagian paling bawah menu seperti yang terlihat pada gambar berikut.
Selamat, bootloader HP Realme kalian sudah terbuka (unlocked) dan siap untuk dipasangi custom recovery TWRP, rooting, flash custom ROM, tweaking dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Unlock Bootloader Realme 5, 5i, 5s dan 5 Pro Terbaru

5. Solusi Gagal Unlock Bootloader HP Realme

Saat terjadi kegagalan saat proses pembukaan kunci bootloader Realme berlangsung, cobalah terapkan beberapa tips berikut.
  1. Pastikan memilih aplikasi In Depth Test sesuai seri ponsel.
  2. Pastikan USB / ADB Driver sudah diinstall Komputer.
  3. Pastikan kabel dan lubang USB tidak goyang / bermasalah.
  4. Pastikan OEM Unlocking dan USB Debugging sudah diaktifkan.
  5. Pastikan ponsel telah terhubung baik dengan komputer.
  6. Pastikan panduan di atas tidak ada yang terlewatkan.

Bila masih mengalami kegagalan, kemungkinan besar penyebab utamanya ada pada aplikasi Depth Testing yang masih belum sepenuhnya mendukung perangkat Realme kalian atau bisa juga disebabkan oleh faktor lain selain yang telah disebutkan di atas.

Demikianlah kumpulan link download aplikasi In-Depth Test apk terbaru dan tutorial lengkap tentang bagaimana Cara Unlock Bootloader (UBL) semua HP Realme Android Pie 9 (ColorOS) / Q 10 (RealmeUI / RUI) pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, Salam!