Xposed Installer Samsung Galaxy J3 Pro, J5 Pro dan J7 Pro

Cara Mudah Pasang Xposed Installer Samsung Galaxy J3 Pro, J5 Pro dan J7 Pro - Samsung Galaxy J3 Pro, J5 Pro dan J7 Pro merupakan smartphone mid-end keluaran terbaru oleh Perusahaan Raksasa Asia yang berasal dari Negara Korea Selatan yaitu Samsung. Ketiga perangkat tersebut resmi dilepas ke pasaran secara bersamaan pada pertengahan tahun 2017.

Adapun hardware yang disematkan di dalam masing-masing perangkat tersebut tidaklah tanggung-tanggung. Salah satu diantaranya adalah kamera depan dan belakang yang masing-masing berkekuatan 13 megapiksel, RAM berkapasitas 3GB, layar Super Amoled, CPU octa-core 1.6 GHz, dilengkapi sensor finger print yang memudahkan penggunanya untuk membuka kunci layar dan lain sebagainya.

Adapun sistem operasi yang menjalankan ketiga smartphone tersebut adalah Android Nougat versi 7.0. Dimana OS ini merupakan salah satu sistem operasi terbaru yang dirilis oleh google pada akhir 2016 lalu. Nah berbicara mengenai masalah ini, OS ini memang memilik banyak fitur terbaru, salah satu diantaranya adalah pada bagian interface atau tampilannya.

Walaupun demikian, kita sebagai penggunanya belum tentu menyukai semua hal yang ada di dalam Android Nougat ini. Terkadang kita ingin sedikit memodifikasi tampilannya, menambahkan fitur-fitur tambahan, melakukan tweak atau bahkan ingin meningkatkan performanya. Untuk melakukan hal-hal itu, tentu saja kita tidak akan bisa melakukannya jika tidak menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Aplikasi apa itu yakni Xposed Framework Installer Android Nougat 7.0 atau 7.1..

Nah untuk ketiga smartphone yang sudah saya sebutkan di atas, dimana ketiganya sudah menggunakan sistem operasi Android Nougat dan bagi kalian sebagai penggunanya, mempuyai keinginan untuk memasang aplikasi Xposed Installer ke dalam perangkat kalian, berikut ini tutorial lengkapnya.

Cara Pasang Xposed Installer Samsung Galaxy J3 Pro, J5 Pro dan J7 Pro

Sebenarnya cara pemasangan atau penginstallan aplikasi Xposed kedalam smartphone, prosesnya sama saja dengan Pemasangan Xposed Framework Android Lollipop atau Marshmallow. Hanya saja yang membedakannya adalah pada bagian aplikasi serta versinya. Tetapi apabila kalian belum pernah melakukan sebelumnya, berikut ini saya akan jelaskan langkah-langkahnya sedetail mungkin.

1. Requirements dan Persiapan

Penginstallan Xposed tidak memerlukan bantuan komputer, jadi kalian tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Hanya saja persiapan, versi android dan jenis ARM yang digunakan oleh perangkat kalian harus kalian periksa dan harus kalian ketahui terlebih dahulu.
  1. Smartphone harus sudah terpasang TWRP dan sudah Root. Untuk memasang TWRP dan Root, silahkan baca tutorialnya :
  2. Mengetahui Karnel Arsitektur (ARM) CPU yang digunakan. Untuk mengetahuinya, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
    • Download aplikasi CPU-Z di Play Store, install dan jalankan.
    • Buka tab "System" dan lihat pada bagian "Karnel Architecture" (ARM atau ARM64 atau x86).
  3. Download Xposed Installer_3.1.2.apk (wajib didownload).
  4. Download Xposed Installer Android Nougat 7.0 (SDK24).
  5. Download Xposed Installer Android Nougat 7.1 (SDK25).
  6. Xposed Uninstaller (Opsional).
Aplikasi yang sudah kalian download, jangan lupa kalian tempatkan di kartu memori atau dimana saja, yang penting kalian tahu dimana tempatnya. Asal jangan di dalam kantong. Hehehehe!
Penting!
Pilihlah aplikasi Xposed di atas sesuai dengan Karnel Arsitekrur (ARM) CPU dan versi Android N yang kalian gunakan. Ingat jangan sampai tertukar ya.

2. Proses Pemasangan Xposed

Setelah menyelesaikan semua tahap pertama yang ada di atas, langkah selanjutnya adalah proses pemasangannya.

Langkah #1. Install aplikasi Xposed Installer_3.1.2.apk terlebih dahulu. Cara penginstallannya sama saja dengan aplikasi berekstensi apk lainnya. Setelah selesai, aplikasinya tidak perlu dijalankan.

Langkah #2. Proses selanjutnya matikan perangkat hingga mati total dan masuk ke menu Recovery atau TWRP. Untuk masuk ke menu ini, silahkan tekan 3 tombol bersamaan (Tombol Home + Power + Volume Atas).

Langkah #3. Apabila kalian sudah berada di dalam menu TWRP, tap Install lalu pilih file Xposed yang sudah kalian tempatkan di dalam Memori Penyimpanan.

Langkah #4. Tahap berikutnya, usap ke arah kanan pada menu Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah selesai, jangan lupa tap pada bagian Wipe Dalvik/Cache.

Langkah #5. Reboot / Restart smartphone. Saat smartphone mulai menyala, kadang memerlukan waktu sekitar 3-5 menit. Nah pada tahap ini, kalian biarkan saja hingga perangkat menyala dengan sempurna hingga ke menu home.
Catatan!
Ketika smartphone menyala pertama kali, mungkin akan ada pemberitahuan seperti ini "Xposed is not compatible with Android SDK version 25 or your processor architecture". Tapi jangan khawatir, aplikasi ini akan tetap berjalan dengan baik.

3. Xposed Uninstaller

Menghapus aplikasi Xposed di dalam sistem operasi android mungkin tidak sama dengan menghapus app lainnya. Untuk itu disediakan Xposed Uninstaller yang berfungsi menghapus aplikasi tersebut hingga ke akar-akarnya.

Untuk penggunaan aplikasi ini, caranya sama saja dengan Proses Pemasangan Xposed yang ada di bagian Nomor 2 di atas. Hanya saja pada saat memilih app, kalian pilih yang Xposed Uninstaller.

Bantuan dan Saran

Bagi kalian yang mengalami kendala saat menerapkan tutorial di atas, mohon untuk meninggalkan komentar atau bisa juga menanyakan langsung kepada admin melalui Formulir Kontak yang sudah disediakan.

Demikianlah tutorial tentang Bagaimana Cara Memasang Xposed Installer Samsung Galaxy J3 Pro, J5 Pro dan J7 Pro Android Nougat di atas. Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Jika menyukai tutorial ini, jangan lupa ya share ke sosial media kalian. Terima kasih dan salam.