Cara Menambang Bitcoin Menggunakan CPU / VGA Card

Tutorial Bagaimana Cara Menambang Bitcoin Menggunakan CPU/GPU (VGA/Kartu Grafis) - Kesempatan untuk mendapatkan uang melalui internet pada masa sekarang ini memiliki peluang yang cukup besar. Hal ini tentu dipengaruhi oleh banyaknya pengguna internet pada masa sekarang ini ataupun masa yang akan datang. Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan uang dari internet adalah dengan cara membuat bisnis online, megupload video di akun youtube kemudian kita monetize, membuat website dan mendaftarkannya ke Google Adsense, menambang Bitcoin dan masih banyak hal lagi yang bisa kita lakukan.

Namun, pada kesempatan kali ini, saya tidak akan membahas tentang bisnis online, membuat website, melainkan saya akan memberikan tutorial kepada kalian tentang Bagaimana Cara Menambang / Miner Bitcoin dengan menggunakan komputer yang dalam hal ini memakai CPU dan GPU / VGA sebagai hardware dan NiceHash Miner sebagai aplikasinya. Bagi kalian yang masih awam tentang bitcoin, berikut ini saya sajikan uraian singkatnya.

A. Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital atau virtual. Konsepnya mungkin terdengar seperti eGold, walaupun sebenarnya jauh berbeda.

Sekedar informasi bagi kalian, bahwa nilai tukar untuk setiap bitcoin saat ini (September 2017) berada pada kisaran angka Rp. 55,000,000 hingga Rp. 65,000,000 untuk setiap keping bitcoin.

B. Apa Fungsi Bitcoin?

Pada dasarnya, bitcoin bisa dikatakan adalah mata uang virtual yang bisa kita gunakan untuk keperluan apa saja di internet. Misalnya berbelanja online seperti membeli smartphone, membeli pulsa, membeli pakaian dan membeli barang-barang online lainnya. Selain itu, bitcoin juga bisa kita gunakan untuk melakukan pembayaran online seperti membaya tagihan listrik, air dan sebagainya.

Bitcoin selain bisa digunakan sebagai alat pembayaran secara online, juga bisa digunakan untuk keperluan pembayaran secara langsung. Contohnya seperti ini, jika kita berbelanja pada suatu tempat dan tempat tersebut menerima pembayaran melalui bitcoin, maka kita tinggal mengarahkan smartphone kita ke layar yang didalamnya berisikan QR Code tagihan pembayaran tersebut. Secara otomatis, bitcoin yang ada dalam akun (wallet) kita akan berkurang sesuai dengan nilai tagihan. Jadi kita tidak perlu lagi membawa uang kemana-mana, cukup bermodalkan smartphone saja, maka kita bisa berbelanja sepuasnya.

C. Cara Menambang Bitcoin Dengan NiceHash Miner

Untuk mining atau menambang bitcoin, diperlukan sebuah komputer, aplikiasi miner dan sambungan internet. Karena pada dasarnya, proses mining akan dilakukan melalui website tertentu yang menyediakan bitcoin untuk ditambang melalui aplikasi miner.

Karena bitcoin terlalu berharga, maka jangan harap untuk bisa mendapatkannya dengan mudah. Diperlukan biaya yang cukup lumayan besar untuk menambang bitcoin. Hal ini disebabkan karena proses mining membutuhkan waktu berhari-hari hingga berbulan-bulan dan diperlukan sebuah komputer dengan kemampuan yang cukup bagus dan cepat. Semakin cepat komputer yang kalian pakai, semakin cepat pula bitcoin kalian dapatkan.

Langkah #1. Siapkan sebuah komputer. Dalam hal ini saya sarankan agar kalian menyiapkan komputer yang memiliki CPU berkecepatan tinggi dan VGA Card atau Kartu Grafis yang bagus pula.

Langkah #2. Buat akun sebagai tempat penampungan bitcoin kalian nantinya di situs https://www.bitcoin.co.id/ atau di www.coins.id. Jika kalian sudah memiliki sebuah akun, selanjutnya pada tab "Wallet" klik "Wallet Address" kemudian copy code yang ada didalamnya. Contohnya seperti ini :



Langkah #3. Download aplikasi MineHash Miner kemudian install kedalam komputer kalian dan jalankan. Secara otomatis, MineHash Miner akan melakukan test benchmark terhadap CPU dan GPU kalian. Proses ini mungkin memakan waktu 2 hingga 5 menit.

Langkah #4. Apabila proses test bencmark sudah selesai dilakukan, selanjutnya pada tab "Wallet". Akan ada sebuah jendela baru muncul, lalu masukkan alamat wallet yang sudah kalian copy sebelumnya. Untuk pengaturan lainnya, saya rasa tidak perlu kalian atur lagi cukup klik pada tombol "Start" saja untuk memulai proses penambangan.



Langkah #5. Untuk menerima bitcoin hasil mining, dibutuhkan proses penambangan dalam kurun waktu yang cukup panjang, bisa berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan. Tergantung dari kalkulasi Bitcoin dan ketika semuanya sudah selesai dikalkulasi, otomatis hasil dari penambangan kalian akan dikirimkan ke dalam akun/wallet kalian.
[Video] Cara Menambang Bitcoin Menggunakan CPU / VGA Card

D. Bantuan dan Saran

Untuk menambang bitcoin, sebenarnya di luar sana ada banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan, tetapi pada tutorial di atas saya menggunakan aplikasi NiceHash Miner. Tetapi apabila kalian ingin mencoba aplikasi yang lainnya, saya sarankan agar mencoba aplikasi GUIMiner.

Cara penggunaannya hampir sama saja dengan NiceHash Miner, hanya saja yang membedakan ada pada tampilannya saja. Dan apabila kalian masih belum puas menggunakan salah satu dari dua aplikasi yang saya saranka, kalian bisa mencarinya sendiri di google.

Demikianlah tutorial tentang Bagaimana Cara Menambang Bitcoin Menggunakan CPU/GPU (VGA/Kartu Grafis) di atas. Semoga apa yang saya sajikan kali ini bermanfaat bagi kalian yang ingin menambang bitcoin. Jika ada pertanyaan, silahkan meninggalkan pada kolom komentar yang sudah kami sediakan atau bisa juga kalian menghubugi admin melalui formulir Contact US. Terima kasih dan salam.