TWRP + Root Samsung Galaxy A7 Dengan/Tanpa PC

Cara Root Samsung Galaxy A7 (2016) dan A7 (2017) Dengan atau Tanpa Menggunakan Komputer - Setelah beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas tentang Bagaimana Cara ROOT Samsung A5 2016 & 2017 Dengan dan Tanpa PC + Install TWRP, sekarang saya akan membahas tentang Bagaimana Cara Root Samsung A7 Terbitan Tahun 2016 dan 2017.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa melakukan ROOT terhadap sebuah perangkat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan pada saat kita melakukan root adalah kita bisa mendapatkan akses secara penuh terhadap perangkat, sehingga kita bisa menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus, melakukan tweak, meningkatkan performa (kecepatan) melakukan modifikasi interface (tampilan) android dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, kekurang yang didapatkan adalah hilangnya garansi dan jika virus masuk kedalam perangkat, maka virus tersebut bisa dengan leluasa mengotak-atik sistem operasi dan sebagainya. Lebih lanjut mengenai pembahasan tentang hal ini, silahkan kalian baca artikel Tentang Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Root.

Nah, bagi kalian yang mempunyai perangkat Samsung Galaxy A7 Keluaran 2016 & 2017 dan memiliki keinginan untuk melakukan ROOT serta memasang custom recovery (TWRP), berikut ini saya akan sajikan tutorialnya dan akan saya bagi kedalam 4 bagian. Pertama Cara Pasang TWRP, Kedua Root via TWRP, Ketiga Root Melalui Odin (CF Auto Root) dan yang Keempat Root Tanpa Komputer (KingRoot).
Peringatan!
Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

1. Cara Install TWRP Samsung Galaxy A7 2016 dan 2017

Memasang TWRP atau mengganti recovery bawaan (CWM) perangkat Samsung A7, akan dilakukan dengan menggunakan komputer dan aplikasi odin. Untuk cara pemasangannya, berikut langkah-langkahnya.

Langkah #1. Sebelum menuju ketahapan pemasangan TWRP, terlebih dahulu persiapkan beberapa peralatan dan aplikasi yang diperlukan.
  1. Sebuah Komputer, baik itu berupa PC ataupun laptop.
  2. Kabel Data/USB yang asli atau original.
  3. Download Samsung USB Driver kemudian install ke dalam komputer.
  4. Download Aplikasi Odin3 v3.12.3 dan ekstrak filenya.
  5. Download TWRP A7 2016 dan TWRP A7 2017.
Penting!
Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa merestore / mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.
Langkah #2. Aktifkan/Enable OEM Lock dan USB Debugging terlebih dahulu. Jika kalian belum tau caranya, silahkan baca Tutorial Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Lock Samsung atau bisa juga tonton video berikut ini.
[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:

Langkah #3. Matikan Perangkat/Smartphone hingga off total. Selanjutnya masuk ke Downloading Mode dengan cara menekan tombol "Power + Home + Volume Bawah" secara bersamaan selama 3-5 detik hingga terasa ada getaran. Lanjutkan lagi dengan menekan tombol "Volume Atas".

Langkah #4. Seanjutnya, buka komputer dan jalankan aplikasi ODIN dengan cara klik kanan dan pilih "Run as Administrator".

Langkah #5. Sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB. Jika Odin membaca ponsel kalian, maka akan ada notifikasi <ID:0/003> Added!! pada bagian Log Odin.

Langkah #6. Klik pada bagian AP dan cari file TWRP yang sudah kalian download sebelumnya, lalu klik Start dan tunggu hingga proses pemasangannya selesai.

Langkah #7. Jika proses instalasi berhasil, maka akan ada tulisan "PASS" (latar dengan warna hijau). Pada tahap ini, silahkan tutup aplikasi odin dan cabut kabel USB yang menyambungkan antara smartphone dengan PC/Laptop. Namun apabila latarnya warna merah dan ada tulisan FAILED, berarti ada yang bermasalah.

Langkah #8. Untuk masuk ke menu TWRP, silahkan tekan "Tombol Home + Power + Volume Atas" secara bersamaan hingga perangkat bergetar. Selamat pemasangan TWRP sudah berhasil.

2. Cara ROOT Samsung Galaxy A7 2016 dan A7 2017

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan root terhadap ponsel ini, namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan memberikan 3 cara saja, yaitu Root melalui TWRP, Root melalui Odin dan Root dengan KingRoot.

2.1. Root Melalui TWRP (SuperSU)

Pada tahap ini, saya beranggapan bahwa kalian sudah memasang TWRP di dalam ponsel kalian. Untuk itu, langsung saja kita menuju ke tahap rootingnya saja.
  1. Download SuperSU v2.82.zip kemudian simpan filenya di dalam kartu memori / memori internal.
  2. Matikan perangkat dan masuk ke menu TWRP (tekan tombol Home + Power + Vol Atas hingga terasa ada getaran).
  3. Pilih menu Install dan cari file Flashable-SuperSU-v2.82.zip.
  4. Usap ke kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Pilih Reboot to system dan sekali lagi silahkan tunggu hingga ponsel menyala dengan sempurna.
  6. Selamat, ponsel kalian sudah rooted.
Untuk memastikan bahwa perangkat kalian sudah root, silahkan cari aplikasi SuperSU di dalam smartphone. Jika ada berarti rootnya berhasil, jika tidak ada berarti gagal. Untuk lebih memastikannya, silahkan download aplikasi bernama Root Checker yang ada di google play store.

2.2. Root Melalui Odin (CF Auto Root)

Cara kedua untuk melakukan root yang memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi adalah menggunakan file CF Auto Root. Cara ini sudah terbukti ampuh digunakan untuk berbagai jenis dan merk smartphone, salah satunya adalah Samsung. Cara penggunannya pun tergolong mudah, berikut tutorialnya.
  1. Download aplikasi CF Auto Root di https://autoroot.chainfire.eu/. Ingat, pilih yang sesuai dengan nomor model ponsel kalian.
  2. Matikan ponsel.
  3. Masuk ke menu Downloading Mode (tekan tombol Home + Vol Bawah + Power) dan lanjutkan lagi menekan tombol Volume Atas.
  4. Sambungkan ponsel kalian melalui kabel USB ke komputer.
  5. Buka aplikasi ODIN dengan cara Run as administrator.
  6. Klik tombol AP dan cari file CF Auto Root.
  7. Pada tab Option Odin, centang Auto Reboot dan F. Reset Time.
  8. Klik tombol Start dan tunggu hingga proses pemasangan selesai.
  9. Ponsel akan melakukan restart secara otomatis, sekali lagi silahkan tunggu.
  10. Proses restart akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 5 menit, jadi jangan matikan ponsel kalian.
  11. Selesai.

2.3. Root Tanpa Komputer (KingRoot)

Alternatif lain yang patut dicoba untuk melakukan root adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu dengan menggunakan aplikasi Kingroot. Cara menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut.
  1. Download aplikasi KingRoot.zip kemudian ekstrak filenya.
  2. Install aplikasi kingroot.
  3. Jika terdapat pesan Install Blocked, silahkan tap Pengaturan - Keamanan - aktifkan Sumber Tidak Diketahui/Unknow Source.
  4. Sambungkan ponsel kalian ke koneksi internet (wajib).
  5. Jalankan aplikasi kingroot. Jika terdapat pesan Installation Blocked saat proses rooting, tap pada tulisan More Details kemudian pilih Install anyway (Unsave).
  6. Setelah proses rooting selesai, ponsel akan melakukan restart secara otomatis.
  7. Selesai.
Itulah Cara Root Samsung Galaxy A7 2016 dan A7 2017 Dengan atau Tanpa Menggunakan Komputer. Semoga tuturial di atas bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung.