Unlock Bootloader (UBL) Realme 6 Pro RMX2061

AndroLite.com : Cara Unlock Bootloader Realme 6 Pro RMX2061 [How to] - Setelah sebelumnya membahas cara mengambil Screenshot HP Realme 6 Pro, sekarang saya akan memberikan tutorial lengkap tentang bagaimana cara Unlock Bootloader Realme 6 Pro yang mungkin akan sangat berguna bagi kalian yang ingin melakukan oprek / modifikasi sistem.

Unlock bootloader atau yang disingkat UBL ini sendiri merupakan proses untuk membuka akses penuh sistem yang memungkinkan pengguna untuk memasang custom recovery TWRP, root dengan magisk, install custom ROM, pasang Xposed Installer, flash mod gcam, dan sebagainya.

Untuk melakukan UBL Realme 6 Pro, sejauh ini hanya ada satu metode yang bisa digunakan, yaitu dengan menggunakan aplikasi DeepTesting (in-dept test) apk untuk Android Q 10 antarmuka Realme UI (RUI) RMX2061_11.A.17 atau versi diatasnya (terbaru).

Metode ini tentunya memerlukan bantuan komputer baik berupa PC maupun Laptop. Dan bagi kalian yang ingin melakukan unlock bootloader tanpa PC, sayangnya sampai saat ini belum ada metodenya.

Nah, untuk mengetahui bagaimana cara serta aplikasi apa saja yang diperlukan untuk melakukan unlock bootloader Realme 6 Pro, berikut aplikasi dan panduan lengkapnya.


Baca juga: Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi (All Type) Metode Baru

1. Resiko UBL Realme 6 Pro

Sebelum lanjut, mungkin sebaiknya kalian harus mengetahui tentang dampak buruk apa saja yang dapat ditimbulkan apabila bootloader Realme 6 Pro terbuka. Termasuk diantaranya:
  1. Garansi resmi / toko ponsel akan hilang.
  2. Kerusakan permanen perangkat.
  3. Sistem keamanan lemah sehingga rawan dijebol yang mengakibatkan data pribadi / rahasia bocor.
  4. Data di dalam memori internal terhapus secara permanen.
  5. Aplikasi UBL DepthTesting dapat memodifikasi beberapa fungsi sistem android.
  6. Ponsel tidak lagi mendapatkan pembaharuan / update perangkat lunak dan fitur via OTA.
  7. Beberapa fitur penting tidak lagi berfungsi.

2. Persiapan Alat dan Bahan UBL Realme 6 Pro

Sebelum memulai proses unlock bootloader HP Realme 6 Pro, tentu kalian perlu mempersiapkan peralatan dan bahan apa saja yang diperlukan. Apa saja itu? Berikut daftarnya.
  1. Sebuah Komputer (PC/Laptop).
  2. Sebuah Kabel USB yang masih berfungsi dengan baik.
  3. Ponsel memiliki koneksi internet.
  4. Daya baterai ponsel minimal 60%.
  5. OEM Unlocking dan USB Debugging sudah aktif (panduannya ada dibagian nomor #3 di bawah).
  6. Download salah satu file In-Depth Test berikut ini kemudian install ke dalam ponsel Realme 6 Pro kalian.
  7. Download ADB.Driver.Installer.v2.0.exe (11,2 MB) kemudian install di komputer.
  8. Download Minimal ADB Fastboot_1.4.4_portable (2,6 MB) (ekstrak di komputer menggunakan winrar / 7-Zip).

Baca Juga: Unlock Bootloader Samsung [All Type], OEM Unlocking, USB Debugging

3. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging (Developer Options)

Tahap selanjutnya yang harus dilakukan sebelum melangkah keproses UBL Realme 6 Pro adalah mengaktifkan fungsi OEM Unlock dan USB Debugging yang letaknya ada di dalam menu Opsi Pengembang (Developer Options).

Tetapi karena menu developer options ini secara default tersembunyi, untuk itu kalian harus memunculkannya terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:
  1. Masuk ke menu Pengaturan » Tentang Ponsel.
  2. Ketuk sebanyak 7 hingga 10 kali pada Nomor bentukan sampai muncul notif "You are a developer now" atau sejenisnya.
  3. Selanjutnya, tekan back / kembali atau buka ulang kembali menu pengaturan.
  4. Buka menu pengaturan tambahan » Opsi Pengembang.
  5. Di dalamnya, silahkan aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Pilih OK/Enable untuk konfirmasi pilihan.

Baca juga: Cara Restart, Factory/Hard Reset Realme 5i + Recovery Mode

4. Proses Unlock Bootloader Realme 6 Pro

Proses UBL Realme 6 Pro dapat mengakibatkan terhapusnya semua data di dalam memori internal ponsel (factory reset). Jadi sebelum melakukannya, sebaiknya lakukan backup atau pindahkan semua data penting ke memori eksternal SDcard atau ke komputer.
  1. Langkah pertama, silahkan install aplikasi InDept Test apk yang sebelumnya telah tersalin ke ponsel Realme 6 Pro kalian, setelah itu jalankan.
  2. Setelah aplikasi In-Dept Test terbuka, selanjutnya tap "Start Applying" (pastikan ponsel memiliki sambungan internet).
  3. Tahap selanjutnya, silahkan centang "I have read and agreed to the aforesaid content" lalu tap Submit Application".
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses review selesai dilakukan. Dalam hal ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit sampai 1 jam.
  5. Setelah proses review berhasil, maka aplikasi akan menampilkan pesan "Review Successful". Nah, di bawah dari pesan tersebut, silahkan ketuk "Start the in-depth test".
  6. Sesaat setelah tombol Start the in-depth test di-tap, maka HP Realme 6 Pro akan melakukan reboot ke FastBoot Mode secara otomatis.
  7. Masih di mode fastboot, selanjutnya hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.
  8. Setelah keduanya terhubung dengan baik, lanjutkan dengan membuka buka folder minimal_adb_fastboot_1.4.4_portable yang sebelumnya sudah diekstrak di komputer. Di dalam folder tersebut, klik 2 kali "cmd-here".
  9. Di jendela Command Prompt, pertama ketikkan perintah "fastboot devices" (tanpa tanda kutip) kemudian tekan enter. Pastikan terdapat nomor kode ponsel berupa kombinasi angka dan huruf sesaat setelah kalian menekan enter.
  10. Berikutnya, ketikkan lagi perintah "fastboot flashing unlock" (tanpa tanda kutip) lalu tekan enter.
    Pastikan di dalam jendela command prompt muncul notifkasi "OKAY" yang menandakan proses unlock bootloader siap dilakukan.
  11. Buka kembali ke ponsel Realme 6 Pro kalian. Pastikan yang muncul pada layar ponsel tampak seperti gambar berikut. Selanjutnya, pilih opsi "Unlock The Bootloader" menggunakan tombol "Volume Bawah", kemudian tekan tombol "Power" untuk konfirmasi pilihan.
  12. Sesaat setelah melakukan konfirmasi, ponsel dengan sendirinya akan melakukan restart dan tunggu sampai menyala sempurna. Tahap selanjutnya, silahkan lakukan pengaturan sampai masuk ke tampilan home.
  13. Terakhir, untuk memastikan Bootloader Realme 6 Pro benar-benar sudah unlocked, silahkan matikan ponsel hingga mati total, kemudian booting ke fastboot mode. Caranya silahkan tombol "VOLUME BAWAH + POWER" secara bersamaan selama kurang lebih 3-5 detik.

    Selanjutnya lihat di bagian menu paling bawah, pastikan muncul tulisan "DEVICE STATE - Unlocked" seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Selamat, bootloader Realme 6 Pro kalian sudah terbuka (unlock) dan siap untuk dipasangi recovery TWRP, rooting, flash ROM dan sebagainya.

Baca juga: Cara Unlock Bootloader Realme 5, 5i, 5s dan 5 Pro Terbaru

5. Solusi Gagal Unlock Bootloader Realme 6 Pro

Saat proses UBL berlangsung yang kemudian mengalami kegagalan, cobalah lakukan beberapa tips berikut.
  1. Pastikan kabel dan lubang USB tidak goyang / bermasalah.
  2. Pastikan ponsel telah terhubung baik dengan komputer.
  3. Pastikan OEM Unlocking dan USB Debugging sudah diaktifkan.
  4. Pastikan USB / ADB Driver sudah diinstall Komputer.
  5. Pastikan kalian tidak melewatkan langkah-langkah proses ubl di atas.

6. Penutup

Perlu kalian ketahui, sebenarnya unlock bootloader Realme 6 Pro di atas prosesnya sama saja dengan ponsel realme lainnya. Hanya saja, perbedaannya ada pada jenis file InDept Testing Apk yang diperlukan.

Hal ini disebabkan karena setiap aplikasi In Dept Test yang dibuat memiliki kode khusus yang disesuaikan dengan seri / model ponsel masing-masing.

Jadi apabila kalian sudah pernah melakukan UBL pada seri HP Realme sebelumnya, saya rasa proses membuka kunci bootloader pada Realme 6 Pro ini tidak akan menjadi masalah lagi.

Demikianlah tutorial lengkap tentang bagaimana Cara Unlock Bootloader (UBL) HP Realme 6 Pro pada kesempatan kali ini. Jika memiliki kendala saat menerapkannya, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung, Salam!