Cara Klaim Token Listrik Gratis via WA (WhatsApp) dan PLN

AndroLite.com : Cara Klaim Token Listrik Gratis Selama 3 Bulan - Menyikapi pandemic Covid-19, pemerintah baru saja mengumumkan kebijakan untuk menggratiskan token listrik PLN selama tiga bulan, yakni periode April, Mei dan Juni 2020.

Kebijakan ini sebagai upaya untuk menekan dampak yang dirasakan masyarakat akibat pandemic virus Corona (Covid-19) dan sudah mulai berlaku sejak 01 April lalu dan paling lambat 11 April mendatang.
"Sudah dimulai pada tanggal 1 April, paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut," kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka via Kompas.com.
Tetapi sayangnya, tidak semua pelanggan listrik PLN yang dapat menikmati kebijkan listrik gratis atau subsidi dari pemerintah ini. Hanya pelanggan kategori subsidi yang berhak mendapatkannya.

Rincian pelanggan yang berhak mendapatkan token listrik gratis ini yaitu sebanyak 24 juta pelanggan rumah tangga 450 VA (Volt Ampere) mendapatkan listrik gratis. Sementara, 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi hanya mendapat diskon sebesar 50 persen.

Berikut rincian lengkapnya:
  1. R1/450 VA (gratis)
  2. R1T/450 VA (gratis)
  3. R1/900 VA (diskon)
  4. R1T/900 VA (diskon)
  5. R1M/900 VA (tidak mendapatkan diskon)
  6. R1MT/900 VA (tidak mendapatkan diskon)

Cara Mengetahui Pelanggan PLN Subsidi atau Non Subsidi

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kita termasuk pelanggan PLN subsidi atau Non-Subsidi, pertama melalui struk pembayaran atau pembelian pulsa listrik terakhir dan kedua mengecek via situs www.pln.co.id.

Untuk pemeriksaan melalui struk pembelian, Anda bisa melihatnya pada kolom "Tarif/Daya". Berikut gambar dan keterangannya.

Keterangan :
  1. Kode R1M adalah kategori listrik pasca-bayar yang tidak bersubsidi.
  2. Kode R1MT berarti listrik pra-bayar tidak bersubsidi.
  3. kode R1 dan R1T merupakan kategori pelanggan listrik yang bisa mendapatkan token listrik gratis (bantuan dari pemerintah).
Nah, untuk cara kedua, Anda bisa langsung menuju ke situs www.pln.co.id. Bila sudah terbuka, silahkan masukkan ID Pelanggan / Nomor meteran pada kolom "Identitas Pelanggan" kemudian klik Cari.

Tunggu beberapa saat sampai ada kotak dialog kecil muncul. Nah, didalam kotak dialog tersebut akan ditampilkan informasi apakah Anda termasuk pelanggan yang mendapatkan subsidi ataukah bukan.

Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN

Bila anda termasuk kategori pelanggan bersubsidi dan ingin melakukan klaim token listrik gratis selama tiga bulan, setidaknya sejauh ini pihak PLN telah membuka dua buah layanan, pertama melalui situs resminya dan kedua melalui aplikasi perpesanan WhatsApp.

Untuk mengklaimnya, silahkan ikuti panduannya berikut ini.

Klaim Melalui Situs PLN

  1. Buka situs www.pln.co.id.
  2. Pada kolom Identitas Pelanggan, pilih IDPEL atau NOMOR METER.
  3. Di kolom selanjutnya, masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran.
  4. Bila sudah, silahkan klik "Cari" dan tunggu beberapa saat.
  5. Pada layar, akan tampil Token Gratis.
  6. Salin / catat kode tersebut kemudian masukkan ke meteran listrik seperti biasanya.

Klaim Melalui WhatsApp

  1. Silahkan buka aplikasi WhatsApp.
  2. Kirim pesan ke nomor 081-221-231-23.
  3. Setelah itu, anda akan menerima balasan dan diminta untuk mengikuti semua petunjuk yang ada didalamnya, salah satunya diminta untuk memasukkan ID Pelanggan/Nomor Meteran.
  4. Bila berhasil, anda akan menerima balasan lagi yang didalamnya berisi token gratis PLN.
  5. Silahkan catat token tersebut kemudian masukkan ke meteran.
  6. Selesai.
  7. Salin / catat kode tersebut kemudian masukkan ke meteran listrik seperti biasanya.

Cara Klaim Yang Bukan Token (Pascabayar)

Bagaimana jika meteran bukan menggunakan sistem token, atau dengan kata lain KWH sistem tagihan (Pascabayar)? Bila anda pelanggan dengan sistem tagihan, pihak PLN secara otomatis tidak akan melakukan tagihan sejak periode tiga bulan yang digratiskan tersebut.

Tetapi perlu diingat, untuk tagihan bulan Maret yang dibayar di bulan April, maka masih belum gratis. Tetapi untuk pemakaian April, Mei dan Juni yang ditagih pada bulan selanjutnya sudah gratis atau diskon sesuai dengan hak yang diperoleh.

Secara pastinya, anda akan tahu apakah gratis atau tidaknya setelah pihak PLN menerbitkan struk tagihan nanti. Tetapi apabila anda termasuk pelanggan yang bersubsidi yang masih mendapatkan tagihan, segera laporkan hal tersebut ke kantor PLN terdekat.

Nah, demikianlah panduan bagaimana cara mengklaim token listrik gratis PLN (subsidi pemerintah) selama tiga bulan berturut-turut. Semoga membantu dan semoga berhasil.