Cara UBL / Unlock Bootloader Redmi 9 Tanpa Request

AndroLite.com : Cara UBL (Unlock Bootloader) Xiaomi Redmi 9 Metode Terbaru Tanpa Request (Permintaan) - Salah satu langkah paling awal sebelum pengguna melakukan modifikasi / tweaking sistem pada smartphone Android Xiaomi Redmi 9 seperti untuk keperluan install custom ROM, pasang custom recovery TWRP, rooting, pasang Xposed Installer dan sebagainya, yaitu harus melakukan pembukaan kunci bootloader terlebih dahulu. Karena tanpa pembukaan kunci bootloader, mustahil bagi para pengguna bisa melakukan modifikasi sistem.

Unlock bootloader atau yang disingkat UBL ini sendiri merupakan pembukaan kunci aksesbilitas bagi pengguna secara menyeluruh terhadap sistem yang berjalan pada perangkat yang ia gunakan sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan tweak sistem. Dalam hal ini bootloader akan menentukan kapan harus menjalankan sistem operasi Android atau kapan harus memasuki mode custom, yang merupakan lingkungan runtime dalam partisi.

Sejauh ini ada dua metode yang bisa digunakan untuk UBL Redmi 9. Pertama 'metode lama' yaitu mengharuskan pengguna melakukan permintaan UBL terlebih dahulu ke website mi.com dan kedua 'metode baru tanpa request' yang tidak memerlukan permintaan. Meski cara baru ini tidak request, namun pengguna tetap diminta untuk menunggu selama 3 hari bahkan lebih sebelum request unlock bootloader diberikan.

Lantas bagaimana cara melakukan Unlock Bootloader terhadap HP Xiaomi Redmi 9 ini? Nah, sesuai judul artikel pada kesempatan kali ini, AndroLite.com akan berbagi kepada kalian tentang cara UBL Xiaomi Redmi 9 menggunakan cara baru tanpa request yang dilengkapi gambar sehingga memudahkan kalian dalam mengikuti / menerapkan panduannya.

1. Resiko dan Manfaat UBL Redmi 9

Sebelum lanjut ke tutorial cara unlock bootloader Xiaomi Redmi 9 pada kesempatan kali ini, sebaiknya kalian mengetahui dan memahami tentang kelebihan dan kekurangan (resiko) apa saja yang mungkin ditimbulkan akibat dari melakukan unlock bootloader ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

1.1. Resiko / Kekurangan Unlock Bootloader

  1. Garansi resmi / toko ponsel akan hilang.
  2. Ponsel biasanya tidak lagi mendapatkan update reguler ROM dan Fitur dari pengembang.
  3. Beberapa fitur akan hilang, seperti Fitur Find Device, Added value services dan sebagainya.
  4. Dapat menyebabkan kerusakan permanen perangkat.
  5. Sistem keamanan lemah, sehingga mudah dimasuki virus / malware serta dapat menimbulkan pencurian data penting yang terdapat di dalam ponsel.

1.2. Manfaat Unlock Bootloader

  1. Pengguna dapat mendapatkan akses sistem secara menyeluruh.
  2. Pengguna dapat melakukan tweak, seperti install TWRP, root, pasang Xposed, flash custom ROM / firmware, mod Gcam dan sebagainya.
  3. Dapat meningkatkan performa / kinerja smartphone.
  4. Kostumasi tampilan (User Interface) sesuai keinginan yang tidak terdapat di dalam smartphone.
  5. Hapus aplikasi bootloader dan iklan bawaan yang mengganggu / tidak diinginkan.
  6. Dapat menambah dan mengurangi fitur perangkat lunak / ROM.

Baca juga: Cara Baru UBL Semua HP Xiaomi Tanpa Menunggu / Request

2. Syarat dan Alat UBL Redmi 9

Sebelum melakukan proses unlock bootloader, tentu kalian harus memenuhi beberapa syarat dan mengumpulkan beberapa bahan yang diperlukan. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

2.1. Syarat

  1. ROM MIUI harus OFFICIAL (Global Stable) dan bukan custom ROM.
  2. Nomor HP di dalam ponsel masih aktif atau masih bisa digunakan.
  3. Mempunyai Mi Account dan sudah sinkron dengan ponsel. Jika belum punya, silahkan masuk ke menu Settings » Account kemudian buat akun Mi baru.
  4. Akun Mi yang terdaftar minimal berumur 3 hari.
  5. USB Debugging (Mendebug USB) dan OEM Unlocking harus dalam keadaan aktif. Untuk tutorialnya, silahkan baca Cara Aktifkan USB Debugging / OEM Unlocking Xiaomi Mi Redmi (All Type).

2.2. Alat

  1. Komputer berbasis Windows, baik berupa PC maupun Laptop.
  2. Komputer harus memiliki sambungan internet, baik melalui modem maupun WiFi.
  3. Kabel USB original atau yang masih berfungsi dengan baik.
  4. Download Xiaomi USB/ADB Driver Installer kemudian Install ke dalam komputer.
  5. Download MI_Flash_Unlock (ekstrak menggunakan winrar / 7-Zip).

Baca Juga: 5 Cara Screenshot Redmi 9 (Mudah, Cepat, Tanpa Aplikasi)

3. Unlock Bootloader Redmi 9

Sebelum melangkah ke tahap inti, kalian harus lebih dulu melakukan sinkronisasi akun mi atau Mi Account pada Mi Unlock Status yang terdapat di dalam menu Developer Options atau bahasa indonesianya Opsi Pengembang. Untuk panduannya, berikut langkah-langkahnya.

3.1. Sinkronisasi Akun Mi di MI Unlock Status

  1. Masuk ke menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Opsi Pengembang.
  2. Pilih Status MI Unlock. Di dalamnya tap Tambah Akun dan Perangkat (Add Account and devices).
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses penyinkronan akun Mi selesai dilakukan.
  4. Saat proses penyinkronan data mi account berhasil, maka akan muncul notifikasi "Added Successfully. MI Account Associated with this devices now".

    Tetapi jika gagal, maka akan muncul pesan "Couldn,t verify. Sign in your account again and star over". Nah, ketika mendapati pesan seperti ini, solusinya silahkan coba login / sign in ulang Akun Mi kalian lalu lakukan penyinkronan ulang.

Baca juga: Kumpulan APK Unlock Bootloader In-Depth Test HP Realme

3.2. Proses UBL

  1. Pertama, silahkan buka komputer kemudian jalankan aplikasi Mi_Flash_Unlock.exe (klik kanan lalu pilih Run as administrator).
  2. Pada tampilan jendela awal, klik tombol "Agree".
  3. Selanjutnya, login menggunakan Mi Account yang sama persis di dalam ponsel, lalu klik Sign In.
  4. Berikutnya, silahkan matikan ponsel sampai off total.
  5. Masuk ke Fastboot Mode dengan cara tekan dan tahan tombol POWER + VOLUME BAWAH selama kurang lebih 7-10 detik.
  6. Ketika logo mi bunny muncul bertuliskan Fastboot dibawahnya, lepaskan kedua tombol tersebut.
  7. Tahap berikutnya, silahkan sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.
  8. Ketika keduanya terhubung dengan baik, maka status "Not Connected" pada aplikasi Mi_Flash_Unlock akan berubah menjadi "Phone Conected".
    Tetapi apabila masih berstatus "Not Connected", maka saya sarankan untuk memindahkan kabel USB ke port lain atau ganti kabel USB.
  9. Berikutnya, silahkan klik tombol "Unlock" untuk memulai proses unlocking dan tunggu sampai selesai.
  10. Jika proses Unlock Bootloader berhenti di 99%, kalian tidak perlu khawatir prosedur UBL versi terbaru ini memang membutuhkan waktu sekitar 3 (72 jam) hingga 30 hari (720 jam).
    Jadi, silahkan tunggu sesuai batas waktu yang diberikan, kemudian ulangi kembali prosedur Unlock Bootloader di atas (step #1 sampai #9).
  11. Nah ketika proses unlock berhasil dilakukan, maka akan muncul pesan "Unlocked Successfully" seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.
  12. Terakhir, silahkan klik "Reboot" dan tunggu hingga ponsel menyala sempurna.
  13. Selesai, selamat bootloader ponsel Redmi 9 kalian sudah terbuka (unlock).

3.3 Cek Status Bootloader Redmi 9

  1. Cara pertama, silahkan buka menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Opsi Pengembang » Status Mi Unlock. Jika muncul pesan "The device is Unlocked" itu artinya bahwa Bootloader sudah tidak terkunci.
  2. Cara kedua, silahkan Restart kalian. Ketika sudah mulai menyala, perhatikan di bagian bawah layar. Apabila terdapat icon Gembok terbuka bertuliskan "Unlocked", berarti Bootloader sudah unlock.

Baca juga: Cara Unlock Bootloader Redmi 8, 8A, 8A PRO Tanpa Request

4. Solusi Gagal Unlock Bootloader Redmi 9

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan bootloader Redmi 9 gagal dibuka. Diantaranya karena disebabkan oleh kesalahan konfigurasi, koneksi internet tidak stabil, salah memasukkan akun Mi, kabel USB tidak memadai dan sebagainya. Nah untuk mengatasi hal tersebut, cobalah beberapa tips berikut ini.

4.1. UBL Berhenti di 99%

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin 10 bagian 3.2 proses UBL Redmi 9 di atas, bahwa untuk melakukan pembukaan kunci bootloader metode terbaru tanpa request ini memang kerap berhenti atau stuck di 99%. Hal ini disebabkan karena adanya antrian proses verifikasi / validasi dari pihak Xiaomi.

Biasanya untuk proses verifikasi / validasi tersebut membutuhkan waktu sekitar 3 hari (72 jam) hingga 30 hari (720 jam) atau bisa juga tanpa menunggu. Jadi silahkan tunggu hingga batas waktu yang ditentukan. Nah, ketika penantian sudah batas waktu yang ditentukan, silahkan lakukan kembali proses UBL seperti yang telah dijelaskan di atas.

4.2. UBL Berhenti di 50%

Salah satu penyebab lain yang mengakibatkan proses UBL stuck di-angka 50% adalah karena akurasi dari GPS tidak tepat. Solusinya silahkan setting GPS ke mode High Accuracy. Untuk panduannya, berikut langkah-langkahnya.
  1. Masuk ke menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Privasi » Lokasi, lalu pilih Akurasi Tinggi / High Accuracy.
  2. Selanjutnya, masuk lagi ke menu Pengaturan » Akun Mi » Mi Cloud kemudian tap Cari Perangkat / Find Device.
  3. Masuk lagi ke menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Administrator Perangkat Privasi (Privacy Device administrators) » Pengelola Perangkat Android (Android Device Manager). Di bagian pojok kanan bawah, ketuk "Aktifkan administrator perangkat ini (Activate this device administrator)".
  4. Tahap berikutnya masuk ke menu Opsi Pengembang > Status Mi Unlock", kemudian tap Tambahkan Akun dan perangkat (Add Account and devices) dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Terakhir, buka situs https://i.mi.com/ menggunakan komputer dan lanjutkan dengan login menggunakan Akun Mi kalian.
  6. Setelah berhasil login, selanjutnya klik Find Device.
  7. Jika akun Mi yang terdapat di dalam ponsel dengan akun mi yang ada di situs i.mi.com berhasil tersinkron, maka posisi GPS yang ditampilkan pada website i.mi.com akan memperlihatkan posisi ponsel kalian sekarang. Nah, pada tahap ini silahkan lakukan kembali prosedur UBL.

4.3. Solusi Lainnya

Apabila kalian memiliki masalah lain selain dari dua permasalahan yang telah disebutkan di atas, maka saya sarankan untuk mencoba solusi lain berikut ini.
  1. Pastikan kabel dan port USB tidak bermasalah.
  2. Pastikan komputer memiliki koneksi internet selama proses unlock berlangsung.
  3. Pastikan USB / ADB Driver Installer smartphone Redmi 9 terpasang dengan baik di PC / Laptop.
  4. Pastikan Akun Mi yang digunakan, sama persis yang ada di dalam ponsel dengan yang digunakan login di aplikasi Mi_Flash Unlock.

Baca juga: Unlock Bootloader (UBL) Redmi Note 9 / 9 Pro/Max Tanpa Menunggu

5. Penutup

Pada dasaranya, UBL HP Xiaomi Redmi 9 di atas sebenarnya memiliki proses yang sama dengan smartphone Xiaomi lainnya. Baik yang menjalankan ROM MIUI 6, 7, 8, 9, 10, 11 hingga yang terbaru saat ini MIUI 12. Hanya saja yang mungkin membedakannya adalah pada tampilan pada aplikasi Mi Unlock atau tampilan menu pengaturan yang ada di dalam smartphone.

Nah, itulah panduan lengkap tentang bagaimana Cara Unlock Bootloader (UBL) HP Xiaomi Redmi 9 Tanpa Request Terbaru pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang AndroLite.com sajikan kali ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung, salam!