TWRP + Root Samsung J7 Core Dengan/Tanpa PC

Panduan Lengkap Bagaimana Cara Install TWRP dan Root Samsung Galaxy J7 Core SM-J701F Dengan atau Tanpa Menggunakan Komputer - Rooting adalah salah satu jalan yang bisa dilakukan oleh pengguna Samsung Galaxy J7 Core untuk membuka akses secara penuh terhadap sistem operasi android. Dengan kata lain, root dapat memberikan akses tanpa batas baik itu untuk melakukan kostumasi, meningkatkan kecepatan dengan menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus atau melakukan hal-hal lain sesuai keinginan.

Untuk meroot ponsel pintar Samsung J7 Core, ada beberapa alternatif yang bisa dicoba, diantaranya dengan menggunakan bantuan PC yang dalam hal ini memasang custom TWRP terlebih dahulu melalui aplikasi ODIN kemudian proses rooting akan dilakukan melalui TWRP tersebut. Sedangkan tanpa menggunakan komputer, bisa dilakukan dengan memasang aplikasi pihak ketiga seperti KingRoot, FramaRoot dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa sejak pertama kali dirilis, Samsung Galaxy J7 Core sudah menggunakan Sistem Operasi Android versi Nougat 7.0, jadi ketika kalian ingin memasang TWRP atau Root, maka diperlukan file versi terbaru pula yang sudah mendukung OS Nougat 7.0 tersebut. Hal ini tentu saja akan menjadi penentu berhasil atau tidaknya menginstall custom recovery dan me-root perangkat.

Untuk itu, bagi kalian yang sedang mencari solusi mengenai hal di atas, mungkin tutorial berikut ini bisa menjadi solusi terbaik bagi kalian. Karena saya akan menyediakan beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk meroot Samsung J7 Core, baik itu dengan ataupun Tanpa memakai komputer. Namun untuk rooting melalui TWRP, tentu saja kalian harus memamkai PC / Laptop. Karena pemasangan TWRP akan dilakukan dengan memakai komputer dan aplikasi ODIN sebagai medianya.

Singkatnya, skema rooting dengan komputer seperti ini. Smartphone » Komputer » Aplikasi Odin » Pasang TWRP » Root via TWRP » Selesai. Terlihat panjang, namun persentase keberhasilannya sangat tinggi. Untuk skema tanpa PC kurang lebih seperti ini : Smartphone » Aplikasi Root » Proses » Selesai. Cukup singkat tetapi tingkat keberhasilannya sangatlah rendah.
Peringatan!
Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. Pelajari selengkapnya »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

1. Root Samsung J7 Core Dengan PC

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa skema rooting memakai komputer memang cukup panjang serta memerlukan beberapa file pendukung, namun tingkat keberhasilannya sangatlah tinggi.

1.1. Persiapan

  1. Siapkan Komputer, baik itu berupa PC ataupun laptop.
  2. Siapkan Kabel Data/USB yang asli atau original.
  3. Unduh Samsung USB Driver kemudian install ke dalam komputer.
  4. Unduh ODIN3_v3.12.3 dan ekstrak filenya kedalam komputer kalian.
Untuk file root dan TWRP, belum saya sertakan pada tahap persiapan dasar di atas dan akan saya sertakan nanti pada tiap-tiap tahapan.
Penting!
Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa merestore / mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.

1.2. Pasang Custom Recovery TWRP

Penjelasan dibawah ini mungkin cukup panjang, tetapi sebenarnya proses pemasangan custom recovery sangatlah sederhana.
Langkah #2. Download TWRP-J7-Core-SM-J701Fv3.1.1 kemudian simpan di penyimpanan komputer serta tidak perlu diekstrak.

Langkah #2. Selanjutnya, aktifkan OEM Lock dan USB Debugging. Untuk mengaktifkan kedua mode ini, silahkan baca Tutorial Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Lock Samsung atau bisa juga tonton video berikut ini.

Langkah #3. Matikan smartphone hingga off total atau terasa ada getaran. Selanjutnya masuk ke Downloading Mode. Caranya, silahkan tekan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan sampai smartphone kalian bergetar. Setelah itu tekan lagi tombol Volume Atas untuk continue.

Langkah #4. Jalankan aplikasi ODIN dengan cara klik kanan kemudian pilih Run as Administrator.

Langkah #5. Hubungkan Smartphone ke komputer menggunakan kabel USB. Jika Odin membaca Smartphone kalian, maka akan ada pesan <ID:0/003> Added!! pada bagian Log Odin.

Langkah #6. Klik tombol AP atau PDA jika kalian menggunakan ODIN versi lawas dan cari file TWRP yang sudah kalian download sebelumnya, lalu klik tombol Start. Tunggu hingga proses pemasangannya selesai.

Langkah #7. Jika proses instalasi berhasil, maka akan ada tulisan PASS (latar dengan warna hijau). Pada tahap ini, silahkan tutup aplikasi odin dan cabut kabel USB yang menyambungkan antara Smartphone dengan komputer.

Langkah #8. Biasanya, setelah proses pemasangan selesai, secara otomatis Smartphone akan reboot sendiri dan masuk kedalam custom recovery TWRP. Tapi jika hal ini tidak terjadi, silahkan tekan tombol Power + Home + Volume Atas secara bersamaan hingga perangkat bergetar. Selamat pemasangan TWRP sudah berhasil.

1.3. Root dengan SuperSU

  1. Install TWRP terlebih dahulu. Jika belum terpasang, lihat tutorial Nomor 1.2 di atas. Jia sudah, lewati langkah ini.
  2. Download SuperSU-v2.82.zip kemudian simpan filenya di dalam memori telepon atau kartu memori.
  3. Matikan smartphone dan masuk ke menu TWRP (tekan tombol Home + Power + Vol Atas hingga terasa ada getaran).
  4. Pilih menu Install, cari serta pilih file Flashable-SuperSU-v2.82.zip.
  5. Usap ke kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  6. Setelah selesai, pilih Wipe Dalvik/Cache.
  7. Selanjutnya tap menu Reboot to system dan sekali lagi silahkan tunggu hingga Smartphone menyala dengan sempurna.
  8. Selesai.

1.4. Root dengan MagiskRoot

Magisk merupakan sebuah aplikasi terbaru yang dikembangkan oleh salah seorang member di XDA-Developers dan aplikasi ini memilik 2 metode yang bisa digunakan untuk melakukan root, yaitu flash MagiskRoot melalui TWRP dan Install menggunakan Magisk Manager.

Penggunaannyapun hampir sama dengan SuperSU, namun magisk memiliki metode ROOT terbaik untuk saat ini. Untuk tutorial serta link downloadnya, silahkan kalian buka artikel Tentang Bagaimana Cara ROOT Menggunakan Magisk. Selain tutorial dan link downloadnya, disana juga dijelaskan beberapa kelebihan, kekurangan dan cara kerjanya.

1.5. Root via Odin (CF Auto Root)

Root memakai cara ini tidak dilakukan melalui custom recovery, tetapi langsung melalui odin. Prosesnya sama persis saat memasang TWRP.
  1. Download CF Auto Root (didalamnya sudah disertakan aplikasi ODIN). Ingat pilih file sesuai dengan nomor model Smartphone kalian.
  2. Matikan Smartphone.
  3. Masuk ke menu Downloading Mode (tekan tombol Home + Vol Bawah + Power), lanjutkan lagi menekan tombol Volume Atas.
  4. Sambungkan Smartphone kalian melalui kabel USB ke komputer.
  5. Jalankan ODIN dengan cara klik kanan, pilih Run as administrator.
  6. Klik tombol AP dan cari file CF Auto Root.
  7. Sebelum lanjut, klik tab Option Odin, centang Auto Reboot dan F. Reset Time.
  8. Klik Start dan tunggu hingga proses pemasangan selesai.
  9. Smartphone akan melakukan restart secara otomatis serta membutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 5 menit, sekali lagi silahkan tunggu.
  10. Selesai.


2. ROOT Tanpa Komputer

Bagi kalian yang tidak memiliki komputer, dibawah ini ada dua cara yang bisa dicoba. Tetapi sekali lagi saya ingatkan bahwa rooting memakai apalikasi pihak ketiga apapun, cenderung memiliki persentase keberhasilan yang sangat kecil bahkan gagal. Namun apabila tetap ingin mencobanya, berikut ini 2 rekomendasi apk yang paling sering berhasil meroot smartphone.

2.1. FramaRoot.apk

  1. Download FramaRoot.apk Ekstrak filenya kedalam penyimpanan ponsel.
  2. Install aplikasi FramaRoot.
  3. Akan ada pesan Install Blocked. Silahkan buka Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  4. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat pemasangan, tap tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  5. Jalankan aplikasi FramaRoot.
  6. Lihat di bagian atas, pastikan yang terpilih SuperUser / SuperSU.
  7. Selanjutnya, pilih Barahir. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Setelah selesai, restart smartphone kalian.
  9. Selesai.

2.2. KingRoot.apk

  1. Download aplikasi KingRoot.zip kemudian ekstrak filenya.
  2. Sambungkan Smartphone ke koneksi internet (wajib).
  3. Install aplikasi kingroot.
  4. Jika ada pesan Install Blocked, silahkan tap Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  5. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat penginstalan, tap pada tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  6. Setelah proses install selesai, aplikasinya jangan dijalankan dulu, melainkan buka Pengaturan » Accessibility » Gulir Kebawah, buka KingRoot » Aktifkan / Enable » Pilih OK.
  7. Jalankan KingRoot. Secara otomatis kingroot akan melakukan cek, tunggu beberapa saat.
  8. Selanjutnya, tap Try Root.
  9. Setelah proses rooting selesai, restart Smartphone kalian.
  10. Selesai.
Untuk memastikan bahwa perangkat kalian sudah root, silahkan cari aplikasi SuperSU di dalam menu android kalian. Jika ada berarti rootnya berhasil, jika tidak ada berarti gagal. Untuk lebih memastikannya, silahkan download aplikasi bernama Root Checker yang ada di google play store.

3. UNROOT

Unroot atau yang lebih dikenal menghapus Root bisa dilakukan dengan menggunakan / tanpa komputer. Biasanya hal ini juga diperlukan saat ingin mengklaim garansi, mengamankan perangkat dari serangan virus dan masih banyak alasan lainnya. Tetapi perlu dipahami bahwa ketika memodifikasi / meroot smartphone, keperawanan pengaman seperti Knox untuk Samsung akan jebol selamanya dan tidak akan bisa dikembalikan seperti semula. Jadi sebelum meroot, lebih baik pikirkan secara baik-baik akan hal ini.

Nah, bagi kalian yang ingin menghapus root Android, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan. Yang pertama silahkan baca artikel Tentang Cara UNROOT Semua Jenis HP Android dan Kedua menginstall ulang firmware atau sistem operasi Android. Cara yang kedua ini bisa kalian baca tutorialnya di Cara Install / Flash ROM Android Samsung via ODIN
Demikianlah Panduan Lengkap Bagaimana Cara Install TWRP dan Root Samsung Galaxy J7 Core SM-J701F Dengan atau Tanpa Menggunakan Komputer. Semoga panduan kali ini memberikan manfaat. Terima kasih sudah berkunjung, salam dan sampai jumpa di artikel berikutnya.