advertisement
Panduan Lengkap Cara Root Samsung Galaxy A7 Tanpa Komputer Terbaru dan Berhasil - Melakukan root terhadap android bukanlah hal yang harus dilakukan oleh penggunanya. Namun tanpa melakukan root, kita tidak akan bisa mengakses secara penuh terhadap OS ponsel yang kita miliki. Root sendiri diambil dari istilah sistem linux, secara bahasa bisa diartikan "akar/dasar". Dengan kata lain, root terhadap sistem operasi android adalah untuk mendapatkan hak akses tanpa batas, istimewa, mutlak, absolut untuk mengakses system atau sub system atau kekuasaan untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, perintah yang ada pada sistem.

Dengan melakukan root, pengguna bisa melakukan hal-hal yang mereka inginkan. Misalnya mengubah tampilan interface, tweaking, meningkatkan performa, menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus melalui menu setting aplikasi dan masih banyak hal-hal lain yang bisa dilakukan. Baca selengkapnya Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Root Android.

Melakukan root terhadap Samsung Galaxy A7, sekarang ini sudah bisa dilakukan tanpa menggunakan Komputer PC/Laptop yaitu dengan menggunakan aplikasi KingRoot. Aplikasi tidak bisa ditemukan di google play store, namun bisa didapakan di website resmi kingroot atau di blog ini serta melalui sumber terbuka seperti dari mesin pencari google atau lainnya.
Baca Juga : Cara Root Samsung A7 2016 dan A7 2017 Dengan/Tanpa Komputer
Peringatan!
Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

Cara Root Samsung Galaxy A7 Tanpa Komputer PC/Laptop

Bagi kalian yang tidak memiliki komputer, dibawah ini ada dua cara yang bisa dicoba. Tetapi sekali lagi saya ingatkan bahwa rooting memakai apalikasi pihak ketiga apapun, cenderung memiliki persentase keberhasilan yang sangat kecil bahkan gagal. Namun apabila tetap ingin mencobanya, berikut ini 2 rekomendasi apk yang paling sering berhasil meroot smartphone.

1.1. Root Samsung Galaxy A7 Dengan KingRoot

Langkah #1. Unduh aplikasi Kingroot.apk, lalu ekstrak kedalam kartu memori kemudian install. Apabila terdapapat pemasangan dicekal, tap saja "setelan" lalu cari dan aktifkan Sumber tidak diketahui.

Mengapa terjadi pencekalan saat pemasangan? Karena kingroot merupakan aplikasi pihak ketiga dan bukan merupakan aplikasi yang dipasang langsung melalui google play store. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi lainnya yang berekstensi .apk.
Penting!
Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa merestore / mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.
Langkah #2. Sebelum menjalankan aplikasi kingroot, pastikan ponsel anda terhubung ke internet. Hal ini diperlukan karena ada beberapa database/file yang diunduh langsung kedalam ponsel melalui aplikasi kingroot.

Langkah #3. Setelah terhubung, silahkan tap "Start Root". Tunggu beberapa saat. Jika berhasil, maka akan muncul sebuah pesan di bagian atas aplikasi "Root successfully".

Langkah #4. Untuk memastikan apakah ponsel galaxy A7 sudah berhasil diroot atau tidak, silahkan download aplikasi Root Checker yang bisa anda dapatkan di Google Play Store.

Selamat ponsel sudah root.

1.2. Root Samsung Galaxy A7 Dengan FramaRoot.apk

  1. Download FramaRoot.apk. Ektrak filenya terlebih dahulu.
  2. Install aplikasi FramaRoot.
  3. Akan ada pesan Install Blocked. Silahkan buka Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  4. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat pemasangan, tap tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  5. Jalankan aplikasi FramaRoot.
  6. Lihat di bagian atas, pastikan yang terpilih SuperUser / SuperSU.
  7. Selanjutnya, pilih Barahir / Boramir. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Setelah selesai, restart smartphone kalian.
  9. Selesai.

Cara UNROOT Samsung Galaxy A7

Unroot atau yang lebih dikenal menghapus Root bisa dilakukan dengan menggunakan / tanpa komputer. Biasanya hal ini juga diperlukan saat ingin mengklaim garansi, mengamankan perangkat dari serangan virus dan masih banyak alasan lainnya.

Jadi, bagi anda yang ingin menghapus root Android, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan. Yang pertama silahkan baca artikel Tentang Cara UNROOT Semua Jenis HP Android dan Kedua menginstall ulang firmware atau sistem operasi Android. Cara yang kedua ini bisa kalian baca tutorialnya di Cara Install / Flash ROM Android Samsung via ODIN

Kesimpulan dan Saran

Sebelum melakukan root, lebih baik anda melakukan backup full ROM android pada samsung galaxy A7 anda melalui menu recovery CWM atau custom TWRP. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila terjadi kesalahan dalam proses root dan apabila hal itu terjadi, maka anda bisa mengembalikannya ke keadaan seperti semula.

Jika kalian gagal dalam menerapkan cara di atas, ada baiknya jika melakukan root dengan CF Auto Root. Namun hal ini memerlukan sebuah komputer karena pemasangan CF Auto Root akan dilakaukan dengan menggunakan bantuan komputer serta menggunakan aplikasi ODIN sebagai medianya. Untuk Cara ini silahkan kalian baca tutorialnya di Cara Root Semua Jenis Samsung Dengan CF Auto ROOT

Itulah tutorial singkat mengenai Cara Root Samsung Galaxy A7 Tanpa Komputer Terbaru, semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkannya. Terima kasih dan salam.
Open Comments