3 Aplikasi Pengunci Sinyal 4G LTE Android Terbaik Terbaru 2021

AndroLite.com - Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi beberapa aplikasi pengunci (lock) sinyal / jaringan internet 4G LTE Only Tanpa Root untuk semua HP Android. Termasuk diantaranya adalah HP Samsung, Xiaomi (Redmi / Mi / Pocophone), Realme, Vivo, Oppo, Advan, Huawei, Honor, Evercoss, Nokia, Asus, OnePlus dan lain sebagainya.

Pada umumnya, smartphone keluaran terbaru sekarang ini masih banyak yang belum menyediakan pilihan untuk mengunci sinyal 4G LTE Only di dalam menu pengaturan. Tetapi, diluar sana berbagai developer telah mengembangkan berbagai macam aplikasi pengunci khusus agar penggunanya bisa menikmati jaringan internet hanya 4G LTE saja. Atau dengan kata lain koneksi internet tidak lagi berpindah-pindah ke-mode lain seperti 2G, 3G, 4G atau sebaliknya.

Namun sebelum menggunakannya, setidaknya ada 3 buah persyaratan yang harus kalian penuhi sebelum melakukan penguncian sinyal 4G LTE Only melalui aplikasi pengunci ini. Pertama ponsel sudah mendukung teknologi 4G LTE, kedua kartu SIM yang digunakan sudah 4G dan yang ketiga Tower pemancar jaringan atau BTS (Base Transceiver Station) seperti Telkomsel, XL, Indosat dan sebagainya sudah memancarkan jaringan 4G.

Untuk syarat pertama, kalian dapat mengetahuinya dengan cara melihat spesifikasi ponsel, baik yang tertera pada kardus ataupun melihatnya di internet seperti pada situs GSMArena.com. Kemudian untuk syarat yang kedua bisa kalian cek melalui USSD / panggilan (tutorialnya bisa cari di internet). Sementara untuk syarat ketiga bisa kalian tanyakan pada teman atau kepada pihak provider secara langsung, apakah tower yang ada di tempat kalian sudah support 4G ataukah belum.

Nah, setelah 3 syarat tersebut telah terpenuhi, maka kalian sudah bisa melakukan penguncian sinyal 4G. Baik melalui menu pengaturan, dial pad / keypad (papan panggilan) ataupun menggunakan aplikasi ketiga. Namun sesuai judul pada kesempatan kali ini, saya hanya akan berbagi kepada kalian tentang beberapa aplikasi untuk mengunci sinyal 4G LTE saja. Sementara untuk panduan melalui menu pengaturan dan dial pad, bisa kalian lihat tutorialnya di 4 Cara Kunci Sinyal 4G LTE Only Semua HP Android.

3 Aplikasi Pengunci Sinyal 4G LTE Only Tanpa Root

Apa itu aplikasi pengunci sinyal 4G LTE? Pengunci jaringan 4G LTE merupakan sebuah alat yang memungkinkan pengguna untuk mengunci/me-lock jaringan internet hanya 4G LTE saja (tidak lagi berpindah-pindah ke koneksi 2G/3G atau sebaliknya).

Aplikasi-aplikasi ini bisa dengan mudah didapatkan secara gratis di Google Play Store ataupun berbagai situs penyedia aplikasi android lainnya serta dapat dengan mudah digunakan oleh siapa saja. Berikut rekomendasi terbaik pengunci sinyal 4G semua HP Android.

1. 4G LTE Switch

4G LTE Switch merupakan sebuah aplikasi pengendali koneksi data internet yang dirancang agar hemat penggunaan baterai smartphone android. Aplikasi ini dikembangkan sama seperti aplikasi pengunci sinyal 4G LTE Only lainnya dan dapat digunakan secara gratis.


Cara Pakai :
  1. Jalankan aplikasi "4G LTE Switch".
  2. Selanjutnya pilih SIM yang LTE-nya akan dikunci yang terdapat pada bagian paling atas aplikasi. Misalnya memilih Telepon 1 (Phone 1) untuk SIM 1 dan Telepon 2 (Phone 2) untuk SIM 2.
  3. Gulir ke bawah dan temukan "Set preferred network type (Setel jenis jaringan yang disukai)".
  4. Di dalamnya, silahkan pilih "LTE only".
  5. Tunggu beberapa saat hingga koneksi ponsel beralih ke mode jaringan 4G Only. Selesai.

2. 4G LTE Switcher (no ads)

4G LTE Switcher merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan jaringan smartphone android dapat beralih dan mengunci jaringan internet (4G LTE Only, WCDMA Only dan seterusnya) Atau memilih mode jaringan lain yang dipilih. Berukuran kurang dari 40kb. Sangan kecil dan ringan tanpa adanya iklan yang mengganggu


Cara Pakai :
  1. Buka aplikasi "4G LTE Switcher".
  2. Setelah itu ketuk opsi "Continue".
  3. Selanjutnya pilih "Switch to 2G/3G/4G/LTE" lalu tap "Change to LTE Only".
  4. Selanjutnya pilih SIM yang 4G-nya akan dikunci. Misalnya Phone 1 untuk SIM 1 dan Phone 2 untuk SIM 2.
  5. Gulir ke bawah dan temukan "Set preferred network type".
  6. Setelah itu, pilih "LTE only".
  7. Tunggu beberapa saat sampai koneksi beralih ke jaringan 4G/LTE Only. Selesai.

3. Force LTE Only

Force LTE Only adalah aplikasi yang dapat membantu pengguna untuk mengubah jaringan ke 4G / 3G / 2G dan atau tetap di jaringan yang dikehendaki (Tidak ada lagi perpindahan secara otomatis).


Cara Pakai :
  1. Buka aplikasi "Force LTE Only".
  2. Setelah itu ketuk opsi "SIM1 LTE|3G|2G Settings".
  3. Selanjutnya pilih SIM yang 4G-nya akan dikunci. Misalnya Phone 1 untuk SIM 1 dan Phone 2 untuk SIM 2.
  4. Gulir ke bawah dan temukan "Set preferred network type".
  5. Selanjutnya, silahkan pilih opsi "LTE only".
  6. Tunggu beberapa saat sampai koneksi beralih ke jaringan 4G Only. Selesai.

Baca juga: 5 Cara Lock Sinyal 4G LTE Only Semua HP Xiaomi

Selain aplikasi-aplikasi pengunci jaringan 4G LTE yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi jenis aplikasi serupa. Hanya saja tampilan pada menu depannya sedikit berbeda-beda.

Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut sebenarnya merupakan sebuah jalan pintas untuk bisa membuka secara cepat menu "Device Info / Informasi Perangkat" (tempat memilih dan mengunci jaringan).

Demikianlah 3 Aplikasi Terbaik Pengunci Sinyal 4G LTE HP Android Tanpa Root yang kami rekomendasikan kepada kalian. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung dan salam.