Cara Masuk / Keluar Mode Gratis Facebook di Tampilan Terbaru

Cara Masuk (Aktifkan) dan Keluar (Nonaktifkan) Facebook Mode Gratis - Sekarang ini, hampir semua provider jasa telekomunikasi Indonesia telah mendukung layanan Facebook Mode Gratis. Termasuk Telkomsel (AS, simPATI, Loop, By.U), kartu 3 (Three), Indosat (IM3 Ooredoo), XL, dan sebagainya.

Ya! Facebook mode gratis merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses / browsing FB tanpa kuota internet. Ini berlaku untuk semua layanan, seperti FB App reguler, Facebook Lite dan versi Web.
Meskipun mode gratis facebook memiliki beberapa pembatasan penggunaan, seperti tidak bisa melihat gambar / foto secara menyeluruh ataupun tidak bisa memutar video, namun fitur sangat membantu terutama pada saat kuota sedang habis.

Paling tidak, dengan fitur ini kita masih tetap bisa mengupdate status, history, like, balas komentar dan sebagainya. Nah, untuk menggunakan mode gratis facebook sendiri, sejauh ini ada 3 buah cara yang bisa dilakukan.

Pertama, melalui aplikasi standar facebook, kedua dengan app FB Lite dan yang ketiga menggunakan browser (baik di PC maupun ponsel Android). Dua dari tiga metode tersebut juga dapat digunakan untuk mengembalikan atau menampilkan kembali mode gratis di fb reguler atau lite yang hilang.

Aktifkan Mode Gratis di App Facebook Reguler

  1. Buka aplikasi facebook seperti biasanya.
  2. Di beranda FB, tap tombol "Menu" yang ada di pojok kanan atas.
  3. Gulir ke bawah sampai menemukan menu "Lihat Lainnya" (dengan icon segiempat, bulat, hati dan segitiga).
  4. Ketuk menu tersebut untuk memunculkan pilihan lainnya.
  5. Gulir lagi kebawah sampai menemukan opsi "Pengguaan Data (Telkomsel, Indosat, XL, Three dan Sebagainya)".
  6. Selanjutnya, langsung saja tap "Gunakan Facebook Secara Gratis".
  7. Tunggu beberapa saat dan secara otomatis mode gratis akan langsung aktif.
  8. Untuk mengetahui apakah benar-benar sudah aktif, dibagian atas aplikasi akan muncul tulisan "Anda berada dalam Mode Gratis".
  9. Nah, pada tahap ini kalian sudah bisa menikmati FB secara gratis tanpa data.
  10. Untuk beralih mode, kalian tinggal men-tap "Lihat Foto" yang ada di sudut kanan atas.

Masuk Mode Gratis di Facebook Lite

Sebenarnya, untuk akses mode gratis di aplikasi FB Lite caranya tidaklah jauh berbeda dengan aplikasi reguler. Yaitu cukup mengaktifkannya melalui menu pengaturan app.

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:
  1. Pertama, silahkan Buka App FB Lite.
  2. Di tampilan depan, ketuk tombol "Menu" yang ada di sudut kanan atas.
  3. Gulir ke bawah dan temukan "Penggunaan Data".
  4. Pada tampilan berikutnya, pilih "Gunakan Facebook Secara Gratis".
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses loading selesai. Jika sudah, Facebook Lite secara otomatis akan beralih ke mode gratis yang ditandai adanya pop-up dibagian atas bertuliskan "Mode Gratis ? Lihat Foto".
  6. Selesai.

Mode Gratis FB di Browser Komputer atau HP Android

Selain layanan melalui aplikasi, Facebook juga sudah lama menyediakan layanan FB gratis yang bisa diakses melalui browser, baik itu komputer (PC / Laptop) ataupun browser di HP Android.

Caranya sangatlah mudah, yaitu cukup memasukkan link "free.facebook.com" ke dalam adress bar browser kemudian tekan enter atau go. Bila telah terbuka, maka tampilannya akan terlihat seperti gambar di bawah.

Keluar Mode Gratis Facebook dan FB Lite

Nah, bagi kalian yang merasa risih dengan munculnya bar Mode Gratis yang terdapat pada bagian atas aplikasi, kalian bisa menyembunyikannya kembali seperti sedia kala. Untuk melakukannya, caranya hampir sama dengan proses mengaktifkan mode gratis.
  1. Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi FB biasa atau versi lite.
  2. Tap tombol "Menu" yang ada di sudut kanan atas.
  3. Pilih "Pengguaan Data (Telkomsel, Indosat, XL, 3)".
  4. Selanjutnya, pilih "Nonaktifkan Mode".
  5. Di jendela berikutnya, tap pada tulisan "Nonaktifkan fitur ini".
  6. Selesai.
Cara masuk atau keluar dari mode gratis facebook dan FB lite tersebut di atas, bisa diterapkan untuk semua jenis smartphone Android. Diantaranya HP Samsung, Xiaomi, Redmi, Vivo, Oppo, Realme, Asus, Advan, Coolpad, Sony Xperia, LG, Huawei, OnePlus, Google, Nokia dan lain sebagainya.