Cara Menonaktifkan Fitur AutoPlay Video di Facebook

Facebook mengubah banyak hal pada website mereka secara otomatis, baik itu untuk aplikasi ponsel atau website. Selain mengubah tampilan antarmuka, facebook juga sering melakukan pembaruan fitur yang kadang tidak diketahui langsung oleh si pengguna. Tentu ini memberikan dampak yang kurang baik. Dan salah satu fitur yang paling menjengkelkan adalah Auto-Play Video. Dimana video yang ada di beranda, secara otomatis akan bermain/play sendiri tanpa adanya interaksi dari si pengguna. Tentunya hal ini akan banyak menggunakan kuota data seluler serta akan menggunakan banyak daya baterai.

Apa yang menurut facebook baik, belum tentu bagi sebagian pemakainya. Namun anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya facebook juga memberikan akses untuk menonaktifkan atau mengaktifkan fitur-fitur yang telah disediakan. Salah satunya diantaranya adalah Auto-Play Video, baik itu pada aplikasi di ponsel atau di website. Untuk me-non aktifkannya sangatlah mudah. Berikut caranya :

Menonaktifkan AutoPlay Video Facebook

Menonakfikan Auto Play Video di Ponsel

Sama seperti kebanyakan fitur facebook, kemampuan untuk mengelola pengaturan autoplay video sangat sederhana sekali. Anda cukup melakukan beberapa kali tap saja.
Langkah #1. Buka aplikasi facebook, kemudian tap menu (tiga garis mendatar) yang ada di sudut kanan atas dari aplikasi atau usap layar ponsel ke arah kiri sampai pada menu pengaturan umum.

Langkah #2. Setelah berada pada menu pengaturan, scroll kebawah temukan dan buka "App Settings".

Menonaktifkan Auto-Play Facebook Android

Langkah #3. Setelah "App Settings" terbuka, selanjutnya pilih "AutoPlay". Terdapat 3 pilihan yang ada didalamnya.

Menonaktifkan Auto-Play Facebook Android
  • Pilihan 1. On Mobile Data and Wi-Fi Connections. Artinya video secara otomatis akan diputar apabila ponsel tersambung dengan jaringan seluler dan wi-fi. Jangan pilih opsi ini.
  • Pilihan 2. On Wi-Fi Connections Only. Artinya video hanya akan diputar otomatis saat ponsel tersambung dengan jaringan Wi-Fi saja dan tidak untuk sambungan seluler.
  • Pilihan 3. Never Auto-Play Videos. Artinya Video tidak akan diputar secara otomatis saat ponsel terhubung dengan koneksi internet, baik melalui sambungan data seluler maupun Wi-Fi.
Silahkan pilih opsi ketiga apabila anda benar-benar ingin menonaktifkan fitur autoplay video.

Menonaktifkan AutoPlay Video Facebook di PC/Laptop

Untuk pengaturan versi desktop (website) anda bisa melakukan hal sederhana berikut ini.
Langkah #1. Masuk ke laman facebook, lalu cari dan klik icon segitiga hitam yang ada di sudut kanan layar, kemudian lanjutkan dengan mengklik "Settings".

Disable Auto Play Facebook di Browser

Langkah #2. Cari "Videos" dan pilih opsi "Off" pada menu "Auto-Play Video". Selesai.


Video Tutorial Cara menonaktifkan Autoplay Video Facebook :

Bagaimana? Gampang Bukan? Semoga "Cara Menonaktifkan Fitur AutoPlay Video di Facebook" bermanfaat bagi anda. Jangan lupa bagikan cara ini kepada teman atau kerabat dekat anda. Terima kasih dan salam !!!
Lihat / Tulis Komentar