TWRP 3.1.0 + Root Samsung J2 Prime SM-G532G Tanpa PC

AndroLite.com : Tutorial Cara Install TWRP dan Root Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G / DS Dengan atau Tanpa PC - Rooting adalah proses untuk membuka akses secara penuh atau memberikan akses tanpa batas hingga ke bagian paling dasar terhadap sistem operasi android kepada penggunanya.

Dengan cara ini, pengguna bisa melakukan kostumasi android, meningkatkan kecepatan, menghapus aplikasi bloatware, menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus, memasang Xposed Installer Framework dan masih banyak lagi.

Walaupun memiliki banyak keuntungan, tetapi pada dasarnya melakukan rooting, baik pada HP Samsung Galaxy J2 Prime atau ponsel Android lainnya, memiliki resiko yang tergolong berat. Jadi sebelum melakukan rooting, sebaiknya pertimbangkan secara matang terlebih dahulu.

Karena ketika kamu melakukannya, resiko yang terjadi ialah hilangnya garansi, ponsel rentan terserang virus, menyebabkan bootlop, menyebabkan kerusakan dan lebih parahnya lagi menjebol sistem keamanan Knox Samsung. Perlu kamu pahami bahwa ketika sistem pertahanan Knox telah dijebol, maka ia tidak akan pernah bisa kembali seperti semula lagi.

Baca juga: Cara Mengatasi Lupa Pola Samsung J2 Prime Tanpa PC

Nah, untuk pembahasan mengenai untung ruginya melakukan root, sudah admin bahas pada artikel Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Root Android. Silahkan kamu baca dulu dan setelah itu silahkan putuskan, Apakah tetap ingin meroot Smartphone Samsung J2 Prime atau membatalkannya.

Namun bagi kamu yang sudah paham dan memiliki tekad yang sudah bulat, berikut ini admin akan sajikan beberapa cara root Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G atau SM-G532G/DS, baik melalui TWRP (menggunakan komputer) ataupun tanpa komputer (PC/Laptop).

Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. Pelajari selengkapnya »

Ingat, AndroLite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kamu yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

1. Install TWRP Samsung J2 Prime

TWRP (Team Win Recovery Project) adalah sebuah custom recovery yang mempunyai banyak keunggulan jika dibandingkan dengan recovery stkamur (CWM). Diantaranya adalah pengoperasiannya sudah layar sentuh, menyajikan banyak menu seperti Install, Backup, Restore, Wipe dan masih banyak lagi.

Sedangkan CWM masih dioperasikan dengan menggunakan tombol power, vol atas / bawah saja dan memiliki sedikit menu (sangat terbatas) serta tidak bisa digunakan untuk memflash file root. Untuk itu, CMW ini harus diganti terlebih dahulu dengan custom recovery TWRP.

1.1. Persiapan Alat dan Bahan

Tetapi sebelum lanjut, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan segala peralatan dan file yang dibutuhkan. Berikut daftar lengkapnya.

  1. Siapkan Komputer, baik itu berupa PC/laptop.
  2. Siapkan Kabel Data/USB.
  3. Download Samsung USB Driver kemudian install ke dalam komputer.
  4. Download ODIN3_v3.12.3 kemudian ekstrak filenya.
  5. Download salah satu file TWRP berikut ini, kemudian simpan filenya di drive komputer.
  6. Download file-file berikut ini kemudian salin ke dalam memori penyimpanan ponsel :

1.2. Cara Pasang TWRP Samsung J2 Prime

Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kamu bisa merestore / mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.

Langkah #1. Aktifkan OEM Lock dan USB Debugging. Untuk mengaktifkan kedua mode ini, silahkan baca Tutorial Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Lock Samsung atau bisa juga tonton video berikut ini.


Langkah #2. Nonaktifkan ponsel hingga mati total atau terasa ada getaran. Selanjutnya masuk ke Downloading Mode dengan cara tekan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan sampai smartphone kamu bergetar.

Setelah layar menampilkan pesan "WARNING", tekan tombol Volume Atas untuk masuk ke menu utama Downloading Mode.

Langkah #3. Jalankan aplikasi ODIN dengan cara klik kanan lalu pilih Run as Administrator. Setelah itu, hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.

Langkah #4. Perhatiakan pada bagian log ODIN, jika ada notifikasi bertuliskan "Added!!", berarti HP sudah terhubung dengan baik. Jika tidak ada, coba pindahkan kabel USB ke port lain atau ganti kabel USB.

Langkah #5. Klik tombol AP atau PDA pada bagian sebelah kanan ODIN kemudian cari file TWRP TWRP-Unoficcial-J2-SM-G532G.tar yang sebelumnya sudah kamu download.

Langkah #6. Masih pada aplikasi odin. Klik tab Options kemudian centang Auto Reboot dan F. Reset Time (lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya). Setelah itu silahkan klik tombol Start dan tunggu hingga proses instalasinya selesai.

Langkah #7. Jika proses instalasi berhasil, maka akan ada tulisan PASS (latar dengan warna hijau) dan ponsel akan melakukan restart secara otomatis. Pada tahap ini, kamu sudah bisa mencabut kabel USB dan menutup aplikasi ODIN.

Langkah #8: Ketika ponsel telah menyala sempurna, matikan kembali sampai off total. Bila sudah off total, silahkan tekan tombol "Home + Volume Atas + Power" secara bersamaan untuk masuk ke recovery mode TWRP.

Langkah #9: Di dalam menu TWRP, silahkan centang pada "Never show this screen during boot again" kemudian lanjutkan dengan mengusap ke kanan pada "Swipe to allow modification". Selanjutnya, untuk proses rooting, silahkan simak berikut ini.

2. Proses Rooting Samsung Galaxy J2 Prime via TWRP

Proses rooting via TWRP akan dilakukan dengan memakai dua jenis aplikasi Root, yaitu SuperSU dan Magisk Root. Silahkan kamu pilih salah satunya.

2.1. Root dengan SuperSU

Perlu admin ingatkan, proses rooting akan menghapus semua data yang ada di dalam ponsel. Atau dengan kata lain, melakukan factory reset / reset pabrik dan semua data yang ada di dalam memori internal / telepon akan terhapus. Untuk itu, silahkan lakukan Backup terlebih dahulu.

  1. Bila masih berada pada menu TWRP, silahkan lewati langkah ini. Tetapi jika tidak, maka silahkan atikan smartphone hingga off total (terasa ada getaran), kemudian masuk ke menu TWRP (tekan tombol Home + Power + Vol Atas hingga terasa ada getaran).
  2. Selanjutnya Pilih menu Wipe » Advance Wipe ». Selanjutnya centang Format System, Data, Internal Storage, Cache, Dalvick Cache.
  3. Usap ke kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu sampai selesai.
  4. Pilih menu Install, cari serta pilih file Flashable-SuperSU-v2.82.zip yang sudah didownload sebelumnya.
  5. Usap ke kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  6. Tekan tombol Back, kemudian pilih menu Install lagi, lalu pilih file No-Verity-No-Encrypt-Ashyx.zip.
  7. Usap ke kanan pada Swipe to confirm flash lagi dan tunggu.
  8. Setelah selesai, Tekan tombol Back dan pilih Wipe Dalvik/Cache.
  9. Selanjutnya tap menu Reboot to system dan sekali lagi silahkan tunggu hingga Smartphone menyala dengan sempurna.
  10. Selesai.

2.2. Root dengan MagiskRoot

Penggunaan Magisk dengan SuperSU caranya sama saja, hanya saja yang membedakan adalah pada saat memilih filenya. Namun jika masih kurang paham, berikut panduannya.

  1. Pastikan file magisk_root.zip telah tersimpan di dalam memori internal atau sdcard ponsel.
  2. Masuk ke menu TWRP dengan cara nonaktikan ponsel, kemudian tekan tombol Home + Power + Volume Atas.
  3. Tap menu Install, lalu cari serta pilih file MagiskRoot.
  4. Usap ke arah kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Tekan tombol Back, kemudian pilih menu Install lagi, lalu pilih file No-Verity-No-Encrypt-Ashyx.zip.
  6. Usap ke kanan pada Swipe to confirm flash lagi dan tunggu.
  7. Setelah selesai, pilih Wipe Dalvik/Cache.
  8. Selanjutnya tap menu Reboot to system dan sekali lagi silahkan tunggu hingga Smartphone menyala dengan sempurna.
  9. Selesai.

Baca Juga: Download dan Cara Pasang Xposed Installer Android Q 10.0 / Pie 9.0

3. Rooting Samsung Galaxy J2 Prime (CF Auto Root flash via ODIN)

Proses rooting dengan cara flash melalui odin, caranya persis sama pada saat kamu memasang TWRP. Yang membedakan hanya filenya saja dan pastikan kamu sudah memiliki odin yang sudah siap digunakan.

  1. Download CF Auto Root. [Maaf link tidak tersedia].
  2. Matikan Smartphone.
  3. Masuk ke menu Downloading Mode (tekan tombol Home + Vol Bawah + Power), lanjutkan lagi menekan tombol Volume Atas.
  4. Sambungkan smartphone kamu melalui kabel USB ke komputer.
  5. Jalankan ODIN dengan cara klik kanan, pilih Run as administrator.
  6. Klik tombol AP dan cari file CF Auto Root.
  7. Sebelum lanjut, klik tab Option Odin, centang Auto Reboot dan F. Reset Time.
  8. Klik Start dan tunggu hingga proses pemasangan selesai.
  9. Smartphone akan melakukan restart secara otomatis serta membutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 5 menit, sekali lagi silahkan tunggu.
  10. Selesai.


4. ROOT Samsung J2 Prime Tanpa PC

Bagi kamu yang tidak memiliki komputer, dibawah ini ada dua cara yang bisa dicoba. Tetapi sekali lagi saya ingatkan bahwa rooting memakai apalikasi pihak ketiga apapun, cenderung memiliki persentase keberhasilan yang sangat kecil bahkan gagal. Namun apabila tetap ingin mencobanya, berikut ini 2 rekomendasi apk yang paling sering berhasil meroot smartphone.

4.1. FramaRoot.apk

  1. Download FramaRoot.apk. Ektrak filenya terlebih dahulu.
  2. Install aplikasi FramaRoot.
  3. Akan ada pesan Install Blocked. Silahkan buka Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  4. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat pemasangan, tap tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  5. Jalankan aplikasi FramaRoot.
  6. Lihat di bagian atas, pastikan yang terpilih SuperUser / SuperSU.
  7. Selanjutnya, pilih Barahir / Boramir. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Setelah selesai, restart smartphone kamu.
  9. Selesai.

4.2. KingRoot.apk

  1. Download aplikasi KingRoot.zip kemudian ekstrak filenya.
  2. Sambungkan Smartphone ke koneksi internet (wajib).
  3. Install aplikasi kingroot.
  4. Jika ada pesan Install Blocked, silahkan tap Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  5. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat penginstalan, tap pada tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  6. Setelah proses install selesai, aplikasinya jangan dijalankan dulu, melainkan buka Pengaturan » Accessibility » Gulir Kebawah, buka KingRoot » Aktifkan / Enable » Pilih OK.
  7. Jalankan KingRoot. Secara otomatis kingroot akan melakukan cek, tunggu beberapa saat.
  8. Selanjutnya, tap Try Root.
  9. Setelah proses rooting selesai, restart smartphone kamu.
  10. Selesai.
Untuk memastikan bahwa perangkat kamu sudah root, silahkan cari aplikasi SuperSU di dalam menu android kamu. Jika ada berarti rootnya berhasil, jika tidak ada berarti gagal. Untuk lebih memastikannya, silahkan download aplikasi bernama Root Checker yang ada di google play store.

5. Cara UNROOT Samsung Galaxy J2 Prime

Unroot atau yang lebih dikenal menghapus Root bisa dilakukan dengan menggunakan / tanpa komputer. Biasanya hal ini juga diperlukan saat ingin mengklaim garansi, mengamankan perangkat dari serangan virus dan masih banyak alasan lainnya.

Jadi, bagi kamu yang ingin menghapus root Android, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan. Yang pertama silahkan baca artikel Tentang Cara UNROOT Semua Jenis HP Android dan Kedua menginstall ulang firmware atau sistem operasi Android. Cara yang kedua ini bisa kamu baca tutorialnya di Cara Install / Flash ROM Android Samsung via ODIN

Demikianlah Panduan Lengkap Tentang Bagaimana Cara Root dan Install TWRP Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G. Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Terima kasih dan salam.