TWRP + ROOT Samsung J5 Pro SM-J530Y

Install TWRP dan Cara ROOT Samsung Galaxy J5 Pro SM-J530Y - Samsung Galaxy J5 Pro adalah sebuah Smartphone yang resmi dirilis oleh Samsung pada Bulan Juni 2017 bersamaan dengan seri lainnya yakni Samsung Galaxy J7 Pro. Perangkat ini dibekali oleh beberapa hardware unggulan, diantaranya CPU Octa-Core dengan kecepatan 1.6 GHz, RAM 3GB, dua buah kamera yang masing-masing berkekuatan 13 megapiksel, baterai berkapasitas 3000 mAh, Layar SuperAmoled berukuran 5.2 inci, dual sim, serta sudah menggunakan Sistem Operasi terbaru yakni Android Nougat 7.0.

Walaupun Samsung Galaxy J5 Pro sudah dibekali oleh hardware yang mempuni dengan kecepatan dalam pengoperasiannya, namun bagi beberapa pengguna lainnya atau bahkan anda yang sedang membaca artikel ini masih merasa ada yang kurang jika belum melakukan ROOT terhadap perangkat yang satu ini. Karena dengan melakukan root, kita bisa melakukan banyak hal, seperti melakukan tweak, menghapus aplikasi bootloader, menghapus aplikasi yang tidak perlu, mengosongkan penyimpanan internal dan masih banyak hal lagi yang bisa kita lakukan jika kita sudah melakukan root.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut di atas, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial singkat tentang bagaimana cara Melakukan ROOT dan mengganti CWM bawaan perangkat ini dengan TWRP (Team Win Recovery Project) sehingga bisa memudahkan anda melakukan rooting, memasang xposed atau bahkan melakukan pemasangan aplikasi yang hanya bisa dipasang melalui TWRP. Cara root ini akan saya bagi kedalam 2 bagian, yang pertama dengan dengan menggunakan PC/Komputer dan yang kedua tanpa menggunakan PC/Laptop.
Namun sebelum lanjut ke tutorialnya, alangkah baiknya bahkan saya rasa wajib anda ketahui tentang Apa itu ROOT, Apa Kelabihannya beserta Kekurangannya. Karena pengetahuan tentang ROOT ini dipandang sangat perlu dan penting anda ketahui. Tetapi apabila anda sudah membacanya atau sudah mengetahuinya, selanjutnya mari kita menuju ke pembahasan tentang Cara memasang TWRP dan ROOT Samsung Galaxy J5 Pro ini.
Peringatan!
Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

1. Cara Root Samsung J5 Pro Menggunakan PC/Laptop

Sebelum melakukan root pada perangkat ini, terlebih dahulu persiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Diantaranya mengunduh beberapa aplikasi yang ada di bawah, mempersiapkan PC/Laptop dan beberapa hal penting lainnya yang dianggap perlu. Berikut persiapannya.
  1. Komputer (PC)/Laptop.
  2. Kabel USB.
  3. Unduh Samsung USB Driver (Setelah diunduh, install kedalam PC/Laptop).
  4. Unduh Aplikasi Odin3 v3.12.3 (Ekstrak filenya ke dalam PC/laptop).
  5. Unduh TWRP-3.1.1-SM-J530XX-Unofficial (Jangan di ekstrak).
  6. Unduh CF Auto ROOT J5 Pro SM-J530 dan Patched Boot (Simpan kedua file ini di dalam komputer).
TUNGGU, BACA BAGIAN INI DULU KAWAN : Sebelum lanjut ke pokok artikel ini, saya ingin jelaskan beberapa hal yang mungkin anda ketahui. Selama ini, yang namanya smartphone Samsung, kebanyakan harus pasang TWRP terlebih dahulu baru kemudian proses rooting akan dilakukan. Tetapi dengan rilisnya Smartphone J5 Pro dan J7 Pro dengan sistem pengamanan super tinggi, maka proses instalasi custom recovery (TWRP) hanya bisa dilakukan apabila rooting sudah dilakukan.

Hal ini diperlukan untuk Menonaktifkan Enkripsi Beberapa File di dalam Sistem Samsung J5 Pro Secara Paksa dengan cara membuka akses root ke sistem android dan mengharuskan penggunananya untuk melakukan Wipe Data/Factory Reset sehingga proses pemasangan TWRP bisa dilakukan.

Tetapi apabila sobat tidak yakin melakukan hal ini, saya sarankan untuk berhenti sampai disini. Hilangkan keinginan untuk melakukan root terhadap Samsung J5 Pro yang dimiliki. Karena resikonya lumayan cukup besar dan bisa saja mengakibatkan kerusakan permanen. Namun jika masih tetap ingin melakukan root dan memasang TWRP, berikut tutorialnya.
Penting!
Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa merestore / mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.

1.1. ROOT dengan CF Auto Root (Install via Odin)

  1. WAJIB mengaktifkan OEM Lock dan USB Debungging. Untuk tutorialnya, silahkan baca Cara Mengaktifkan USB Debungging dan OEM Lock Samsung.
  2. Matikan smartphone kemudian masuk ke menu "Downloading Mode" dengan cara menekan tombol "Home + Power + Volume Bawah" (selama 3-5 detik) kemudian lanjutkan dengan menekan tombol "Volume Atas".
  3. Sambungkan Smartphone ke Komputer.
  4. Buka aplikasi ODIN dengan cara "Run As Administrator" dan klik pada bagian "AP" serta cari CF auto Root yang sudah sobat download sebelumnya.
  5. Pastikan kalian mencentang bagian Auto Reboot dan F. Reset Time pada tab Options.
  6. Klik "Start" untuk proses Rooting dan tunggu hingga selesai.
  7. Setelah selesai, kemungkinan besar akan muncul pesan (Your device is problem, press Erase to fix). Silahkan tap Erase dan tunggu hingga selesai.
  8. Silahkan Flashing Ulang CF-Auto-Root melalui Odin (Lihat langkah 2 sampai 6 di atas).
  9. Selesai.
[Video] Cara Root Dengan CF Auto ROOT


1.2. Cara Install TWRP Samsung J5 Pro

Langkah #1 : Setelah semua persiapan di atas sudah selesai dilakukan, selanjutnya buka smartphone anda kemudian Aktifkan/Enable OEM Lock (OEM Terbuka Kunci) dan USB Debugging (Mendebug USB) (WAJIB!). Untuk tutorialnya, silahkan baca Cara Mengaktifkan USB Debungging dan OEM Lock Samsung. Jika keduanya sudah aktif, lewati langkah ini.

Langkah #2 : Masuk ke menu CWM. Caranya matikan Perangkat/Smartphone hingga off total, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol "Power + Home + Volume Atas" secara bersamaan. Kemudian pilih Wipe Data / Factory Reset. Setelah selesai, matikan smartphone.

Langkah #3 : Masuk ke downloading mode, dengan menekan tombol "Power + Home + Volume Bawah" secara bersamaan selama 3-5 detik hingga muncul tampilan "Downloading Mode". Lanjutkan lagi dengan menekan tombol "Volume Atas".

Langkah #4 : Sambungkan Smartphone ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel USB, yang dalam hal ini saya sarankan agar menggunakan kabel USB yang asli atau original. Setelah tersambung, selanjutnya buka aplikasi ODIN dengan cara Klik kanan dan pilih "Run as Administrator".

Setelah ODIN terbuka, pastikan aplikasi ini membaca smartphone yang sudah anda sambungkan sebelumnya. Cara mengeceknya sangatlah mudah, yaitu dengan cara memperhatikan di bagian bawah dari tulisan "ID:COM". Jika dibawahnya terdapat tulisan seperti ini "0:(COM:1) atau 0:(COM:2)" dan seterusnya, berarti ODIN sudah mendeteksi perangkat anda (Gambar lengkap ada di Langkah #4). Namun jika belum ada, saya sarankan untuk mencabut ulang kabel USB yang sudah terpasang atau menggantinya dengan kabel USB yang lainnya.

Langkah #5 : Selanjutnya, pada aplikasi odin, klik "AP". Secara otomatis akan ada layar terbuka dan lanjutkan dengan mencari file "TWRP 3.1.1 SM-J530XX" yang sudah diunduh sebelumnya kemudian pilih open.

Pada tahap ini, jangan klik "Start" dahulu, melainkan lakukan beberapa pengaturan lainnya, yaitu buka tab "Option" yang ada di aplikasi odin, kemudian Hilangkan/Jangan Centang pada "Auto Reboot". Untuk "F. Reset Time" centangnya JANGAN DIHILANGKAN. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut ini.


Langkah #6 : Setelah semua pengaturannya sudah sesuai dengan gambar di atas, selanjutnya klik pada tombol "START" dan tunggu hingga prosesnya selesai.


Langkah #7 : Jangan lepaskan kabel USB dulu, tetapi lakukan Flashing terhadap Patched Boot J5 Pro juga. Cara flashnya, sama persis dengan Langkah #5 sampai #6 di atas.

Langkah #8 : Jika proses instalasi berhasil, maka akan ada tulisan "PASS" (latar warna hijau). Pada tahap ini, silahkan tutup aplikasi odin dan cabut kabel USB yang menyambungkan antara smartphone dengan PC/Laptop.

Langkah #9: Untuk masuk ke Mode Recovery (TWRP) untuk pertama kalinya, sobat harus melakukan cara di bawah ini. Jika tidak TWRP yang sudah dipasang akan kembali tergantikan (direplace) oleh CWM bawaan ponsel dan sobat harus mengulanginya dari awal lagi.
  • Tekan dan tahan tombol "Home + Vol Bawah + Power" secara bersamaan hingga ponsel bergetar.
  • Sesaat setelah ada getaran, segera tekan pindahkan jari dari "Volume Bawah" ke "Volume Atas" (secepat mungkin) dengan tetap menahan Tombol "Home + Power".
Untuk masuk ke Mode Recovery selanjutnya, caranya sudah kembali normal yaitu dengan menekan tombol "Home + Vol Atas + Power".

2. Root Samsung J5 Pro Via TWRP

Mungkin anda bertanya, mengapa ada alternatif Root Samsung J5 Pro via TWRP? Padahal sudah ada cara root menggunakan CF-Auto-Root yang ada di atas. Jawabannya simpel saja, yakni sebagai alternatif untuk melakukan rooting ulang atau memilih aplikasi root selain superSU, misalnya Magisk Root.

2.1. ROOT Menggunakan SuperSU (Flash Melalui TWRP)

Step #1 : Download Aplikasi ROOT SuperSU-v2.82 (Jangan diekstrak dan simpan/copy paste kedalam memori telepon/kartu memori). Selanjutnya matikan ponsel hingga posisi off total. Setelah itu tekan "Tombol Home + Power + Volume Atas" secara bersamaan hingga perangkat bergetar dan menu TWRP muncul.

Step #2 : Pilih menu "Install" lalu cari aplikasi "SuperSU-v2.82" yang sudah sobat unduh dan sudah sobat tempatkan kedalam memori telepon atau kartu memori. Lanjutkan dengan mengusap ke arah kanan pada bagian "Swipe to confirm flash" untuk proses pemasangan / root dan tunggu hingga selesai.

Step #3 : Tekan tombol Back hingga menu utama TWRP, lalu pilih lagi menu "Install" dan cari file "SuperSU-v2.82" yang sudah sobat unduh dan sudah sobat tempatkan kedalam memori telepon atau kartu memori. Lanjutkan dengan mengusap ke arah kanan pada bagian "Swipe to confirm flash" untuk proses pemasangan / root dan tunggu hingga selesai.. Setelah selesai, tap pada bagian "Reboot System" dan tunggu hingga perangkat melakukan restart. Selesai.
[Video] Root Dengan SuperSU

Video By Hery Ariska | Full video Klik Di Sini.

2.2. ROOT dengan MagiskRoot (Flash via TWRP)

Magisk merupakan sebuah aplikasi terbaru yang dikembangkan oleh salah seorang member di XDA-Developers dan aplikasi ini memilik 2 metode yang bisa digunakan untuk melakukan root, yaitu flash MagiskRoot melalui TWRP dan Install menggunakan Magisk Manager.

Penggunaannyapun hampir sama dengan SuperSU, namun magisk memiliki metode ROOT terbaik untuk saat ini. Untuk tutorial serta link downloadnya, silahkan kalian buka artikel Tentang Bagaimana Cara ROOT Menggunakan Magisk. Selain tutorial dan link downloadnya, disana juga dijelaskan beberapa kelebihan, kekurangan dan cara kerjanya.


2. Root Galaxy J5 Pro TANPA Menggunakan PC/Laptop

Satu hal yang perlu sobat ketahui, bahwa untuk melakukan ROOT J5 PRO tanpa menggunakan bantuan PC/Laptop, tingkat keberhasilannya sangat rendah. Berbeda dengan Root dengan bantuan PC/Laptop yang dalam hal ini menggunakan aplikasi ODIN untuk memasang TWRP dan memasang aplikasi ROOT melalui TWRP.

Namun, tidak ada salahnya jika sobat mau mencoba melakukan ROOT tanpa menggunakan PC/Laptop. Dan apabila sobat mau mencobanya, berikut ini alternatif yang bisa kalian gunakan untuk melakukan root Galaxy J5 PRO yaitu dengan menggunakan Aplikasi KINGROOT. Mengapa saya menyarankan aplikasi KINGROOT? Karena sejauh ini, aplikasi yang paling berhasil melakukan root tanpa PC adalah KingRoot dan saya juga sudah membuktikannya sendiri.

Untuk melakukan ROOT dengan menggunakan KINGROOT, berikut tutorialnya beserta beberapa persiapan yang mungkin perlu dilakukan.

Step #1 : Unduh aplikasi KINGROOT.Zip kemudian ekstrak filenya dan pasang ke dalam perangkat. Apabila terdapat pesan "Install Blocked" silahkan buka menu Pengaturan - Keamanan - & aktifkan "Sumber Tidak Diketahui/Unknow Source". Mengapa pemasanganan kingroot diblokir? Karena KingRoot merupakan aplikasi pihak ketiga (bukan dari Google Play Store) yang membutuhkan izin untuk pemasangannya.

Step #2 : Sebelum menjalankan aplikasi Kingroot, perangkat harus mendapatkan sambungan internet baik melalui koneksi Wi-Fi, hotspot ataupun sambungan data seluler. Nah, mengapa sambungan internet diperlukan? karena proses rooting akan dilakukan secara online yang dalam hal ini melalui server KingRoot sendiri. Jadi tanpa adanya sambungan internet, proses rooting tidak akan berhasil.

Step #3 : Jalankan aplikasi dan lanjutkan dengan tap/mengklik "Root" yang berada di lingkaran biru dan tunggu hingga prosesnya selesai. Apabila terdapat pesan "Installation Blocked" saat proses rooting, tap pada tulisan "More Details" kemudian pilih "Install anyway (Unsave)".


Langkah #4. Apabila proses rooting berhasil, maka perangkat sobat secara otomatis akan melakukan restart. Namun jika gagal, maka akan ada sebuah pesan Failed.

Sekali lagi untuk mengecek bahwa apakah perangkat benar-benar sudah root, maka silahkan sobat download aplikasi Root Checker yang ada di Google Play Store.

C. Bantuan dan Saran

Apabila sobat mengalami kendala pada saat mengikuti tutorial di atas, mohon untuk memberikan komentar pada kolom komentar yang sudah saya siapkan atau bisa juga menghubungi admin melalui layanan Contact US.
Dan jika kalian berhasil ataupun gagal dalam melakukan rooting terhadap perangkat kalian, jangan lupa juga untuk meninggalkan komentar. Tentu ini akan sangat membantu teman-teman yang lainnya yang juga ingin melakukan hal yang sama serta menjadi bahan evaluasi bagi penulis yang ada di situs ini.

Dan satu hal lagi, apabila sobat ingin "Melakukan UNROOT" silahkan baca tutorialnya di "Cara UNROOT Android untuk Semua Jenis Device Terbaru".
Demikian tutorial tentang 2 Cara Melakukan ROOT dan Install TWRP Samsung Galaxy J5 Pro ini, semoga apa yang saya sajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat. Terima kasih dan salam.