TWRP + Root Samsung J3 Pro J330G Dengan / Tanpa PC

Cara Install TWRP dan Root Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330G Dengan atau Tanpa PC - Pada saat sekarang ini, aplikasi untuk melakukan Root terhadap smartphone android sangat meningkat tajam jika dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya. Begitupun juga hadirnya smartphone-smartphone android terbaru yang dibekali atau dijalankan oleh Sistem Operasi atau OS terbaru pula. Salah satu diantaranya adalah Android Nougat versi 7.0.

Untuk jenis smartphone yang baru-baru ini hadir kepasaran dengan menggunakan Android Nougat, yang dalam pembahasan kali ini adalah Smartphone Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330G tidak serta merta langsung memiliki kode tertentu untuk melakukan root. Butuh waktu bagi para pengembang untuk mengembakan sebuah aplikasi agar kita sebagai penggunanya bisa melakukan rooting.

Sebenarnya di luar sana ada banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melakukan root terhadap Galaxy J3 Pro, namun sayangnya ada beberapa aplikasi yang masih belum mampu untuk meroot perangkat ini. Namun, pada artikel kali ini saya akan memberikan 2 buah tutorial sekaligus kepada teman-teman tentang bagaimana cara ROOT untuk Samsung Galaxy J3 Pro yang saya rasa bisa kita coba bersama-sama.

Yang pertama dengan menggunakan Komputer (PC atau laptop) yang dalam hal ini saya akan menggunakan aplikasi ODIN sebagai medianya dan untuk yang kedua adalah root tanpa PC /laptop yakni dengan menggunakan aplikasi ampuh yakni KingRoot apk. Langsung saja kita menuju ke tutorialnya.


1. Install TWRP Samsung J3 Pro

Sebelum melangkah ke proses pemasangan TWRP, pertama-tama yang harus kalian lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu serta mendownload beberapa aplikasi yang diperlukan. Berikut persiapannya:

1.1. Persiapan Alat dan Bahan

  1. Sebuah Komputer (PC)atau Laptop.
  2. Kabel Data/USB yang Original atau Asli
  3. Download Samsung USB Driver (Langsung Install Kedalam Komputer PC/Laptop).
  4. Download Aplikasi Odin3 v3.12.3 (Ekstrak filenya ke dalam Komputer PC/Laptop).
  5. Download Salah satu file TWRP berikut ini dan simpan filenya di dalam komputer.
  6. Download dua file di bawah dan tempatkan di dalam kartu memori (SD Card) ponsel.

1.2. Proses Pasang TWRP J3 Pro

Setelah semua persiapan di atas sudah dilakukan, selanjutnya mari kita menuju ke proses rooting. Ingat, perhatikan dengan teliti dan jangan sampai ada yang terlewatkan.
Peringatan! : Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.
Penting! : Proses pemasangan TWRP ini memerlukan FORMAT / WIPE DATA. Jadi silahkan lakukan Backup terlebih dahulu semua data yang ada di dalam smartphone Samsung J3 Pro anda ke dalam kartu memori (SD Card) atau ke dalam komputer.

Langkah #1. Buka smartphone kemudian Aktifkan/Enable OEM Lock (OEM Terbuka Kunci) dan USB Debugging (Mendebug USB). Berikut caranya :

  1. Pertama, harus aktikan "Mode Pengembang/Developer Options" terlebih dahulu. Caranya Buka Pengaturan kemudian gulir ke bawah, temukan dan buka About Device (Tentang Device/Telepon).
  2. Selanjutnya, tap sebanyak 5-7 kali pada "Build Number" hingga muncul notifikasi "Mode Pengembang Sudah Aktif" (atau notifikasi sejenisnya).
  3. Setelah mode pengembang sudah aktif, selanjutnya tekan kembali hingga pada menu pengaturan. Gulir ke bawah lagi, temukan dan buka "Developer Option/Mode Pengembang".
  4. Lanjutkan dengan mencari tulisan "OEM Lock" dan "USB Debugging" kemudian aktifkan/enable kedua-duanya.
Jika merasa bingung, silahkan lihat video tentang cara mengaktifkan OEM Lock dan USB Debugging berikut ini.



Langkah #2. Masuk ke menu Downloading Mode dengan cara Nonaktifkan Smartphone hingga off total, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol "Power + Home + Volume Bawah" secara bersamaan selama 3-5 detik hingga muncul tampilan "Downloading Mode". Setelah muncul, lanjutak dengan menekan tombol "Volume Atas".

Langkah #3. Sambungkan perangkat ke Komputer/Laptop dengan menggunakan kabel data/USB, kemudian buka komputer dan jalankan aplikasi ODIN dengan cara Klik kanan dan pilih "Run as Administrator". Perhatikan gambar berikut.

Jika komputer dan smartphone tersambung dengan baik, maka secara otomatis aplikasi ODIN akan mendeteksinya dan akan ada sebuah tanda pada odin yakni ada sebuah box berwarna biru tepat di bahah tulisan "ID:COM" yakni tulisan seperti ini "0:(COM:1) atau 0:(COM:2)" dan seterusnya, serta akan ada sebuah tulisan <ID:0/003> Added!! disebelah kiri aplikasi ODIN.

Langkah #4 : Selanjutnya, pada aplikasi odin, klik "AP". Secara otomatis akan ada layar terbuka dan lanjutkan dengan mencari file "TWRP 3.1.1 J3 Pro" yang sudah diunduh sebelumnya kemudian pilih open.

Pada tahap ini, jangan klik "Start" dahulu, melainkan lakukan beberapa pengaturan lainnya, yaitu buka tab "Option" yang ada di aplikasi odin, kemudian Hilangkan/Jangan Centang pada "Auto Reboot". Untuk "F. Reset Time" centangnya JANGAN DIHILANGKAN. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut ini.


Langkah #5 : Setelah semua pengaturannya sudah sesuai dengan gambar di atas, selanjutnya klik pada tombol "START" dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Langkah #6 : Jika proses instalasi berhasil, maka akan ada tulisan "PASS" (latar warna hijau). Pada tahap ini, silahkan tutup aplikasi odin dan cabut kabel USB yang menyambungkan antara smartphone dengan PC/Laptop.

Langkah #7: Untuk masuk ke Mode Recovery (TWRP) untuk pertama kalinya, sobat harus melakukan cara di bawah ini. Jika tidak TWRP yang sudah dipasang akan kembali tergantikan (direplace) oleh CWM bawaan ponsel dan sobat harus mengulanginya dari awal lagi.
  • Tekan dan tahan tombol "Home + Vol Bawah + Power" secara bersamaan hingga ponsel bergetar.
  • Sesaat setelah ada getaran, segera tekan pindahkan jari dari "Volume Bawah" ke "Volume Atas" (secepat mungkin) dengan tetap menahan Tombol "Home + Power".
Untuk masuk ke Mode Recovery selanjutnya, caranya sudah kembali normal yaitu dengan menekan tombol "Home + Vol Atas + Power".

Langkah #8: Agar TWRP Samsung J3 Pro bisa permanen, silahkan lakukan Format Data. Caranya tap pada menu Wipe » Format Data. Selanjutnya ketik yes untuk mengkonfirmasi perintah lalu tekan Go. Tunggu hingga prosesnya selesai. Selamat.

2. Proses Rooting Samsung J3 Pro via TWRP

Di bawah ini ada beberapa pilihan yang bisa kalian coba untuk melakukan root, diantaranya tanpa komputer, via ODIN dan flashing melalui TWRP.

2.1. Root dengan SuperSU

Pada tahap ini, saya beranggapan bahwa kalian sudah memasang TWRP di dalam ponsel kalian. Untuk itu, langsung saja kita menuju ke tahap rootingnya saja.
  1. Matikan perangkat dan masuk ke menu TWRP (tekan tombol Home + Power + Vol Atas hingga terasa ada getaran). Tetapi apabila anda masih berada pada menu TWRP, silahkan lewati langkah ini.
  2. Pilih menu Install dan cari file no-verity-opt-encrypt-5.1.zip yang sebelumnya sudah anda tempatkan di dalam kartu memori J3 pro.
  3. Usap ke kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  4. Tekan Back / Kembali lalu pilih menu Install lagi.
  5. Cari file SuperSU-v2.82.zip.
  6. Sekali lagi usap ke arah kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  7. Tap tombol back dan pilih Reboot to system dan sekali lagi silahkan tunggu hingga ponsel menyala dengan sempurna.
  8. Selesai.

2.2. Root dengan Magisk

Magisk merupakan sebuah aplikasi terbaru yang dikembangkan oleh salah seorang member di XDA-Developers dan aplikasi ini memilik 2 metode yang bisa digunakan untuk melakukan root, yaitu flash MagiskRoot melalui TWRP dan Install menggunakan Magisk Manager.

Penggunaannyapun hampir sama dengan SuperSU, namun magisk memiliki metode ROOT terbaik untuk saat ini. Untuk tutorial serta link downloadnya, silahkan kalian buka artikel Tentang Bagaimana Cara ROOT Menggunakan Magisk. Selain tutorial dan link downloadnya, disana juga dijelaskan beberapa kelebihan, kekurangan dan cara kerjanya.

3. Root Melalui Odin (CF Auto Root)

Cara ketiga yang memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi adalah menggunakan file CF-Auto-Root. Cara ini sudah terbukti ampuh digunakan untuk berbagai jenis dan merk smartphone, salah satunya adalah Samsung. Cara penggunannya pun tergolong mudah, berikut tutorialnya.
  • Download aplikasi CF-Auto-Root-J3Pro dan ekstrak filenya ke dalam komputer.
  • Matikan ponsel.
  • Masuk ke menu Downloading Mode (tekan tombol Home + Vol Bawah + Power) dan lanjutkan lagi menekan tombol Volume Atas.
  • Sambungkan ponsel kalian melalui kabel USB ke komputer.
  • Buka aplikasi ODIN dengan cara Run as administrator.
  • Klik tombol AP dan cari file CF-Auto-Root.
  • Pada tab Option Odin, centang Auto Reboot dan F. Reset Time.
  • Klik tombol Start dan tunggu hingga proses pemasangan selesai.
  • Ponsel akan melakukan restart secara otomatis, sekali lagi silahkan tunggu.
  • Proses restart akan membutuhkan waktu kurang lebih 10 hingga 15 menit, jadi jangan matikan ponsel kalian.
  • Selesai.

[Video] Cara Menggunakan CF Auto ROOT


Untuk memastikan apakah berhasil atau tidak, silahkan cari aplikasi SuperSU di dalam smartphone. Jika ada berarti rootnya berhasil, jika tidak ada berarti gagal. Untuk lebih memastikannya, silahkan download aplikasi bernama Root Checker yang ada di google play store.


4. Root Samsung J3 Pro TANPA Komputer (PC/Laptop)

Satu hal yang perlu kalian ketahui, bahwa metode ini memiliki tingkat keberhasilannya sangat rendah. Namun, tidak ada salahnya jika kalian mau mencobanya. Alternatif yang bisa kalian gunakan dengan menggunakan Aplikasi KINGROOT. Mengapa saya menyarankan aplikasi KINGROOT? Karena sejauh ini, aplikasi yang paling berhasil melakukan root tanpa PC adalah KingRoot dan saya juga sudah membuktikannya sendiri.

Langkah #1. Unduh aplikasi KINGROOT.zip kemudian ekstrak filenya dan pasang ke dalam perangkat.

Langkah #2. Apabila terdapat pesan "Install Blocked" silahkan buka menu Pengaturan » Keamanan » aktifkan Sumber Tidak Diketahui/Unknow Source". Apabila terdapat pesan "Installation Blocked" yang kedua, silahkan tap "More Details" kemudian pilih "Install anyway (Unsave)".

Mengapa pemasanganannya diblokir? Karena KingRoot merupakan aplikasi pihak ketiga (bukan dari Google Play Store) yang membutuhkan izin untuk pemasangannya.

Langkah #3. Sebelum menjalankan Kingroot, perangkat harus mendapatkan sambungan internet baik melalui koneksi Wi-Fi, hotspot ataupun sambungan data seluler. Nah, mengapa sambungan internet diperlukan? karena proses rooting akan dilakukan secara online yang dalam hal ini melalui server KingRoot sendiri. Jadi tanpa adanya sambungan internet, proses rooting tidak akan berhasil.

Langkah #4. Jalankan aplikasi dan lanjutkan dengan tap/mengklik "Root" yang berada di lingkaran biru dan tunggu hingga prosesnya selesai.


Langkah #5. Apabila proses rooting berhasil, maka perangkat secara otomatis akan melakukan restart. Namun jika gagal, maka akan ada sebuah pesan Failed.

Sekali lagi untuk mengecek bahwa apakah perangkat benar-benar sudah root, maka silahkan download aplikasi Root Checker yang ada di Google Play Store.

5. Bantuan dan Saran

Sebagai bahan evaluasi dan bahan referensi bagi teman-teman lainnya, apabila kalian gagal atau berhasil melakukan rooting terhadap smartphone Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330Gkalian, mohon untuk meninggalkan komentar pada kolom komentar yang sudah saya sediakan.

Dan apabila kalian mengalami kendala pada saat mengikuti tutorial di atas, meninggalkan komentar atau bisa juga menghubungi admin melalui formulir Contact US. Dan satu hal lagi, apabila kalian ingin "Melakukan UNROOT" silahkan baca tutorialnya di "Cara UNROOT Android untuk Semua Jenis Device Terbaru".

Demikian tutorial tentang Bagaimana Cara Root dan Install TWRP Samsung Galaxy J3 Pro ini, semoga memberikan manfaat kepada kalian. Terima kasih dan salam.