Xiaomi Redmi Note 9 Harga Terbaru 2020, Review, Spesifikasi

Harga Xiaomi Redmi 9 dan Spesifikasi Indonesia - Bakal bersaing dengan smartphone harga 3 jutaan Rupiah, Xiaomi resmi meluncurkan smartphone terbarunya Redmi Note 9 untuk mengisi segmen pasar kelas menengah. Ponsel ini merupakan generasi penerus dari Redmi Note 8 yang dirilis Agustus tahun lalu, namun telah mengalami peningkatan di beberapa lini, baik dari segi desain, fitur hingga spesifikasi.

Selain bakal hadir dalam dua opsi memori, yakni RAM 3GB/64GB dan 4GB/128GB, Xiaomi Redmi Note 9 juga hadir dengan spesifikasi kunci sebagai modal utama untuk menarik minat para calon konsumen dan sekaligus untuk merajai pasar smartphone kelas menengah, baik mancanegara maupun di Indonesia.

Termasuk diantaranya menawarkan chipset gahar MediaTek Helio G85 yang didesain khusus untuk menunjang kebutuhan gaming, layar luas 6,53 berkonsep punch-hole 'DotDisplay' berlapis proteksi Gorilla Glass 5, 48MP quad kamera belakang, baterai besar 5020 mAh, memiliki fitur NFC dan lain sebagainya.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari informasi tentang HP Redmi Note 9, meliputi review singkat, spesifikasi lengkap, fitur unggulan dan harga terbaru untuk dijadikan sebagai bahan referensi atau pembanding sebelum memutuskan untuk membeli smartphone Android baru, berikut AndroLite.com sajikan informasi lengkapnya.


Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 9


UMUM
SmartphoneXiaomi Redmi Note 9
Tahun RilisMei 2020
ModelM2003J15SC, M2003J15SG, M2003J15SS
Harga BaruRp3,0 juta (3/64GB), Rp3,7 juta (4/128GB)
Harga Bekas-
BODI
Dimensi162.3 x 77.2 x 8.9 mm
Berat198 gram
WarnaForest Green, Midnight Grey, Polar White
MaterialBelakang plastik, bingkai plastik
LAYAR
TipeIPS LCD
Ukuran6,53 inci
Resolusi2340 x 1080 piksel; Rasio 19.5:9 (395 ppi)
PelindungCorning Gorilla Glass 5
PLATFORM
OSAndroid Q 10.0 (MIUI 11)
ChipsetMediaTek Helio G85 (12nm)
CPUOcta-core (2x Cortex-A75 @2.0GHz + 6x Cortex-A55 @1.8GHz)
GPUMali-G52 MC2
MEMORI
Internal64GB + 3GB RAM
128GB + 4GB RAM
UFS 2.1
EksternalmicroSDXC, slot khusus
KAMERA
Belakang48MP (f/1.8, 26mm, wide),
8MP (f/2.2, 13mm, ultrawide),
2MP (f/2.4, macro),
2MP (f/2.4, depth)
Video2160p@30fps; 1080p@120fps; 720p@960fps; gyro-EIS
FiturLED Flash, HDR, Panorama
Selfie13MP (f/2.0); HDR, panorama; video 1080p@30fps
BATERAI
TipeNon-removable Li-Po
Kapasitas5.020 mAh
ChargingFast charging 18W
KONEKTIVITAS
SIMNano Dual Slot Nano-SIM (4G, 3G, 2G, Edge, GPRS)
Bluetooth5.0 (A2DP, LE, aptX)
USB2.0 (Type-C 1.0)
WiFi802.11 a/b/g/n/ac, dual-band
LokasiGPS, A-GPS, Beidou, Glonass, Galileo
Radio FMYa
3.5mm jackYa
Infra MerahYa
NFCYa
SENSOR
FingerprintYa
Face UnlockYa
CahayaYa
JarakYa
KompasYa
AkselerometerYa
GiroskopYa
Sumber: GSMArena.com

Desain


Meski bodi Redmi Note 9 tidak dibekali fitur tahan percikan air Splash-Proof by P2i seperti saudaranya Redmi Note 9 Pro, akan tetapi ponsel ini tetap menampilkan desain menawan layaknya ponsel kelas atas. Untuk casing belakangnya, mengandalkan materail polycarbonate bergradasi warna memukau dengan sentuhan finishing mengkilat.

Pada bagian belakang ini pula, Xiaomi menempatkan 4 buah kamera yang ditempatkan dalam sebuah bingkai simetris, disusul sebuah sensor fingerprint berbetuk bulat di bawahnya, sehingga semakin menambah kesan premiumnya. Terlebih lagi, keempat sisi belakangnya dibuat dengan lengkungan 3D yang sangat nyaman dalam genggaman.

Kemudian di bagian depan, terdapat sebuah panel yang didesain kekinian, yakni menghadirkan konsep punch-hole atau sebuah lubang kecil di sudut kiri atas layar sebagai rumah bagi kamera selfie 16 megapiksel. Di sisi atas, kiri dan kanan panel juga mempunyai bezel yang dibuat setipis mungkin, meski dibagian bawahnya masih menyisakan bezel lumayan tebal.

Secara keseluruhan, dimensi bodinya tergolong cukup ideal 162.3 x 77.2 x 8.9 mm. Tetapi sayangnya, bobotnya yang lumayan berat 199 gram bakal membuat tangan cepat pegal untuk penggunaan yang lama. Redmi Note 9 sendiri meluncur dalam tiga opsi warna, yakni Forest Green, Midnight Grey, dan Polar White.

Layar


Demi untuk menjaga persaingan dengan smartphone harga Rp 3 jutaan Rupiah, Xiaomi membekali Redmi Note 9 dengan sebuah layar berukuran besar, beresolusi tinggi serta dilengkapi berbagai fitur baru untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada penggunanya. Baik pada saat nonton film, maupun bermain game.

Spesifikasi layar yang diusungnya, mengandalkan panel jenis IPS LCD yang luasnya berdiagonal 6,53 inci. Pada sudut kiri atas layar, Xiaomi memberikan sebuah lubang kecil sebagai tempat untuk kamera selfie dan Bezelnya dibuat setipis mungkin sehingga lebih memaksimalkan tampilannya.

Rasio yang mencapai 19.5:9 dan dipadukan dengan resolusi FHD+ (1080 x 2340 piksel) serta memiliki kerapatan 395 piksel per inci, menghasilkan sebuah layar dengan tampilan visual lebih luas. Dengan ini, pengguna akan disuguhkan dengan pengalaman pengguna dengan layar lapang, terutama untuk mendukung kegiatan live gaming dan entertainment.

Tidak berhenti sampai disitu saja, meski dijual dengan harga terjangkau, namun Xiaomi memberikan sebuah lapisan pelindung super premium berupa Corning Gorilla Glass 5. Dimana teknologi ini lebih banyak digunakan oleh smartphone flagship dan sangat jarang ditemukan untuk ponsel kelas menengah.

Kamera


Spesifikasi kunci utama berikutnya yang menjadi keunggulan Redmi Note 9 untuk menjadi salah satu ponsel buruan harga murah keluaran tahun 2020 ada pada lini kameranya. Konfigurasi 4 kamera belakang yang diusungnya hampir serupa dengan kompetitor terdekatnya, Samsung Galaxy A31, tetapi dijual dengan harga lebih mahal Rp 4 jutaan.

Nah, dari sini kita bisa lihat, walaupun memiliki banderol harga lebih murah, tetapi konfigurasi 4 kamera belakang yang diusung oleh Redmi Note 9 Pro mampu bersaing dengan smartphone dengan harga yang jauh lebih mahal. Salah satu dari 4 kamera yang dibawanya berkekuatan 48MP dengan aperture f/1.8.

Sementara 3 kamera lainnya berkekuatan 8MP (f/2.2) untuk lensa ultra lebar dengan sudut tangkapan hingga 118˚, 2 MP (f/2.4) kamera makro dan 2 MP (f/2.4) untuk kebutuhan live focus. Sebagai pembanding, kamera yang diusung oleh Samsung Galaxy A31 mempunyai konfigurasi 48 MP (f/2.0), 8 MP (f/2.2), 5 MP (f/2.4) dan 5 MP (f/2.4).

Kamera belakang Redmi Note 9 tersebut, diklaim mampu memberikan hasil foto super jernih beresolusi sangat tinggi karena adanya dukungan teknologi AI yang tertanam didalamnya. Baik di tempat terang, maupun ditempat gelap. Selain itu, kamera belakang ini juga mampu merekam video beresolusi tinggi 4K 2160p@30fps atau super slow motion 720p@960fps dengan dukungan gyro-EIS.

Lantas bagaimana dengan kamera depannya? Dibandingkan pendahulunya, Redmi Note 8 reguler, kamera depan ponsel pendatang terbaru ini sedikit mengalami penurunan pada lensa bukaan, dari f/2.0 menjadi f/2.3. Namun resolusinya masih sama, yakni 13 megapiksel. Meski demikian, resolusinya tersebut sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan foto selfie jernih dan mengesankan.

Performa


Beralih ke bagian internal ponsel. Sebagai smartphone dari keluarga Redmi Note Series yang belakangan ini digadang-gandang merupakan ponsel dengan performa terbaik, Xiaomi pun kembali menghadirkan sebuah smartphone dengan spesifikasi internal berkinerja tinggi melalui Redmi Note 9.

Walaupun sudah tidak menggunakan chipset besutan Qualcomm seperti pendahulunya Redmi Note 8, akan tetapi chipset Mediatek Helio G85 yang menjadi otak pemrosesan utama Redmi Note 9, diklaim memiliki performa terbaik terutama dalam urusan gaming. Betapa tidak, chipset ini sejatinya dirancang agar lebih ramah dalam menangani berbagai macam game, mulai dari resolusi rendah hingga full HD.

Xiaomi mengklaim bahwa Redmi Note 9 mampu meningkatkan kinerja GPU lebih kuat 32% dan CPU sebesar 22% dibandingkan dengan generasi sebelumnya dalam peningkatan kinerja dan pengalaman bermain game yang mulus. Prosesor tersebut mempunyai konfigurasi octa-core berkinerja tinggi dengan kecepatan clock maksimum 2.0GHz, sementara GPU memiliki frekuensi 1000MHz.

Tidak sampai disitu saja, untuk memaksimalkan performa Redmi Note 9 agar mampu menjalankan segala aktivitas berat, Xiaomi menanamkan memori RAM berkapasitas 3GB atau 4GB. Sementara untuk kebutuhan penyimpanan file / aplikasi dalam skala besar, ponsel ini hadir dalam 2 opsi sekaligus, dimana untuk varian RAM 3GB ditandemkan dengan storage 64GB dan RAM 4GB dengan storage 128GB.

Baterai dan Fitur Lainnya


Untuk memberikan ketahanan penggunaan selama seharian penuh, Xiaomi Redmi Note 9 datang membawa baterai berkapasitas jumbo 5.020 mAh. Kapasitas baterai tersebut diklaim mampu bertahan selama 147 untuk memutar musik mp3 tanpa henti, 33 jam panggilan suara, 16 jam navigasi berkelanjutan dan gaming 16 jam.

Bukan hanya itu saja, berkat adanya dukungan pengisian super cepat / fastcharging 18W, maka proses pengisian ulang daya pada saat daya baterai habis (lowbat) akan terasa jauh lebih cepat dibandingkan pengisian biasa. Selain itu, baterai Redmi Note 9 ini juga dapat dijadikan sebagai powerbank untuk mengisi daya perangkat lain port USB 2.0 Type-C 1.0.

Untuk fitur pendukung penting lainnya, Redmi Note 9 dibekali fitur NFC, IR Remote yang dapat difungsikan sebagai remote control, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, 3.5mm jack, dual slot kartu SIM jenis nano + 1 buah slot kartu microSD, bluetooth v5.0, dan masih banyak lagi.

Harga dan Ketersediaan Xiaomi Redmi Note 9


Xiaomi Redmi Note 9 yang datang dengan mengusung tagline "Stuning Shades" ini telah menjalankan perangkat lunak baru ROM MIUI 11 berbasis Android Q 10 yang didalamnya telah disisipkan sebuah fitur 'Portable scanner'. Yaitu sebuah fitur pemindai portabel yang berfungsi untuk memindai dokumen atau foto.

Lantas, berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membeli HP Xiaomi Redmi Note 9 ini? Di Amerika Serikat tempat dimana pertama kali ponsel ini dipasarkan, dijual dengan banderol harga perdana 199 USD (sekitar Rp3 juta) untuk varian memori 3GB/64GB dan 249 USD (sekitar Rp3,7 juta) untuk versi 4GB/128GB.

Sementara untuk pasar Indonesia, rencananya Xiaomi bakal segera memperkenalkan Redmi Note 9 bersamaan dengan saudaranya Redmi Note 9 Pro di Tanah air pada tanggal 9 Juni mendatang. Namun sayangnya, Xiaomi Indonesia masih enggan memberikan bocoran tentang harga pastinya. Untuk itu, kita tunggu saja kabar selanjutnya ketika ponsel ini resmi dirilis di Indonesia.

Selengkapnya : Cek Daftar Harga Terbaru Smartphone Xiaomi Semua Seri