5 Cara Lock Sinyal 4G LTE Only Semua HP Xiaomi

AndroLite.com : Tutorial Cara Kunci 4G (LTE Only) HP Xiaomi Mi / Redmi Dengan / Tanpa Aplikasi - Jaman canggih sekarang ini, semua vendor smartphone Android telah melengkapi ponsel mereka dengan dukungan teknologi koneksi internet berbasis 4G LTE, tidak terkecuali ponsel Xiaomi.

Koneksi internet 4G LTE ini memiliki kecepatan download hingga 1 Gigabyte per detik (Gbps) dan upload hingga 250 Megabyte per seconds (Mbps). Akan tetapi kecepatan tersebut juga dipengaruhi oleh provider penyedia layanan 4G, smartphone ataupun tempat tersedianya koneksi LTE.

Dengan kecepatan seperti itu, tentu saja hampir semua kalangan masyarakat yang aktif berselancar di dunia maya, baik membuka sosial media, nonton video di youtube, video calling, chatting, live video membutuhkan kecepatan super cepat.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan sekaligus sebagai syarat untuk menikmati koneksi internet 4G ini. Apa saja syarat yang diperlukan? Berikut uraiannya.

Baca juga: Download Mi Flash Unlock Xiaomi (Mi/Redmi) Terbaru

1. Syarat Lock Sinyal 4G LTE Only HP Xiaomi

  1. Smartphone Xiaomi yang digunakan harus sudah dilengkapi dan mendukung teknologi internet berbasis 4G LTE. Jika syarat pertama ini tidak terpenuhi, maka saya sarankan kepada anda untuk mengurungkan niat untuk mencoba me-lock koneksi LTE Only pada HP Xiaomi anda.
  2. Kartu SIM yang digunakan juga harus sudah mendukung jaringan internet 4G. Jika kartu SIM anda belum mendukung 4G, sebaiknya lakukan upgrade dengan cara melakukan permintaan ke provider melalui SMS atau mendatangi grapari secara langsung, atau bisa juga mengganti kartu SIM lama dengan yang baru yang sudah support koneksi LTE.
  3. Tempat tinggal atau BTS (Base Transceiver Station), telah menyediakan jaringan 4G LTE. Apabila syarat yang ketiga ini tidak terpenuhi, maka untuk menikmati koneksi LTE tidak akan bisa dilakukan. Solusinya, coba ajukan kepada provider untuk melengkapi Tower / BTS mereka dengan pemancar jaringan 4G.

Jika tiga syarat di atas sudah terpenuhi, akan tetapi Ponsel Xiaomi anda masih belum bisa mengunci sinyal 4G LTE (sering beralih dari koneksi 3G ke 4G atau sebaliknya), sebaiknya gunakan beberapa trik.

Baik itu trik melalui menu "Setelan", "Kode Rahasia Dial Pad" atau bahkan menggunakan "Aplikasi Pihak Ketiga" (4G LTE Switch apk atau Advanced Signal Status). Bagaimana caranya? silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Baca juga: Cara Mudah Unlock Bootloader HP Xiaomi (All type)

2. Lock Sinyal 4G LTE Only Xiaomi Tanpa Aplikasi

Untuk me-lock (mengunci) jaringan LTE-Only tanpa aplikasi, setidaknya ada dua cara yang bisa anda lakukan. Pertama melalui menu pengaturan secara langsung, dan yang kedua dengan cara menggunakan kode rahasia pada Dial Pad. Untuk melakukan kedua hal tersebut, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

2.1. Kunci 4G via Menu Pengaturan

  1. Buka menu "Settings / Pengaturan / Setelan".
  2. Pilih "Jaringan Seluler / Mobile Networks", kemudian pilih "Mode Jaringan".
  3. Ketika anda mengeklik Mode Jaringan, akan muncul beberapa pilihan. Silahkan pilih "4G Only / LTE Only".
  4. Selesai.
Jika pada menu pengaturan yang sudah disebutkan di atas, tidak memunculkan pilihan 4G-Only / LTE-Only, silahkan coba cara selanjutnya.

2.2. Kunci 4G via Kode Rahasia Dial Pad

  1. Buka menu "Dial Telepon / Ponsel".
  2. Ketik kode *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* pada dial pad pada ponsel anda.
  3. Secara otomatis, anda akan diarahkan ke menu "Pengujian".
  4. Selanjutnya pilih SIM yang akan anda lock koneksi LTE-nya. Misalnya Informasi Telepon 1 untuk SIM 1 dan Informasi Telepon 2 untuk SIM 2.
  5. Scroll ke bawah dan temukan "Set preferred network type (Setel jenis jaringan yang disukai)" kemudian pilih "LTE only"
  6. Tunggu beberapa saat hingga pengalihan dari jenis jaringan lain dialihkan ke jaringan 4G.
  7. Selesai.

2.3. Alternatif Bila Menu Pengujian Tidak Muncul

  1. Buka menu "Settings / Pengaturan / Setelan".
  2. Cari menu Tentang Ponsel / About Phone.
  3. Tap sebanyak 7 kali pada "Memori Internal".
  4. Selanjutnya pilih kartu SIM yang akan digunakan untuk mengunci koneksi LTE Only. Contoh Informasi Telepon 1 untuk SIM 1 dan Informasi Telepon 2 untuk SIM 2.
  5. Gulir ke bawah dan temukan "Set preferred network type (Setel jenis jaringan yang disukai)" kemudian pilih "4G Only / LTE only"
  6. Tunggu beberapa saat hingga pengalihan dari jenis jaringan lain dialihkan ke Koneksi LTE.
  7. Selesai.
Jika cara kedua dan ketiga di atas tidak bisa memunculkan menu pengujian, silahkan coba dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Baca juga: Download + Cara Install USB Driver Xiaomi di PC (All Type)

3. Kunci Sinyal 4G LTE Xiaomi dengan Aplikasi

Dua cara selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, salah satu aplikasi yang admin rekomendasikan tersebut membutuhkan akses ROOT smartphone. Untuk itu, silahkan anda coba salah satu atau bahkan keduanya.

3.1. Aplikasi Pengunci 4G Only Tanpa Root

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk lock sinyal 4G adalah dengan menggunakan aplikasi bantuan. Aplikasi ini pada dasarnya hanya berfungsi sebagai jalan pintas untuk mengakses menu "Device Info" serta tidak memerlukan akses ROOT.
  1. Install aplikasi 4G LTE Switch.
  2. Jika terdapat pesan "Install Block", pilih "Pengaturan » Centang Unknown Source".
  3. Setelah itu jalankan aplikasinya. Secara otomatis, anda akan diarahkan ke menu "Pengujian / Device Info".
  4. Gulir ke bawah dan cari "Set Preferred Network Type".
  5. Klik pada icon segitiga yang ada dibawah tulisan tersebut, lalu pilih "LTE Only".
  6. Selesai.

3.2. Aplikasi Lock 4G (Rooted Only)

Cara yang terakhir ini yaitu dengan menggunakan aplikasi yang memerlukan akses "Root". Apabila ponsel Xiaomi anda belum Root, silahkan root menggunakan Magisk Root atau Aplikasi Kingroot.
  1. Download aplikasi Advanced Signal Status, install dan kemudian jalankan.
  2. Setelah aplikasinya terbuka, scroll ke bawah, temukan dan tap pada pilihan "Additional Info". Secara otomatis anda akan diarahkan pada menu "Pengujian".
  3. Pada tahap ini, silahkan pilih "Informasi Perangkat. Scroll ke bawah dan temukan "Set preferred network type" kemudian pilih "LTE only""
  4. Tekan kembali atau tutup menu tersebut dan tunggu beberapa saat. Pergantian ke jaringan 4G, secara otomatis akan dilakukan.

Baca juga: 4 Cara Lock 4G LTE Only Semua HP Android

Itulah tutorial lengkap tentang Bagaimana Cara Mengunci / Lock Sinyal 4G LTE-Only pada HP Xiaomi. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan seputar hal tersebut di atas, silahkan meninggalkannya di kolom komentar yang sudah disiapkan. Terima kasih dan salam.