Cara Baru Unlock Bootloader (UBL) Redmi Note 7 / 7 Pro Terbaru

AndroLite.com : Cara UBL Xiaomi Redmi Note 7 Lavender / Note 7 Pro Violet Terbaru Tanpa Request (Permintaan) - Sejauh ini, ada dua metode unlock bootloader Redmi Note 7/7 Pro, yaitu metode lama dan metode baru. Cara lama mengharuskan pengguna request / meminta unlock bootloader lebih dahulu. Sedangkan cara baru bisa langsung melakukan UBL tanpa request.

Meski begitu, pengguna tetap harus menunggu dalam jangka waktu tertentu baru bisa UBL hingga 100% (biasanya 3 hari hingga 30 hari). Penerapannya sendiri bisa untuk semua ROM, termasuk MIUI 10 (bawaan), MIUI 11, 12 hingga versiyang paling baru. Baik itu yang berbasis Android Pie 9.0 hingga Android Q 10.0.
Ada beberpaa alasan utama mengapa perlu melakukan UBL Redmi Note 7 / Note 7 Pro, yakni troubleshooting atau modifikasi. Misalnya untuk mengatasi soft / hard brick, flashing stock / custom ROM, pasang custom recovery TWRP dan rooting, meningkatkan performa, hapus iklan, Install Xposed, dan lain sebagainya.

Nah, bagi kamu yang ingin melakukan Unlock Bootloader pada HP Xiaomi Redmi Note 7 atau Redmi Note 7 Pro milik kalian, tapi masih awam dan butuh bimbingan, berikut ini kami sajikan panduannya yang dibahas secara detail lengkap dan dilengkapi dengan gambar sehingga mudah dipahami dan diterapkan.

1. Tentang Redmi Note 7 & Note 7 Pro

Walaupun dirilis pada awal tahun 2019 lalu, sampai saat ini namun kedua smartphone besutan Xiaomi ini masih worth it untuk dijadikan sebagai daily driver. Alasannya selain banderol harganya yang sangat murah, juga dibekali spesifikasi dan fitur mempuni bahkan mampu mengalahkan beberapa kompetitor sekelasnya.

Redmi Note 7 yang datang dengan code name Lavender model M1901F7G, M1901F7H, M1901F7I, memiliki bodi yang dominan berbalut kaca berlapiskan Gorilla Glass 5 yang ditenagai oleh Chipset Snapdragon 660, GPU Adreno 512, RAM 3GB / 4GB, storage 32GB / 64GB, dual kamera belakang 48+5 MP, baterai 4000 mAh, panel 6,3 inci FHD+.

Sedangkan Note 7 Pro yang memiliki code name Violet model M1901F7S juga mengemas bodi kaca dilapisi Gorilla Glass 5 dengan panel FHD+ seluas 6,3 inci. Ponsel ini dijalankan oleh chip Snapdragon 675, GPU Adreno 612, RAM 4GB / 6GB, internal 64GB / 128GB, baterai 4000 mAh dan dua kamera belakang 48MP + 5MP.

2. Pengertian, Resiko, Manfaat UBL Redmi Note 7/7 Pro

Bootloader adalah sebuah program sistem yang berfungsi untuk memuat perangkat lunak / sistem operasi ketika perangkat dalam proses booting yang kemudian memberikan aksesibilitas, memverfikasi intergritas sistem operasi agar dapat dioperasikan atau digunakan.

Sementara untuk Unlock Bootloader yang dalam hal ini akan diterapkan pada perangkan Redmi Note 7/7 Pro adalah proses membuat Bootloader menjadi terbuka / tidak terkunci, sehingga aksesibilitas perangkat menjadi tidak terbatas.

Meski begitu, selain memiliki manfaat, ternyata UBL juga memiliki resiko yang ditimbulkan. Jadi sebelum melakukannya, sebaiknya pahami kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

2.1. Resiko Unlock Bootloader

  1. Dapat kerusakan permanen pada perangkat.
  2. Sistem keamanan lemah, sehingga perangkat rawan dimasuki virus / malware.
  3. Perangkat akan kehilangan Garansi resmi / toko sehingga tidak bisa diklaim lagi.
  4. Banyak fitur hilang. Seperti Fitur Find Device, Added value services dan sebagainya.
  5. Ponsel tidak lagi mendapatkan dukungan update reguler dari developer, seperti Update OS, fitur, keamanan dan lainnya.

2.2. Manfaat Unlock Bootloader

  1. Sksesibilitas sistem perangkat menjadi tidak terbatas.
  2. Bisa memasang custom recovery TWRP dan melakukan root.
  3. Dapat meningkatkan performa / kinerja perangkat.
  4. Dapat melakukan modifikasi / tweak sistem operasi.
  5. Pasang file-file custom, seperti custom ROM.

3. Persiapan UBL Redmi Note 7/7 Pro

Ada beberapa syarat, file dan peralatan yang harus dipersiapkan sebelum melangkan ke proses UBL. Apa saja itu? Berikut daftar lengkapnya.

3.1. Download

  1. Download Xiaomi USB/ADB Driver Installer lalu install di PC.
  2. Download MI_Flash_Unlock kemudian ekstrak filenya.

3.2. Alat dan Syarat

  1. Komputer (PC/Laptop) berbasis Windows.
  2. Pastikan komputer terhubung ke internet.
  3. Kabel USB yang masih berfungsi baik.
  4. ROM MIUI OFFICIAL (Global Stable), bukan custom ROM.
  5. Buat Mi Account di ponsel. Caranya buka Settings » Account kemudian buat Mi Account baru.
  6. Mi Account yang telah terdaftar berumur minimal 3 hari.
  7. MI Account sudah login di ponsel.
  8. Developer Options, OEM Unlocking, USB Debugging harus aktif dan sinkronkan akun mi yang telah terdaftar. Berikut tutorialnya:

3.2.1. Aktikan Developer Options, OEM Unlocking, USB Debugging

  1. Buka menu Settings » About Phone.
  2. Ketuk sebanyak 7 hingga 10 kali pada MIUI Version sampai muncul notifikasi "You are a developer now" atau notifikasi sejenisnya.
  3. Pada tahap ini, menu Opsi pengembang telah muncul. Untuk melihatnya, silahkan tekan back 2x atau buka kembali menu Settings » Additional settings.
  4. Didalamnya, silahkan aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock dengan cara tekan tombol toggle aktivasi disampingnya.
  5. Tap OK/Enable untuk konfirmasi pilihan.
  6. Selesai.

3.2.2. Sinkronisasi Mi Account

Setelah OEM Unlock dan USB Debugging diaktifkan, selanjutnya lakukan sinkronisasi Mi Account yang juga terdapat didalam menu Opsi Pengembang.
  1. Buka Settings » Additional Settings » Developer Options.
  2. Tap menu Status MI Unlock lalu tap Add Account and devices.
  3. Tunggu sampai proses penyinkronan data Mi Account selesai.
  4. Pastikan notifikasi yang muncul adalah "Added Successfully. MI Account Associated with this devices now", bukan "Couldn,t verify. Sign in your account again and star over". Namun bila mendapati notifikasi ini, silahkan lakukan sinkronisasi ulang.

4. Unlock Bootloader Redmi Note 7/Note 7 Pro

Setelah semua syarat, persiapan, dan alat telah dipenuhi, berikutnya proses UBL. Berikut langkah-langkahnya:

4.1 Proses UBL Redmi Note 7/7 Pro

  1. Buka komputer lalu klik kanan pada aplikasi Mi_Flash_Unlock.exe kemudian pilih Run as administrator.
  2. Di jendela tampilan awal, klik "Agree".
  3. Login menggunakan Mi Account yang telah dibuat di ponsel, lalu klik Sing In.
  4. Matikan ponsel Redmi Note 7 / 7 Pro hingga mati total.
  5. Booting ke mode Fastboot dengan cara tekan & tahan tombol POWER + VOLUME BAWAH.
  6. Lepaskan kedua tombol tersebut bila sudah berada pada tampilan logo mi bunny bertuliskan Fastboot dibawahnya.
  7. Koneksikan ponsel ke PC menggunakan kabel USB.
  8. Bila sudah terhubung dengan sempurna, maka status "Not Connected" yang ada didalam aplikasi Mi_Flash_Unlock akan berubah menjadi "Phone Conected".
  9. Klik "Unlock" untuk memulai proses UBL dan tunggu prosesnya selesai.
  10. Bila prosesnya berhenti di 99%, kalian tidak perlu khawatir karena prosedur UBL metode baru ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 72 jam hingga 720 jam. Jadi, silahkan tunggu sampai batas waktu yang ditentukan, lalu ulangi kembali prosedur Unlock Bootloader di atas.
  11. Bila proses UBL berhasil, maka akan terlihat seperti gambar di bawah.
  12. Terakhir, silahkan klik "Reboot" dan tunggu hingga ponsel menyala sempurna.
  13. Selesai.

4.2 Cek Status Bootloader

Ada dua cara yang bisa kalian lakukan untuk memastikan apakah bootloader sudah tidak terkunci ataukah tidak.
  1. Pertama, buka Settings » Additional Settings » Developer Options » Status Mi Unlock. Jika muncul pesan "The device is Unlocked" itu artinya bahwa Bootloader sudah terbuka.
  2. Kedua, silahkan Reboot ponsel. Saat mulai menyala, perhatikan di bagian bawah layar. Bila terdapat icon Gembok terbuka bertuliskan "Unlocked", itu artinya Bootloader unlock.

5. Solusi Gagal Unlock Bootloader Redmi Note 7 / Note 7 Pro

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan perangkat gagal UBL. Biasanya disebabkan oleh adanya kesalahan konfigurasi, salah memasukkan user akun Mi, koneksi internet buruk, kabel USB tidak memadai dan lain sebagainya. Nah untuk mengatasinya, berikut beberapa tips yang mungkin bisa mengatasinya.

5.1. UBL Berhenti di 50%

  1. Aktifkan GPS pada mode High Accuracy. Caranya, silahkan buka Settings » Additional Settings » Privacy » Location, lalu pilih High Accuracy.
  2. Selanjutnya, aktifkan Find Device dengan cara buka menu Settings » Mi Account » Mi Cloud » Find device.
  3. Aktifkan juga Android Device Manager dengan cara masuk ke menu Settings » Additional settings » Privacy Device administrators » Android Device Manager. Di bagian pojok kanan bawah, ketuk "Activate this device administrator".
  4. Buka kembali Status Mi Unlock yang ada di dalam menu Developer Options", lalu tap Add Account and devices dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Terakhir, buka situs https://i.mi.com/ via komputer, lalu login menggunakan Akun Mi anda. Setelah itu pilih Find Device.
  6. Jika sinkronisasi mi account ponsel dan mi cloud berhasil, maka posisi GPS yang ditampilkan pada website mi cloud akan memperlihatkan posisi Anda sekarang. Nah, pada tahap ini Bootloader ponsel sudah siap di Unlock kembali.

5.2. UBL Berhenti di 99%

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa metode baru UBL ini meski tidak mengharuskan request terlebih dahulu, tatapi pengguna harus tetap menunggu hingga pihak developer memberikan persetujuannya. Dalam hal ini biasanya pengguna disuruh menunggu selama 72 jam (3 hari) hingga 720 jam. Jadi silahkan tunggu.

5.3. Solusi Lainnya

  1. Pastikan PC memiliki koneksi internet saat proses UBL berlangsung.
  2. Pastikan kabel dan port USB tidak bermasalah.
  3. Pastikan memasukkan username Mi Account di Mi_Flash Unlock sesuai dengan yang ada di dalam ponsel.
  4. Pastikan USB Driver Installer Xiaomi telah terpasang baik di PC.

6. Penutup

Tutorial UBL metode baru di atas, sebenarnya juga dapat diterapkan untuk semua jenis HP Xiaomi baik itu seri Mi maupun Redmi, terutama untuk keluaran 2018 keatas. Namun bila memiliki kendala dalam mengaplikasikannya, silahkan meninggalkan komentar di bawah.

Nah, itulah tutorial terlengkap tentang bagaimana Cara Unlock Bootloader / UBL Redmi Note 7 dan Redmi 7 Pro (Metode Terbaru) pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba. Terima kasih telah berkunjung, Salam!