Download Xposed Installer 3.1.5 apk + Cara Install Tanpa TWRP

AndroLite.com : Download dan Cara Pasang Xposed Framework Insteller 3.1.5 Apk Terbaru 2024 - Semenjak rilisnya xposed installer apk terbaru yakni versi 3.1.2 keatas, pilihan untuk memasang xposed kedalam HP Android semakin bertambah. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa awal munculnya xposed, proses penginstallannya hanya bisa dilakukan melalui recovery (CWM) ataupun custom recovery (TWRP).

Namun sekarang, opsi paling baru untuk memasang xposed framework sudah bisa dilakukan melalui Xposed Installer secara langsung, atau dengan kata lain langsung dari file apk-nya tanpa melalui CWM/TWRP.

Ini adalah salah satu fitur paling baru yang memberikan kemudahan kepada para pengguna ponsel cerdas berbasis Android tanpa harus repot-repot memasang custom recovery seperti TWRP terlebih dahulu. Beberapa fitur tambahan terbaru lainnya, akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian Fitur di artikel ini.

1. Apa itu Xposed Framework Installer?

Xposed adalah sebuah aplikasi yang dibuat dan dikembangkan selama 5 tahun terakhir oleh salah seorang member di Forum XDA Developers bernama Rovo89. Selain Rovo89, terdapat banyak kontributor lainnya yang juga memiliki andil dalam pengembangannya, salah satu diantaranya adalah Vanam.

Nama Vanam mungkin tidak setenar Rovo89, namun jika anda pernah memakai xposed versi 3.0 alpha, kalian pasti menemukan nama tersebut di dalamnya.

Seperti yang sudah dibahas pada artikel lalu yaitu Cara Install Xposed Android Nougat 7.0/7.1 melalui Custom Recovery dan Cara Pasang Xposed Lollipop / Marshmallow via TWRP, bahwa Xposed Framework Installer merupakan aplikasi yang yang berfungsi untuk memodifikasi tampilan (interface), tweak, meningkatkan performa Sistem Operasi Android, menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus, menghapus iklan app, modifikasi file apk dan masih banyak lagi.

2. Fitur Xposed versi Terbaru

Beberapa fitur tambahan yang disematkan di dalam aplikasi ini sudah pasti memeberikan kemudahan bagi para pemakainya.
  1. Menambal bug yang ada pada versi terdahulu.
  2. Menampilkan model ARM yang digunakan. Jadi tidak perlu repot lagi Mencari Jenis ARM yang tertanam di dalam Ponsel.
  3. Otomatis memilih Xposed Framework sesuai jenis ARM smartphone.
  4. Update / Install modul framework terbaru secara online.
  5. Menampilkan informasi model ponsel dan versi Android yang digunakan.
  6. Memberikan 2 opsi instalasi framework, melalui aplikasi dan recovery.
  7. Tampilan baru dengan kemudahan pengoperasian.
Selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada fitur terbaru lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan anda download sendiri aplikasinya.

3. Download Xposed Insteller Apk

Uninstaller
Disclaimer!
Rovo89 (Member of XDA-Developers) adalah pengembang asli Xposed Installer. Merk dagang, properti dan semua hak cipta oleh Rovo89. Androlite.com hanya menyediakan link unduhnya saja sebagai media pembantu untuk memberikan informasi tentang Panduan Penginstallan Xposed Intaller.

4. Cara Pasang Xposed Installer

PENTING - Sebelum memulai proses pemasangan Xposed, silahkan BACKUP, BACKUP dan BACKUP semua yang ada di dalam ponsel anda, diantaranya Sistem Operasi (ROM) Android, Data Penting, Kontak dan sebagainya. Mengapa hal ini diperlukan? Karena penginstallan aplikasi ini bisa menyebabkan BOOTLOP atau bahkan menyebabkan kerusakan.

  1. Syarat pertama adalah ponsel harus sudah dalam kondisi ROOT. Jika belum, silahkan ROOT terlebih dahulu. Untuk tutorialnya, silahkan baca Cara Root Android dengan Aplikasi CF-Auto-Root atau Root dengan KingRoot apk.
  2. Unduh salah satu file Xposed yang ada di atas.
  3. Install kedalam ponsel anda. Jika terdapat pesan "Pemasangan Dicekal / Install Blocked", silahkan tap "Settings / Pengaturan » Keamanan / Security » aktifkan Sumber TIdak Diketahui / Unknown Source » OK". Selanjutnya tap "Install".
  4. Jalankan aplikasi Xposed.
  5. Gulir ke bawah, temukan dan tap pada tulisan "Install/Update".
  6. Pilih "Install" untuk pemasangan secara langsung atau "Install via recovery" apabila ingin menginstallnya melalui recovery.
  7. Tunggu beberapa saat sampai filenya selesai diunduh.
  8. Pilih Install dan sekali lagi tunggu hingga selesai.
  9. Agar proses instalasinya sempurna, silahkan tap "Reboot".
  10. Selesai.
Sekedar informasi, saat ponsel anda menyala kembali setelah reboot, biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 menit. Namun jika melebihi batas waktu tersebut, kemungkinan besar ponsel anda mengalami BOOTLOP (stuck logo smartphone).

5. Solusi Jika Mengalami BOOTLOP

Seperti yang sudah ditekankan sejak awal, bahwa sebelum memulai proses pemasangan silahkan lakukan BACKUP semua yang ada di dalam ponsel cerdas anda. Hal ini tentu saja untuk mengantisipasi jika terjadi hal seperti ini dan anda bisa dengan mudah mengembalikan / merestore data dari hasil backup tersebut. Tetapi jika anda lupa untuk membuat backup, berikut solusi yang bisa ditempuh.
  1. Gunakan file Xposed Unistaller untuk menghapus Xposed Framework yang sudah anda pasang. Caranya, silahkan flash melalui recovery.
  2. Lakukan "Wipe Cache/Dalvik" dan "Wipe Factory Reset" melalui menu Recovery.
  3. Flash ulang Stock ROM / Firmware / Sistem Operasi android.

6. Xposed Uninstaller

File Xposed Unistaller berfungsi untuk menghapus Xposed yang terinstall di dalam smartphone. Untuk melakukannya, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan, pertama flash via recovery yang dalam hal ini menggunakan custom TWRP dan kedua melalui Modul Xposed.

6.1. Hapus via Custom TWRP

  1. Masuk ke menu recovery. Untuk Smartphone Samsung biasanya dengan menekan tombol "Home + Volume Atas + Power".
  2. Pilih "Install" dan pilih file Xposed Unistaller.
  3. Usap ke arah kanan pada "Swipe to confirm flash".
  4. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Pilih "Wipe Cache/Dalvik" terlebih dahulu kemudian silahkan tap pada "Reboot to system".
  6. Selesai.

6.2. Hapus via Modul Xposed

  1. Buka aplikasi Xposed.
  2. Pilih "Unistaller" kemudian tap "Unistall".
  3. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.
  4. Selanjutnya, reboot untuk menyempurnakan penghapusan.
  5. Selesai.

7. Rekomendasi Penggunaan

Aplikasi Xposed Installer yang ada di atas, sudah mendukung hampir semua jenis Smartphone berbasis Android mulai dari Kitkat, Lollipop, Marshmallow hingga yang terbaru Android Nougat. Contohnya Samsung, Nokia, Lenovo, Asus, Xiamoi, Evercoss, Motorola, LG, Honor, Sony, Huawei, HTC, Polytron, Axioo, Acer, Vivo, Advan, Mito, Coolpad, Andromax, Oppo serta ponsel cerdas Android lainnya.

Demikianlah artikel kali ini, semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat bagi anda yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan, silahkan meninggalkan komentar atau menghubungi Admin melalui formulir kontak yang telah disediakan. Terima kasih dan salam.