Cara Unlock Bootloader Redmi 8, 8A, 8A PRO Tanpa Request

Cara UBL HP Xiaomi Redmi 8 Olive, 8A OliveLite dan 8A PRO Terbaru 2020 - Hanya berselang beberapa bulan setelah peluncuran Redmi 8 dan Redmi 8A, tepatnya Desember 2019 lalu, Xiaomi pun kembali meluncurkan Redmi 8A PRO sebagai penerus terbaru dari keluarga Redmi 8 Series. Ponsel ini secara resmi diluncurkan awal April 2020.

Dari segi desain, spesifikasi hingga fitur ketiganya tidak terlalu memiliki banyak perbedaan yang signifikan. Hanya saja beberapa bagian spek dan fitur Redmi 8A PRO sedikit lebih unggul dibanding dua pendahulunya tersebut.

Di Indonesia, duo Redmi 8 ini dipasarkan dengan banderol harga perdana mulai Rp 1,3 jutaan yang hadir membawa RAM 3GB dalam dua opsi memori internal, yakni 32GB dan 64GB. Sedangkan untuk Redmi 8A Pro dijual seharga Rp1.549.000 (2GB/32GB) dan Rp1.649.000 (3GB/32GB).

Saat pertama kali meluncur, baik Redmi 8 (Olive), 8A (Olivelite) maupun Redmi 8A PRO, masih menjalankan ROM MIUI 10 berbasis Android Pie 9.0 (mungkin sekarang telah rilis update terbaru MIUI 11 Android Q 10.0). ROM yang menjalankan ketiganya tersebut sudah tentu dibekali dukungan pengembangan.

Seperti Firmware / custom ROM, Mi Flash Unlock untuk Unlock Bootloader (UBL), Mi Flash Tool untuk mem-flash berbagai jenis file (TWRP, ROOT, Xposed). Beberapa dukungan pengembangan yang telah disebutkan, hanya bisa dilakukan setelah melakukan Unlock Bootlader atau UBL.

Hal ini diperlukan agar akses ke dalam perangkat bisa dijangkau sepenuhnya tanpa ada batasan dari sistem. Sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan tweak dengan mudah. Misalnya melakukan ROOT, pasang Xposed Framework, Flash TWRP / Stock ROM, flash Magisk Root, dan sebagainya.

Nah, untuk proses Unlock Bootloader Redmi 8/8A/PRO, sejauh ini ada dua metode yang bisa diterapkan, yakni cara baru (tanpa request) dan cara lama (memerlukan request unlock bootloader terlebih dahulu). Tetapi untuk tutorial kali ini, saya hanya akan fokus UBL Terbaru tanpa request.

Untuk cara lama, sobat bisa mencarinya sendiri. Lantas bagaimana caranya? Berikut tutorial terlengkapnya.

1. Resiko dan Manfaat Unlock Bootloader Redmi 8/8A/PRO

Setiap ponsel Xiaomi yang Bootloadernya hendak di-Unlock, tentu ada manfaat dan resiko yang akan ditimbulkan. Untuk itu, sebelum melakukannya, pastikan sobat paham dan tau resiko apa saja akan didapatkan saat melakukan proses Unlock ini. Untuk lebih jelasnya, berikut kelebihan dan kekurangan Unlock Bootloader Redmi 8/8A/PRO.

1.1. Resiko UBL

  1. Dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.
  2. Sistem keamanan akan lemah, sehingga rawan serangan virus / malware.
  3. Garansi resmi / toko ponsel akan hilang.
  4. Banyak fitur akan hilang, seperti Fitur Find Device, Added value services dan sebagainya.
  5. Ponsel tidak dapat lagi mendapatkan dukungan reguler Update OS dan Fitur dari developer.

1.2. Manfaat UBL

  1. Ruang gerak pengguna sudah tidak dibatasi (bebas).
  2. Bebas mem-flash file apa saja, seperti TWRP, Xposed, root, custom ROM, mod Gcam.
  3. Dapat meningkatkan performa / kinerja perangkat.
  4. Dapat melakukan kostumasi tampilan sesuai keinginan.

2. Syarat dan Alat Unlock Bootloader Redmi 8/8A/PRO

Setelah sobat paham dengan resiko yang ditimbulkan oleh Unlock Bootlader dan sudah yakin ingin melakukannya, maka langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah mempersiapkan semua keperluan yang dibutuhkan. Apa saja itu, berikut daftar lengkapnya.

2.1. Syarat

  1. ROM MIUI harus OFFICIAL (Global Stable) dan bukan custom ROM.
  2. Nomor HP yang ada di dalam ponsel harus masih aktif atau masih digunakan.
  3. Buat Mi Account di dalam ponsel, caranya silahkan buka Settings » Account kemudian buat Mi Account baru.
  4. Mi Account yang sudah terdaftar di dalam ponsel berumur minimal 3 hari.
  5. MI Account sudah login di ponsel.

2.2. Alat UBL

  1. Komputer (PC/Laptop) berbasis Windows.
  2. Pastikan komputer mempunyai sambungan internet, baik dari modem ataupun WiFi.
  3. Kabel USB yang masih berfungsi dengan baik.
  4. Download dan Install Xiaomi USB/ADB Driver Installer ke dalam komputer.
  5. Download MI_Flash_Unlock (ekstrak menggunakan winrar / 7-Zip).

3. Developer Options Redmi 8/8A/PRO

Sebelum menuju ketahapan Unlock Bootloader, terlebih dahulu sobat harus memunculkan Opsi Pengembang (Developer Options) untuk mengaktfikan fungsi OEM Unlock dan USB Debugging serta untuk keperluan Status Mi Unlock.

3.1. Memunculkan Opsi Pengembang

  1. Buka menu Settings » About Phone.
  2. Ketuk sebanyak 7 hingga 10 kali pada MIUI Version sampai muncul notifikasi "You are a developer now" atau notifikasi sejenisnya.
  3. Pada tahap ini, menu Opsi pengembang telah muncul. Nah, untuk melihatnya, silahkan buka kembali menu Settings » Additional settings.
  4. Selamat, menu Opsi pengembang ponsel telah muncul.

3.2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging

Setelah menu Opsi pengembang Redmi 8/8A/PRO telah muncul, tahap berikutnya adalah mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock agar ponsel bisa terdeteksi atau sinkron dengan baik dengan komputer.
  1. Buka menu Settings » Additional settings.
  2. Pilih Developer Options.
  3. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock dengan cara tekan tombol toggle aktivasi disampingnya.
  4. Tap OK/Enable untuk konfirmasi pilihan.
  5. Selesai.

3.3. Sinkronisasi Akun Mi di MI Unlock Status

Setelah OEM Unlock dan USB Debugging diaktifkan, selanjutnya lakukan sinkronisasi akun Mi yang ada didalam menu Opsi Pengembang. Berikut caranya.
  1. Buka menu Settings » Additional Settings » Developer Options.
  2. Tap pada menu Status MI Unlock lalu pilih Add Account and devices.
  3. Tunggu hingga penyinkronan data akun Mi selesai.
  4. Pastikan notifikasi yang muncul berisi "Added Successfully. MI Account Associated with this devices now" dan bukan "Couldn,t verify. Sign in your account again and star over". Namun apabila sobat mendapatkan masalah ini, cobalah untuk login / sign in ulang Akun Mi.

4. Proses UBL Redmi 8/8A/PRO

Setelah semua syarat, persiapan, dan alat telah terpenuhi, tahap selanjutnya adalah proses UBL. Namun sebelum lanjut, saya sarankan untuk membacanya dengan teliti agar mengurangi resiko kegagalan saat proses berlangsung. Berikut langkah-langkah Unlock Bootloader Redmi 8/8A/PRO.
  1. Buka komputer dan jalankan aplikasi Mi_Flash_Unlock.exe dengan cara Run as administrator.
  2. Pada tampilan jendela awal, silahkan klik tombol "Agree".
  3. Selanjutnya, login menggunakan Mi Account yang sama persis di dalam ponsel, lalu klik Sing In.
  4. Bila sudah, matikan HP Redmi 8/8A/PRO hingga mati total.
  5. Masuk ke Fastboot Mode. Caranya, silahkan tekan dan tahan tombol POWER + VOLUME BAWAH.
  6. Saat logo mi bunny muncul bertulisan Fastboot dibawahnya. lepaskan kedua tombol tersebut.
  7. Selanjutnya, hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.
  8. Jika sudah terhubung, maka status "Not Connected" yang ada didalam tool Mi_Flash_Unlock akan berubah menjadi "Phone Conected".

    Namun juka masih berstatus "Not Connected", maka saya sarankan untuk memindahkan kabel USB ke port yang lain atau ganti kabel USB.
  9. Selanjutnya, silahkan klik tombol "Unlock" untuk memulai proses unlocking dan tunggu sampai selesai.
  10. Apabila proses Unlock Bootloader berhenti di 99%, sobat tidak perlu khawatir karena memang ubl terbaru ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 (72 jam) hingga 30 hari (720 jam).

    Jadi, silahkan tunggu sesuai batas waktu yang ditentukan, lalu kemudian ulang prosedur Unlock Bootloader di atas.
  11. Bila proses UBL berhasil, maka akan terlihat seperti gambar di bawah.
  12. Terakhir, silahkan klik "Reboot" dan tunggu hingga ponsel menyala sempurna.
  13. Selesai.

4.1 Cek Status Bootloader Redmi 8/8A/PRO

Untuk mengetahui apakah Bootloader Redmi 8/8A/PRO sobat benar-benar di Unlock, ada dua langkah mudah yang bisa sobat lakukan. Berikut penjelasannya.
  1. Cara pertama, silahkan buka menu Settings » Additional Settings » Developer Options » Status Mi Unlock. Jika muncul pesan "The device is Unlocked" itu artinya bahwa Bootloader sudah tidak terkunci.
  2. Cara kedua, silahkan Restart / Reboot ponsel. Saat mulai menyala, perhatikan di bagian bawah layar. Jika terdapat icon Gembok terbuka bertuliskan "Unlocked", berarti Bootloader ponsel sudah tidak terkunci (unlock).

5. Solusi Gagal Unlock Bootloader Redmi 8/8A/PRO

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan Redmi 8/8A/PRO gagal di-UBL. Diantaranya karena disebabkan oleh kesalahan konfigurasi ponsel, salah memasukkan akun Mi, koneksi internet tidak stabil, kabel USB tidak memadai dan sebagainya. Nah untuk mengatasinya, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu.

5.1. UBL Berhenti di 50%

  1. Aktifkan GPS pada mode High Accuracy. Caranya, silahkan buka Settings » Additional Settings » Privacy » Location, lalu pilih High Accuracy.
  2. Selanjutnya, aktifkan Find Device dengan cara buka menu Settings » Mi Account » Mi Cloud » Find device.
  3. Aktifkan juga Android Device Manager dengan cara masuk ke menu Settings » Additional settings » Privacy Device administrators » Android Device Manager. Di bagian pojok kanan bawah, ketuk "Activate this device administrator".
  4. Buka kembali Status Mi Unlock yang ada di dalam menu Developer Options", lalu tap Add Account and devices dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Terakhir, buka situs https://i.mi.com/ via komputer, lalu login menggunakan Akun Mi sobat. Setelah itu pilih Find Device.
  6. Jika sinkronisasi mi account ponsel dan mi cloud berhasil, maka posisi GPS yang ditampilkan pada website mi cloud akan memperlihatkan posisi sobat sekarang. Nah, pada tahap ini Bootloader ponsel sudah siap di Unlock kembali.

5.2. Solusi Lainnya

Jika sudah menerapkan cara di atas, namun masih gagal melakukan
  1. Pastikan komputer memiliki koneksi internet saat proses unlock berlangsung.
  2. Pastikan kabel dan port USB tidak bermasalah.
  3. Pastikan Mi Account yang digunakan di dalam ponsel sesuai dengan yang digunakan login di aplikasi Mi_Flash Unlock.
  4. Pastikan USB / ADB Driver Installer Redmi 8/8A/PRO terpasang dengan baik di Komputer.

6. Penutup

Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 8, 8A dan 8A PRO di atas menggunakan metode baru yang juga dapat diterapkan untuk semua jenis HP Xiaomi, baik itu seri Mi maupun Redmi. Adapun untuk metode lama akan dibahas secara terpisah. Jika sobat memiliki kendala dalam menerapkan panduan tersebut di atas, jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Nah, itulah tutorial terlengkap tentang bagaimana Cara Unlock Bootloader Redmi 8/8A/PRO Tanpa Request pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang AndroLite sajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung, Salam!