4 Cara Screenshot Oppo A12 Dengan / Tanpa Tombol

Cara Screenshot Oppo A12 Dengan / Tanpa Tombol - Vendor smartphone asal China, Oppo, baru saja meluncurkan perangkat terbaru mereka di Indonesia, yaitu Oppo A12. Ini merupakan ponsel entry-level yang secara resmi sudah mulai dipasarkan sejak pertengahan April 2020 ini.

Di tanah air, Oppo A12 dibanderol seharga Rp2.499.000 dengan menawarkan beberapa spesifikasi unggulan dikelasnya. Termasuk mengemas RAM 4GB, internal storage 64GB, baterai 4230mAh, chipset Mediatek Helio P35, dual kamera belakang (13 + 2 MP), layar 6,22 inci serta beberapa fitur penting lainnya.

Untuk perangkat lunaknya sendiri, saat pertama kali diluncurkan masih menjalankan OS Android Pie 9.0 yang dibalut antarmuka ColorOS 6.1. Meski bukan OS Android Q 10.0 (terbaru saat ini), tetapi di dalamnya telah ditanamkan berbagai fitur menarik, termasuk screenshot / tangkapan cuplikan layar.

Menariknya, fitur screenshot yang disediakan oleh Oppo A12 tidak hanya satu, melainkan ada 5 buah metode yang dapat digunakan. Diantaranya SS menggunakan tombol fisik 2 jari, tanpa tombol yakni swipe 3-finger screenshot dan shortcut smart sidebar serta long screenshot (panjang).

Baca juga: 4 Cara Screenshot Realme C3 Tanpa Tombol Tanpa Aplikasi

Nah, karena HP Oppo A12 masih tergolong baru, mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui bagaimana caranya mengambil screenshot pada ponsel ini. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial lengkapnya.

Screenshot Oppo A12 Tombol 2 Jari


Tidak jauh berbeda dengan smartphone android pada umumnya, cara yang paling mudah untuk mengambil SS HP Oppo A12 adalah menggunakan dua tombol fisik "Power + Volume Bawah".

Kedua tombol tersebut ditekan secara bersamaan selama kurang lebih 1 hingga 2 detik. Bila berhasil, maka layar berkedip dan ponsel mengeluarkan bunyi shutter serta muncul sebuah pop-up gambar kecil pada layar.

Sayangnya, meskipun cara ini sangat mudah untuk digunakan, tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dini pada kedua tombol apabila terlalu sering digunakan.

Untuk itu, solusi terbaik untuk mengambil tangkapan layar bisa diakali dengan menggunakan metode tanpa tombol dan tanpa install aplikasi.

Baca juga: 4 Cara Screenshot Realme 6, 6i, 6 Pro Tanpa Tombol

Screenshot Oppo A12 Tanpa Tombol

Dua fitur screenshot tanpa tombol yang ditawarkan oleh Oppo A12 yaitu dengan menggunakan swipe 3-finger screenshot dan melalui shortcut smart sidebar.

Karena keduanya ini merupakan fitur tersembunyi, tentu sebelum menggunakannya harus diaktifkan terlebih dahulu di dalam menu pengaturan. Untuk caranya, silahkan simak panduan berikut.

Swipe 3 Jari (3-Finger Screenshot)

  1. Buka menu "Settings" » "Convenience Aid" » "Gesture & Motion".
  2. Didalamnya silahkan aktifkan [3-Finger Sceenshot] dengan menekan tombol aktivasi disampingnya.
  3. Bila sudah aktif, kalian bisa langsung menggunakannya dengan cara mengusap atau swipe layar ke arah bawah menggunakan 3 jari sekaligus.
  4. Ketika SS berhasil dilakukan, maka layar akan berkedip diikuti adanya bunyi shutter.
  5. Hasil tangkapan layar secara otomatis akan tersimpan di folder Gallery.

Selain cuplikan layar tampilan penuh, Oppo A12 juga telah menyediakan opsi tambahan untuk mengambil cuplikan hanya sebagian pada layar. Contohnya seperti gambar berikut.

Nah, untuk memakainya cukup menahan 3 jari pada layar kemudian geser ke bagian area yang diinginkan.

Screenshot Melalui Shorcut Smart Sidebar


  1. Masuk ke menu [Settings] » [Convenience Aid], kemudian aktifkan [Smart Sidebar].
  2. Bila sudah aktif, maka akan terdapat sebuah panah kecil di samping kanan layar. Untuk memunculkan Smart Sidebar secara penuh, cukup menggeser panah kecil tersebut ke arah kiri.
  3. Setalah itu, kalian bisa langsung mengambil SS dengan memilih tulisan "Screenshot" yang terdapat di dalamnya.

Baca juga: 5 Cara Screenshot HP Oppo A31 (2020) Dengan / Tanpa Tombol

Screenshot Panjang (Long) Oppo A12

Selain metode yang telah dibahas di atas, HP Oppo A12 juga telah menyediakan fitur long screenshot yang berfungsi untuk mengambil cuplikan layar secara memanjang ke bawah. Untuk cara penggunaannya sendiri, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.
  1. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengambil SS memakai salah satu dari 3 metode di atas.
  2. Setelah itu tap atau buka hasil tangkapan SS yang muncul pada layar atau pada bar notifikasi.
  3. Selanjutnya ketuk opsi [Long Screenshot].
  4. Gulir terus ke bawah sampai batas konten yang hendak diambil.
  5. Bila sudah mencapai batas, langsung saja tap [Done / Selesai].
  6. Sama seperti metode sebelumnya, hasil long SS juga akan tersimpan di dalam folder Gallery.
  7. Selesai.

Baca juga: 5 Cara Screenshot Redmi 8, 8A, 8A PRO Dengan / Tanpa Tombol

Bagaimana? Mudah bukan? Nah itulah tutorial terlengkap bagaimana cara ambil screenshot HP Oppo A12, baik menggunakan tombol, tanpa tombol maupun screenshot panjang pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.