TWRP + ROOT Samsung J5 SM-J510F Dengan/Tanpa PC

Panduan Lengkap Bagaimana Cara ROOT dan Install TWRP Samsung Galaxy J5 2016 (SM-J510FN) - Berbicara mengenai ROOT untuk smartphone android, tidak akan ada habisnya. Karena setiap jenis perangkat memiliki cara dan aplikasi tersendiri agar kita sebagai penggunanya bisa melakukan root. Hal ini disebabkan oleh struktur kode yang dimiliki oleh setiap smartphone dan Sistem operasi android berbeda-beda. Untuk itu untuk melakukan Root dan memasang custom TWRP, diperlukan beberapa aplikasi khusus serta cara yang berbeda pula.

Walaupun memiliki seri yang sama, yang dalam pembahasan kali ini adalah Samsung Galaxy J5 2016 dan J5 2017, tetapi aplikasi yang digunakan berbeda antara satu dengan yang lainnya apabila kita mempunyai keinginan untuk melakukan root dan memasang TWRP. Hal ini disebabkan oleh perbedaan antara nomor model, struktur, jenis hardware dan juga sistem operasi yang digunakan.

Dengan demikian, walaupun kedua jenis perangkat ini memiliki nomor model yang berbeda meski memiliki seri yang sama yakni sama-sama J5, tetapi untuk melakukan root dan memasang TWRP terhadap keduanya bisa dikatakan sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengunduh aplikasi yang kita perlukan dan membaca dengan teliti tutorialnya.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial kepada sobat tentang Bagaimana Cara Memasang TWRP dan Melakukan ROOT terhadap Samsung Galaxy J5 2016 admin juga akan menyediakan link download terhadap aplikasi yang diperlukan.

Namun sebelum lanjut ke tutorialnya, alangkah baiknya jika teman-teman membaca terlebih dahulu Apa itu ROOT dan Apa Kelebihan serta Kekurangannya?. Karena tanpa memahaminya, dampak yang mungkin ditimbulkan tidak sebanding dengan apa yang kita dapatkan. Namun apabila sobat sudah paham dan mengerti, langsung saja kita menuju ke tutorialnya.
Peringatan!
Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

1. Cara Install TWRP Samsung J5 2016

Penting!
Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, karena hal ini sangat diperlukan mengingat apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa melakukan restore/mengembalikan ROM dan data kekeadaan seperti semula.
Langkah #1. Untuk memasang TWRP, yang pertama kali yang harus sobat lakukan melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu dan berikut ini adalah persiapan yang perlu dilakukan sebelum memasang TWRP ke dalam perangkat smartphone.
  1. Komputer (PC)/Laptop.
  2. Kabel Data/USB yang asli atau original.
  3. Unduh Samsung USB Driver (Setelah diunduh, install kedalam PC/Laptop).
  4. Unduh Aplikasi Odin3 v3.12.3 (Ekstrak filenya ke dalam PC/laptop)
  5. Unduh TWRP-3.0.3-J5-J510FN (Jangan di ekstrak)
Langkah #2. Buka smartphone sobat kemudian Aktifkan/Enable OEM Lock (OEM Terbuka Kunci) dan USB Debugging (Mendebug USB). Berikut caranya :
  1. Pertama, sobat harus aktikan "Mode Pengembang/Developer Option" terlebih dahulu. Caranya Buka Pengaturan kemudian gulir ke bawah, temukan dan buka About Device (Tentang Device/Telepon).
  2. Selanjutnya, tap sebanyak 5-7 kali pada "Build Number" hingga muncul notifikasi "Mode Pengembang Sudah Aktif" (atau notifikasi sejenisnya).
  3. Setelah mode pengembang sudah aktif, selanjutnya tekan kembali hingga pada menu pengaturan. Gulir ke bawah lagi, temukan dan buka "Developer Option/Mode Pengembang".
  4. Lanjutkan dengan mencari tulisan "OEM Lock/OEM Terbuka Kunci" dan "USB Debugging/Mendebug USB" kemudian aktifkan/enable kedua-duanya.
[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:

Langkah #3. Setelah langkah pertama sudah selesai dilakukan, selanjutnya Matikan Perangkat/Smartphone hingga off total, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol "Power + Home + Volume Bawah" secara bersamaan selama 3-5 detik hingga muncul tampilan "Downloading Mode". Lanjutkan lagi dengan menekan tombol "Volume Atas".

Langkah #4. Sambungkan perangkat sobat ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel USB kemudian lanjutkan dengan membuka aplikasi ODIN pada komputer dengan cara klik kanan dan pilih "Run as Administrator". Perhatikan gambar berikut.

Jika komputer dan smartphone tersambung dengan baik, maka secara otomatis aplikasi ODIN akan mendeteksinya dan akan ada sebuah tanda pada odin yakni ada sebuah box berwarna biru tepat di bawah tulisan "ID:COM" yakni tulisan seperti ini "0:(COM:1) atau 0:(COM:2)" dan seterusnya, serta akan ada sebuah tulisan <ID:0/003> Added!! disebelah kiri aplikasi ODIN. Tetapi jika belum ada, saya sarankan untuk mencabut ulang kabel USB yang sudah terpasang atau menggantinya dengan kabel USB yang lainnya.

Langkah #4. Selanjutnya, klik pada bagian "AP" dan cari file TWRP yang sudah sobat download sebelumnya, lalu klik "Start" dan tunggu hingga proses pemasangannya selesai.

Jika proses instalasi berhasil, maka akan ada tulisan "PASS" (latar dengan warna hijau). Pada tahap ini, silahkan tutup aplikasi odin dan cabut kabel USB yang menyambungkan antara smartphone dengan PC/Laptop. Namun apabila latarnya warna merah dan ada tulisan FAILED, berarti ada yang bermasalah.

Langkah #5. Apabila proses pemasangan TWRP sudah selesai dan berhasil dan untuk mencobanya, silahkan tekan "Tombol Home + Power + Volume Atas" secara bersamaan kurang lebih 3-5 detik hingga perangkat bergetar dan menu TWRP muncul.

2. Proses Rooting Samsung J5 2016

Untuk proses rooting kedua smartphone ini, saya akan membaginya kedalam 3 bagian, yang #Pertama menggunakan aplikasi SuperSU, #Kedua Menggunakan Aplikasi CF-Auto-ROOT dan #Ketiga Tanpa Menggunakan Komputer (KingRoot).

a. Root dengan SuperSU (TWRP)

Untuk proses root dengan menggunakan aplikasi SuperSU, caranya sangatlah mudah. Berikut tahapannya :
  1. Download SuperSU v2.82.zip kemudian ekstrak filenya dan salin/copy kedalam memori telepon/kartu memori.
  2. Matikan perangkat hingga pada posisi off total, lalu masuk ke menu TWRP dengan cara menekan "Tombol Power + Home + Volume Atas" Secara bersamaan.
  3. Jika sudah berada pada menu TWRP, selanjutnya pilih menu "Install" lalu cari aplikasi "SuperSU-v2.82" yang sudah sobat unduh dan sudah sobat tempatkan kedalam memori telepon atau kartu memori.
  4. Usap ke kanan pada bagian "Swipe to confirm flash" untuk proses rooting dan tunggu hingga selesai. Setelah selesai, tap pada bagian "Reboot System" dan tunggu hingga perangkat melakukan restart. Selesai.

b. Root dengan Magisk (TWRP)

Magisk merupakan sebuah aplikasi terbaru yang dikembangkan oleh salah seorang member di XDA-Developers dan aplikasi ini memilik 2 metode yang bisa digunakan untuk melakukan root, yaitu flash MagiskRoot melalui TWRP dan Install menggunakan Magisk Manager.

Penggunaannyapun hampir sama dengan SuperSU, namun magisk memiliki metode ROOT terbaik untuk saat ini. Untuk tutorial serta link downloadnya, silahkan kalian buka artikel Tentang Bagaimana Cara ROOT Menggunakan Magisk. Selain tutorial dan link downloadnya, disana juga dijelaskan beberapa kelebihan, kekurangan dan cara kerjanya.

c. Root dengan CF Auto Root Melalui ODIN

Untuk melakukan root dengan cara menggunakan aplikasi CF Auto Root, berikut langkah-langkahnya :
  1. Download CF-Auto-Root-J5-SM-J510FN Samsung Galaxy J5 2016 dan serta ekstrak filenya kedalam komputer.
  2. Nonaktifkan smartphone sobat hingga pada posisi off total kemudian lanjutkan dengan masuk ke menu downloading mode dengan cara menekan "Tombol Power + Volume Bawah + Home" secara bersamaan. Setelah terbuka, tekan lagi tombol volume atas untuk melanjutkan.
  3. Sambungkan smartphone ke komputer melalui kabel USB.
  4. Buka aplikasi ODIN, kemudian lanjutkan dengan mengklik tombol "AP" dan cari file CF auto root yang ada di dalam komputer sobat.
  5. Terakhir, jalankan aplikasi odin dengan cara mengklik tombol start dan tunggu hingga proses rooting selesai dilakukan (smartphone secara otomatis akan melakukan restart).
Untuk memastikan bahwa apakah smartphone sobat sudah dalam keadaan root, silahkan download aplikasi root checker yang ada di Google Play Store.
[Video] Cara Root Dengan CF Auto ROOT


d. Root Tanpa Komputer (KingRoot)

Langkah #1. Download aplikasi KINGROOT.apk (ekstrak filenya terlebih dahulu) dan install ke dalam perangkat. Apabila terdapat pesan "Install Blocked" silahkan buka menu Pengaturan > Keamanan > & aktifkan "Sumber Tidak Diketahui/Unknow Source". Mengapa pemasanganan kingroot diblokir? Karena KingRoot merupakan aplikasi pihak ketiga (bukan dari Google Play Store) yang membutuhkan izin untuk pemasangannya.

Langkah #2. Sebelum menjalankan aplikasi Kingroot, perangkat harus mendapatkan sambungan internet baik melalui koneksi Wi-Fi, hotspot ataupun sambungan data seluler. Nah, mengapa sambungan internet diperlukan? karena proses rooting akan dilakukan secara online yang dalam hal ini melalui server KingRoot sendiri. Jadi tanpa adanya sambungan internet, proses rooting tidak akan berhasil.

Langkah #3. Jalankan aplikasi dan lanjutkan dengan tap/mengklik "Root" yang berada di lingkaran biru dan tunggu hingga prosesnya selesai. Apabila terdapat pesan "Installation Blocked" saat proses rooting, tap pada tulisan "More Details" kemudian pilih "Install anyway (Unsave)".

Langkah #4. Apabila proses rooting berhasil, maka perangkat sobat secara otomatis akan melakukan restart. Namun jika gagal, maka akan ada sebuah pesan Failed.

3. Bantuan dan Saran

Jika sobat mengalami kendala pada saat menerapkan tutorial diatas atau menemukan file yang rusak/tidak sesuai dengan model perangkat yang sobat gunakan, tidak usah ragu untuk menghubungi admin melalui formulir Contact Us atau melalui kolom komentar yang sudah saya siapkan. Kami akan sangat senang jika membantu sobat.

Dan apabila sobat ingin melakukan UNROOT, silahkan baca tutorialnya "Cara UNROOT Android untuk Semua Jenis Device Terbaru".

Demikianlah tutorial tentang Bagaimana Cara ROOT dan Install TWRP Samsung Galaxy J5 2016 (SM-J510FN) yang ada di atas, semoga bermanfaat bagi kalian yang memerlukannya. Salam dan terima kasih.