advertisement
Panduan Lengkap Bagaimana Cara Blokir / Menghilangkan / Menghapus Iklan di HP Android Tanpa Root - Ketika kita sebagai pengguna smartphone Android yang sedang asyik menggunakannya, tiba-tiba ada sebuah iklan pop-up yang muncul di layar, tentu hal ini akan sangat terasa mengganggu dan membuat kita sedikit kesal dibuatnya. Munculnya iklan di HP android terjadi karena ada beberapa aplikasi yang sedang berjalan, entah itu berjalan karena sementara digunakan ataupun yang berjalan di background.

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa sekarang ini hampir semua aplikasi yang terpasang di dalam perangkat android telah disisipkan beberapa iklan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pembiayaan tambahan untuk pengembangan dan perawatan aplikasi tersebut. Akan tetapi, ketika iklan mengganggu kenyamanan pengguna android, memang menjadi satu hal yang tidak kita inginkan, terlebih jika iklan tersebut berupa pop-up yang menutup seluruh layar.
Selain mengganggu, beberapa jenis iklan juga menyedot kuota / paket data internet karena iklan-iklan yang ada di dalam HP android hanya akan muncul ketika perangkat terhubung ke koneksi internet. Entah itu ketika terhubung ke jaringan internet seluler, hotspot ataupun koneksi Wi-Fi. Namun, ketika ponsel dalam keadaan sedang terhubung dengan internet, maka iklan-iklan tersebut tidak akan pernah muncul lagi.

Mengenai hal tersebut di atas, ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan atau menghapus hampir semua iklan di HP android kesayangan kita. Namun pada kesempatan kali ini, admin hanya akan memberikan solusi yaitu tentang bagaimana cara menghilangkan iklan di android tanpa root. Karena solusi ini, admin anggap adalah solusi terbaik, efisien, cepat dan hanya memerlukan sebuah aplikasi tambahan saja. Penggunaannyapun juga sangat mudah.

1. Cara Blok / Hapus Iklan di Android Dengan DNS66

Untuk memblok / menghapus iklan yang mengganggu di ponsel android, kita hanya memerlukan sebuah aplikasi bernama DNS66. Secara singkat, DNS66 adalah sebuah aplikasi ads block berbasis open source yang memiliki kemampuan memblok hampir semua jenis iklan untuk beberapa apps dengan sangat baik. Bagaimana cara menggunakan aplikasi DNS66? berikut panduannya.
  1. Download Aplikasi DNS66 dan Install kedalam ponsel android kalian.
  2. Jika terdapat pesan "Install Blocked", silahkan pilih "Settings (Pengaturan)" » lalu aktifikan "Unknown Sources (Sumber Tidak Diketahui)" » Ok » Install".
  3. Setelah penginstallannya selesai, selanjutnya jalankan aplikasi DNS66.
  4. Didalam app DNS66, langsung saja tekan tombol "Start".
  5. Selesai.
Perlu kalian ingat, DNS66 tidak bisa memblokir semua iklan di dalam aplikasi android seperti Youtube, akan tetapi mampu memblokir hampir semua aplikasi lain termasuk iklan di browser.

2. Cara Blokir Iklan di Android Dengan NoRootFirewall

Untuk cara yang kedua ini, cara kerjanya sama saja dengan aplikasi yang pertama (DNS66), hanya saja keakuratannya dalam memblokir semua iklan di perangkat android sedikit lebih baik, ditambah lagi terdapat beberapa menu pengaturan penting lainnya.
  1. Download Aplikasi NoRootFirewall, kemudian Install.
  2. Jika ada pesan "Install Blocked", silahkan pilih "Settings (Pengaturan)" » kemudian centang / aktifikan "Unknown Sources (Sumber Tidak Diketahui) » Ok » Install".
  3. Setelah pemasangannya selesai, selanjutnya jalankan aplikasi NoRootFirewall.
  4. Didalam app NoRootFirewall, silahkan klik tombol "Start".
  5. Selanjutnya pada tab "Pending Access" pilih aplikasi yang akan diblok dengan menekan tombol "X-DENY".
  6. Pada tab "Apps" kalian juga bisa memilih aplikasi mana saja yang akan diblok atau dibiarkan.
  7. Selesai.

Sebagai catatan, sangat disarankan untuk tidak memblokir aplikasi browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Samsung Internet atau browser lainnya, karena sangat mempengaruhi kecepatan akses atau bahkan sama sekali tidak bisa membuka situs / website yang diinginkan.
Itulah panduan lengkap Bagaimana Cara Memblok / Menghapus Iklan di HP Android Tanpa Root pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya informasi di atas, bisa memberikan pengatahuan tambahan kepada kalian agar dapat lebih mengoptimalkan kinerja smartphone android kalian. Terima kasih dan salam.
Open Comments