ROOT Samsung A3 2016 & A3 2017 Dengan & Tanpa PC + Install TWRP

Cara Root Samsung Galaxy A3 2016 (SM-A310F) dan A3 2017 (SM-A320F) - Samsung Galaxy A3 2016 dan A3 2017 memiliki perbedaan yang lumayan cukup signifikan. Beberapa perbedaan diantara keduanya bisa menjadi tolak ukur bagi kita untuk memilih salah satu dari keduanya. Salah satu perbedaan yang mencolok adalah pada A3 2016 belum dilengkapi oleh perlindungan water resistant atau perlindungan di bawah air, sedangkan A3 2017 sudah menggunakan perlindungan tersebut.

Perbedaan lain ada pada CPU, kamera depan dan RAM yang ia gunakan, dimana pada A3 2017 sudah menggunakan CPU Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53, kamera depan 8 megapiksel dan RAM berkapasitas 2GB, sedangkan A3 2016 masih menggunakan CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53, kamera depan 5 megapiksel dan RAM yang hanya berkapasitas 1.5 GB saja.

Terlepas dari itu, keduanya hampir memiliki banyak persamaan, mulai dari baterai, kamera belakang, perlindungan Corning Gorilla Glass, slot MMC dan beberapa kesamaan lainnya. Namun pembahasan untuk kedua smartphone ini tidak akan saya bahas lebih lanjut, karena pada artikel kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial tentang Bagaimana Cara Root Samsung Galaxy A3 2016 dan A3 2017.

Nah, apabila kalian memiliki keinginan untuk melakukan root terhadap salah satu atau bahkan keduanya, berikut ini akan saya sajikan tutorialnya. Namun sebelum lanjut, ada baiknya jika kalian membaca artikel tentang Apa itu ROOT? Apa Kelebihan dan Kekurangannya? terlebih dahulu. Karena pemahaman tentang ROOT ini, saya rasa sangatlah penting dan perlu kalian ketahui. Tetapi apabila kalian sudah paham, langsung saja kita menuju ke tutorialnya.

1. Root Galaxy A3 via Odin, Tanpa Install TWRP (CF-Auto-Root)

Cara Root tanpa install TWRP ini, yang dalam hal ini adalah menggunakan aplikasi CF Auto Root saya rasa merupakan hal yang paling mudah dan praktis untuk dilakukan. Karena kita tidak perlu untuk memasang TWRP ke dalam sistem smartphone terlebih dahulu, melainkan langsung meroot dengan menggunakan aplikasi ODIN. Tetapi dalam hal ini kita tentunya membutuhkan sebuah komputer sebagai media pembantu dan untuk menggunakan cara ini, berikut langkah-langkahnya.
  1. Siapkah smartphone yang akan diroot.
  2. Siapkan sebuah komputer, baik itu berupa PC atau laptop.
  3. Siapkan Kabel USB yang asli.
  4. Download Aplikasi Samsung USB Driver kemudian install kedalam komputer (restart Komputer jika diperlukan).
  5. Download Aplikasi Odin3 v3.12.3 kemduian ekstrak filenya kedalam komputer.
  6. Download Aplikasi CF Auto Root di bawah ini, namun kalian pilih salah satunya saja. Sesuaikan dengan model smartphone yang akan kalian root.
  7. Jika sudah didownload, ekstrak filenya ke dalam komputer.
Apabila semua persiapan dan bahan yang diperlukan sudah siap, selanjutnya perhatikan langkah-langkah rooting berikut ini dengan saksama dan jangan sampai ada yang terlewatkan.
Peringatan !!!
Sebelum memulai ROOT, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu backup ROM maupun data-data yang ada di perangkat sobat. Hal ini sangat diperlukan mengingat apabila terjadi kesalahan, maka sobat bisa melakukan restore/mengembalikan ROM dan data kekeadaan seperti semula.

Dan saya selaku admin androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada saat sobat melakukan rooting dengan menggunakan/mengikuti tutorial yang ada di situs ini. Do With Your Own Risk (DWYOR).
Langkah #1. Aktifkan OEM Lock dan USB debugging yang ada dalam smartphone kalian terlebih dahulu. Untuk mengaktifkannya, ikuti petunjuknya berikut ini.
  1. Aktikan "Mode Pengembang/Developer Option" terlebih dahulu dengan cara buka menu "Pengaturan" kemudian gulir ke bawah, temukan dan buka About Device (Tentang Device/Telepon) > Informasi Software (Software Info) > dan temukan "Build Number".
  2. Selanjutnya, tap sebanyak 5-7 kali pada "Build Number" tersebut hingga muncul notifikasi "Mode Pengembang Sudah Aktif" (atau notifikasi sejenisnya).
  3. Setelah mode pengembang sudah aktif, selanjutnya tekan kembali atau back hingga pada menu pengaturan. Gulir ke bawah lagi, temukan dan buka "Developer Option/Mode Pengembang".
  4. Lanjutkan dengan mencari tulisan "OEM Lock" dan "USB Debugging" kemudian aktifkan/enable kedua-duanya.
[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:

Langkah #2. Nonaktifkan smartphone kalian hingga pada posisi off total. Setelah itu masuk ke menu "Downloading Mode" dengan cara menekan tombol "Volume Bawah + Home + Power" secara bersamaan hingga smartphone bergetar. Jika menu downloading mode sudah muncul, lanjutkan lagi dengan menekan tombol Volume Atas untuk mengkonfirmasinya.

Langkah #3. Buka komputer kalian dan jalankan aplikasi ODIN dengan cara "Run as administrator". Setelah itu sambungkan smartphone ke komputer melalui kabel USB. Pastikan bahwa komputer atau aplikasi odin mendeteksi smartphone yang kalian sambungkan.

Langkah #4. Setelah komputer dan smartphone tersambung, selanjutnya pada aplikasi ODIN cari tulisan "AP". Akan ada sebuah window baru muncul, kemudian lanjutkan dengan mencari file CF Auto Root yang sudah kalian download dan ekstrak ke dalam komputer kalian sebelumnya.



Langkah #5. Klik tombol start yang ada pada odin dan tunggu beberapa saat hingga proses pemasangan CF Auto Root ke dalam smartphone kalian. Setelah selesai, smartphone akan melakukan restart secara otomatis. Pada tahap ini, kalian sudah bisa mencabut kabel USB yang menghubungkan antara smartphone dengan komputer.

Langkah #6. Pada saat smartphone melakukan booting ulang, prosesnya akan sedikit lebih lama dan layar seakan-akan mati total. Tetapi pada tahap ini kalian jangan apa-apakan smartphone kalian. Tunggu hingga layar menyala dengan sendirinya dan setelah itu, pada layar akan tampak sebuah logo android berwarna merah disertai beberapa tulisan. Sekali lagi, tunggu hingga proses rootingnya selesai.
[Video] Cara Root Dengan CF Auto ROOT

2. Root Galaxy A3 via TWRP (SuperSU)

Untuk proses melakukan root melalui TWRP ini, caranya agak sedikit berbeda dengan cara yang pertama. Karena untuk tahapan pertama yang harus dilakukan adalah memasang/mengganti CWM bawaan dengan custom TWRP terlebih dahulu, kemdudian untuk proses rootnya akan dilakukan melalui custom TWRP ini. Untuk cara yang kedua ini, berikut langkah-langkahnya.

Langkah #1. Download Aplikasi SuperSU kemudian copy/salin filenya ke dalam memori telepon atau kartu memori.

Langkah #2. Download TWRP A3 2016 (SM-A310F) (maaf, link download belum tersedia) dan TWRP A3 2017 (SM-A320F) kemudian ke dalam smartphone kalian. Untuk pemasangan TWRP ini, caranya sama saja dengan tutorial Pertama di atas (Root via Odin dan Tanpa Install TWRP Langkah #1 sampai dengan Langkah #4) hanya saja pemilihan file CF Auto Root diganti menjadi File TWRP.

Langkah #3. Setelah pemasangan TWRP sudah selesai dilakukan, selanjutnya matikan smartphone kalian dan masuk ke menu TWRP dengan cara menekan tombol "Power + Volume Atas + Home" secara bersamaan hingga smartphone bergetar dan menu TWRP muncul.

Langkah #4. Pada menu TWRP, tap pada menu "Install" lalu cari file SuperSU yang sudah kalian tempatkan di dalam kartu memori atau memori telepon.

Langkah #5. Usap ke arah kanan pada menu "Swipe to Confirm" dan tunggu hingga proses rooting selesai. Apabila prosesnya sudah selesai, selanjutnya tap pada "Reboot System".

Langkah #6. Untuk mengetahui apakan smartphone kalian benar-benar sudah dalam keadaan root, silahkan download aplikasi Root Checker yang ada di Google Play Store.

3. Root Galaxy A3 Tanpa Komputer (KingRoot APK)

Seperti yang sudah saya jelaskan pada beberapa artikel saya yang sebelumnya, bahwa proses melakukan rooting tanpa menggunakan komputer, tingkat keberhasilannya sangatlah rendah. Namun, jika kalian ingin mencoba melakukan root dengan cara ini, berikut ini adalah aplikasi yang saya sarankan untuk kalian gunakan beserta cara menggunakannya.
  1. Download KingRoot.apk kemudian ekstrak filenya kedalam memori telepon / kartu memori.
  2. Setelah didownload, lanjutkan dengan menginstallnya ke dalam smartphone kalian.
  3. Jika terdapat pesan "Install Blocked" silahkan buka menu Pengaturan > Keamanan > & aktifkan "Sumber Tidak Diketahui/Unknow Source".
  4. Sebelum menjalankan aplikasi ini, pastikan bahwa smartphone kalian tersambung ke jaringan internet baik itu melalui hotspot, wifi atau sambungan data.
  5. Jalankan aplikasi dan lanjutkan dengan men-tap/mengklik "Root" yang berada di lingkaran biru dan tunggu hingga prosesnya selesai. Apabila terdapat pesan "Installation Blocked" saat proses rooting, tap pada tulisan "More Details" kemudian pilih "Install anyway (Unsave)".
  6. Tunggu hingga proses rootingnya selesai.

Bantuan dan Saran

Jika kalian kesulitan dalam menerapkan tutorial di atas, menemukan link yang rusak atau terdapat file atau aplikasi yang keliru silahkan meninggalkan komentar atau menghubungi admin melalui Formulir Contact US. Kami akan sangat senang jika bisa membantu kalian, terutama dalam hal Root smartphone.

Dan apabila kalian berhasil atau gagal ketika mencoba tutorial di atas, jangan lupa untuk meninggalkan komentar. Karena ini akan menjadi referensi bagi teman-teman yang lainnya dan akan menjadi bahan evaluasi terhadap admin/penulis di situs ini. Terima kasih dan salam!